x

Liga Spanyol: Gagal Amankan 3 Poin di Laga Barcelona vs Espanyol, Xavi Pertanyakan Kinerja Wait

Minggu, 1 Januari 2023 11:02 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Xavi Hernandez tak kuasa meredam kekesalan dengan kinerja wasit Liga Spanyol (La Liga), usai derby Catalan antara Barcelona vs Espanyol berakhir sama kuat 1-1.

INDOSPORT.COM – Xavi Hernandez tak kuasa meredam kekesalan dengan kinerja wasit Liga Spanyol (La Liga), usai derby Catalan antara Barcelona vs Espanyol berakhir sama kuat 1-1.

Pertandingan yang mempertemukan dua tim asal Catalan, Barcelona vs Espanyol di Stadion Camp Nou, Sabtu (31/12/22), berlangsung secara emosional.

Barcelona sejatinya mampu unggul lebih awal lewat gol cepat dari Marcos Alonso ketika pertandingan baru berjalan selama tujuh menit.

Hanya saja, Espanyol berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, setelah Jose Luis Sanmartin Mato sukses memaksimalkan tendangan dari titik putih pana menit ke-73.

Derby Catalan kali ini sejatinya sudah berjalan panas sejak gol pembuka Barcelona. Total terdapat empat kartu kuning yang diberikan oleh wasit Antonio Mateu Lahoz di babak pertama.

Baca Juga

Tapi, pertandingan Barcelona vs Espanyol di laga pekan ke-15 Liga Spanyol 2022-2023 menjadi kobaran api usai wasit memberikan hadiah penalti untuk gol penyeimbang.

Hanya dalam waktu 10 menit sejak gol penalti itu, wasit Lahoz kemudian membagikan tujuh kartu kuning dan kartu merah untuk Jordi Alba dan Vinicius Souza.

Bahkan, wasit juga sempat memberikan kartu merah ketiga untuk Leandro Cabrera. Beruntung, setelah dilakukan pengecekan VAR kemudian ia membatalkan keputusannya.

Baca Juga

Jika ditotal secara keseluruhan, wasit Lahoz telah mengeluarkan 15 kartu kuning dan dua kartu merah di pertandingan kali ini.

Berdasarkan dengan hal tersebut, Xavi Hernandez lantas mengkritik kapasitas wasit Antonio Mateu Lahoz dalam memimpin laga Barcelona vs Espanyol.

Baca Juga

1. Lahoz Sudah Bikin Kontroversi Sejak Piala Dunia 2022

Xavi Hernandez, pelatih Barcelona. Foto: REUTERS/Albert Gea

Melansir laman ESPN, dilaporkan bahwa pertandingan antara Barcelona vs Espanyol menjadi laga pertama bagi Lahoz sejak menuai kritikan di Piala Dunia 2022.

Waktu itu, Lahoz mendapat kritikan dari para pemain atas kepemimpinannya di pertandingan babak perempat final Piala Dunia Qatar antara Argentina vs Belanda.

Kritikan itu dilontarkan setelah Lahoz mengeluarkan 18 kartu kuning dan satu kartu merah, sehingga menjadi sebuah rekor di gelaran tersebut.

Hal serupa juga kembali terjadi pada laga Barcelona vs Espanyol. Pelatih Xavi Hernandez pun pada akhirnya tak kuasa untuk meluapkan kekesalannya.

“Dia membuat pertandingan hari ini lolos,” kata Xavi di kutip dari ESPN ketika menghadiri konferensi pers usai pertandingan.

Baca Juga

Xavi juga mengungkapkan bahwa Lahoz telah kehilangan kendali dan membuat Barcelona kehilangan poin penuh.

“Dia membagikan kartu tanpa alasan apapun dan kehilangan kendali atas pertandingan. Kami kehilangan poin penuh,” tegas Xavi.

Baca Juga

Bahkan, di pertandingan itu Xavi juga mendapatkan kartu merah karena terus melakukan protes kepada wasit dan ofisial.

“Dia bilang senang melihat saya. Saya juga mengatakan jika saya senang melihatnya juga,” tambahnya.

Dengan hasil imbang melawan Espanyol, Barcelona kini sejajar dengan Real Madrid di klasemen sementara Liga Spanyol meskipun mereka masih unggul dalam jumlah selisih gol.

Baca Juga

Sumber: ESPN

BarcelonaXavi HernandezEspanyolLiga Spanyol

Berita Terkini