x

Piala AFF 2022: Pelatih Filipina Puji Timnas Indonesia Setinggi Langit, Selevel Thailand?

Minggu, 1 Januari 2023 16:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Thailand pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Filipina, Josep Ferre, tak sungkan memuji kualitas timnas Indonesia, jelang pertemuan di penyisihan Grup A Piala AFF 2022.

Menghadapi timnas Indonesia, Filipina kali ini bertindak sebagai tuan rumah, bermain di hadapan pendukungnya sendiri, di Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1/23) besok.

Meski Filipina berstatus tuan rumah, timnas Indonesia tetap lebih diunggulkan karena mereka berambisi untuk meraih kemenangan, demi tiket semifinal Piala AFF 2022.

Sedangkan Filipina dipastikan tersingkir dari perebutan tiket ke semifinal Piala AFF 2022, setelah kalah dari Thailand dan Kamboja.

Filipina kandas di tangan Thailand dengan skor 4-0 tanpa balas. Sementara timnas Indonesia nyaris menang atas Thailand, meski akhirnya berakhir imbang 1-1.

Baca Juga

Hasil ini yang membuat pelatih Thailand, Josep Ferre tak mau menganggap enteng timnas Indonesia, sebab tim Garuda selevel dengan Thailand dan jadi unggulan di AFF.

"Kami bermain di kandang. Kami akan berhadapan dengan tim kuat, Indonesia, setelah (Filipina) kalah melawan Thailand," ungkap Josep Ferre via CNN Philippines.

Baca Juga

"Kami harus menunjukkan versi terbaik dari tim ini, kami harus tampil baik, menampilkan pertandingan yang apik, ya tentu kami ingin memenangkan laga ini," lanjut Josep Ferre.

Pada wawancara lainnya, Josep Ferre memprediksi jika timnas Indonesia dan Thailand akan mewakili Grup A ke babak semifinal Piala AFF 2022.

"Saya pikir ada empat tim yaitu Vietnam, Thailand, Malaysia, dan timnas Indonesia yang akan menjadi pesaing terberat di AFF ini," ungkap Ferre, dilansir dari ABS CBN.

Baca Juga

1. Waspadai Animo Suporter

Bintang Timnas Filipina Stephan Schrock ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Tak hanya pelatih, kapten Filipina, Stephan Schrock juga mengaku respek dengan timnas Indonesia menjelang partai penutup fase grup Piala AFF 2022, Senin (02/01/23).

Satu hal yang membuat Filipina gentar saat menghadapi timnas Indonesia di Piala AFF, yakni serbuan suporter Garuda yang militan dan tidak mengenal tempat.

Entah bermain kandang di Stadion Gelora Bung Karno, atau saat away ke Malaysia saat meladeni skuat Brunei Darussalam, Indonesia selalu diiringi ribuan suporter.

Maka, Stephan Schrock yang pernah bermain di Eintrach Frankfurt di Liga Jerman itu membenarkan bahwa timnas Indonesia adalah skuat yang besar.

"Melawan timnas Indonesia jelas adalah pertandingan besar. Mereka adalah negara sepak bola yang masif," ucap sang kapten.

Baca Juga

"Dukungan yang didapat timnas Indonesia dari suporter sungguh luar biasa. Inilah pertandingan besar dan pastinya sudah dinanti-nantikan oleh penggemar."

Meski demikian, Stephan Schrock berjanji akan memberi yang terbaik untuk penggemarnya, dan berharap bisa mengalahkan Marc Klok Cs.

Baca Juga

"Ketika Anda menang, tidak semuanya sebagus kelihatannya. Saat Anda kalah, tidak semuanya seburuk kelihatannya," ucap Stephan Schrock via CNN Filipina.

"Ini bukan momen yang bagus untuk fans dan kami, tetapi kami (Timnas Filipina) akan selalu memberi yang terbaik buat Filipina."

Menarik untuk menyaksikan jalannya laga Piala AFF 2022, antara Filipina vs timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1/23), mulai pukul 19.30 WIB.

Baca Juga
ThailandFilipinaPelatihTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaStephan SchrockPiala AFF 2022

Berita Terkini