x

Survey Fans Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi di Korea Utara, Siapa yang Unggul?

Sabtu, 31 Desember 2022 12:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Masyarakat Korea Utara memberikan jawaban soal siapa yang unggul antara Cristiano Ronaldo yang baru gabung Al-Nassr dan Lionel Messi yang juara Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM – Masyarakat Korea Utara memberikan jawaban saat ditanya siapa yang paling unggul antara Cristiano Ronaldo yang baru gabung Al-Nassr dan Lionel Messi yang juara Piala Dunia 2022.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Korea Utara merupakan salah satu negara yang paling tertutup dan ketat dari budaya luar, mulai dari Pendidikan, entertainment hingga hal lainnya.

Termasuk olahraga sepak bola, di mana masyarakat yang berada di bahwa rezim pemerintah Kim Jong-un itu terpaksa menonton ajang Piala Dunia 2022 lebih lambat atau delay, agar pihaknya bisa menyortir dan sensor terhadap beberapa siaran.

Meski bisa menyaksikan Piala Dunia 2022 saat ajang itu sudah berakhir pada 18 Desember 2022 kemarin, namun masyarakat Korea Utara terlihat menikmatinya.

Melansir dari NK News, hal ini dibuktikan lewat pengakuan Olivia Natsha selaku YouTuber di Korea Utara yang tinggal di Pyongyang dan terkait dengan perusahaan media Sogwang.

Baca Juga

Olivia Natasha bahkan melakukan survey fans kecil-kecilan soal siapakah pemain yang paling unggul dan digemari antara Cristiano Ronaldo yang kini jadi pemain Al-Nassr dan Lionel Messi.

Korea Utara yang juga ternyata menggilai sepak bola, lebih banyak mengunggulkan Messi ketimbang Ronaldo. La Pulga menang tujuh suara sedangkan CR7 hanya mendapatkan empat suara.

Baca Juga

“Saya suka Lionel Messi, dia berusia pertengahan 30-an tahun tapi keterampilannya masih tak tertandingi,” ucap salah satu responden.

NK News juga menambahkan bahwa sepak bola menjadi salah satu olahraga yang diminati di Korea Utara, apalagi pengaruh pemain legenda seperti Diego Maradona dan Pele sangat besar. Ditambah dengan kehadiran pemain hebat seperti Messi dan Ronaldo.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mengawali tahun 2023 dengan cara yang berbeda. Jika Messi memulainya sebagai sang pahlawan Argentina yang juara Piala Dunia 2022, sedangkan Ronaldo resmi gabung dengan Al-Nassr di Liga Arab Saudi.

Baca Juga

1. Messi Juara Piala Dunia 2022, Ronaldo Gabung Al-Nassr

Cristiano Ronaldo resmi gabung klub Arab Saudi, Al Nassr.

Nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bak tak akan bisa terpisahkan di jagat sepak bola abad ini. sebab, keduanya memiliki rivalitas yang tinggi dan selalu dibandingkan siapa yang paling hebat.

Apalagi saat keduanya masih bermain di Liga Spanyol karena mampu mencatatkan rekor impresif. Namun akhirnya Messi hijrah dari Barcelona ke PSG, sedangkan Ronaldo dari Real Madrid ke Manchester United dan kini bergabung dengan Al-Nassr.

Nama Messi sendiri baru-baru ini semakin disorot karena mampu mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022, usai mengalahkan Prancis dengan skor akhir 4-2 lewat drama penalti di babak final.

Di sisi lain, Portugal yang dibela oleh Ronaldo tersingkir di babak perempat final ajang empat tahunan tersebut di Qatar.

Ronaldo sendiri sempat menjadi pengangguran karena memutuskan hengkang dari Manchester United, usai habis-habisan mengritik pelatih dan Setan Merah hingga dirinya mendapatkan banyak hujatan dan perasaan kecewa dari penggemarnya.

Baca Juga

Berstatus tanpa klub, Ronaldo sempat dikabarkan akan bergabung dengan beberapa tim. Hingga akhirnya CR7 resmi bergabung dengan klub Liga Arab Saudi, Al-Nassr.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh media sosial Al Nassr. Mereka mengumumkan secara sekaligus perkenalan kalau Ronaldo telah resmi bergabung, Sabtu (31/12/22).

Baca Juga

"Ini adalah rekrutan yang tidak hanya akan menginspirasi klub kami untuk meraih sukses yang lebih besar tapi menginspirasi liga kami.

"Juga negara kami, dan generasi masa depan, anak-anak laki-laki dan perempuan untuk menjadi versi terbaik dari dirinya. Selamat datang Cristiano di rumah barumu," demikian bunyi pernyataan Al Nassr di akun media sosialnya.

Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan Al-Nassr dengan durasi kontrak 4,5 tahun dan akan dibayar hingga sekitar Rp3,3 triliun per tahun.

Baca Juga
Cristiano RonaldoLionel MessiKorea UtaraPiala Dunia 2022Al NassrBola Internasional

Berita Terkini