x

Piala AFF 2022: Media Vietnam Sebut Penyakit Indonesia yang Belum Hilang Bisa Bawa Pertanda Buruk

Selasa, 3 Januari 2023 00:31 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Media Vietnam, Soha, menyebut penyakit Timnas Indonesia yang belum hilang di Piala AFF 2022 ini bisa membawa pertanda buruk bagi skuad Garuda.

INDOSPORT.COM – Media Vietnam, Soha, menyebut penyakit Timnas Indonesia yang belum hilang di Piala AFF 2022 ini bisa membawa pertanda buruk bagi skuad Garuda.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia tengah berjuang demi bisa menyabet satu tiket lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Kesempatan lolos itu pada akhirnya terwujud di partai terakhir fase grup Piala AFF 2022 antara Filipina vs Indonesia yang mana tim asuhan Shin Tae-yong sukses membawa pulang poin sempurna.

Dalam laga tersebut, Tim Garuda unggul dua gol terlebih dahulu melalui Dendy Sulistyawan (21’) setelah sang pemain memanfaatkan umpan lemparan ke dalam yang cemerlang dari Pratama Arhan.

Timnas Indonesia lantas menggandakan keunggulan melalui kerja sama yang rapi antara Sadil Ramdani dan Marselino Ferdinan sehingga striker Persebaya Surabaya itu menjaringkan gol pada (43’).

Baca Juga

Ketinggalan dua gol membuat juru taktik Timnas Filipina, Josep Ferre, memasukkan pergantian lima pemain selama berjalannya babak kedua.

Alhasil, strategi Ferre membuahkan hasil lantaran Sebastian Rasmussen berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 lewat golnya pada menit ke-83.

Baca Juga

Dengan kemenangan atas Timnas Filipina tersebut, Timnas Indonesia akhirnya berhak lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Kendatipun demikian, media Vietnam, Soha, menyebut bahwa penyakit Timnas Indonesia yang belum hilang bisa membawa pertanda buruk.

Baca Juga

1. Indonesia Memang Lolos, tapi Berpotensi Bentrok Lawan Vietnam

Pertandingan terakhir grup A Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Senin (02/01/2023).

Media Vietnam, Soha, menyoroti Timnas Indonesia yang menyia-nyiakan tiga peluang sehingga hal itu menunjukkan bahwa penyakit kurangnya Tim Garuda dalam memanfaatkan peluang masih belum sembuh.

Media Vietnam tersebut menuturkan bahwa Timnas Indonesia membuang peluang yang bisa dimanfaatkan oleh Ilija Spasojevic dan Egy Maulana Vikri.

Torehan gol jelas banyak dibutuhkan oleh skuad besutan Shin Tae-yong ini lantaran tim Garuda harus berjuang untuk finis di peringkat pertama.

Pada akhirnya, Timnas Indonesia hanya lolos di peringkat kedua walaupun menang 1-2 atas Filipina karena Timnas Thailand berhasil menggebuk Kamboja dengan skor 3-1.

Kemenangan Timnas Thailand atas Timnas Kamboja dengan skor 3-1 itu membuat Gajah Perang memiliki produktivitas gol lebih banyak dari Indonesia yang mengoleksi poin yang sama.

Baca Juga

Maka, Timnas Thailand berhak mengeklaim takhta klasemen Grup A sehingga Timnas Indonesia bakal mendapatkan pertanda buruk karena kemungkinan bersua lawan Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

Seandainya Indonesia bertemu Vietnam di semifinal Piala AFF 2022 nanti, hal ini tentu bisa menjadi pertanda buruk. Bagaimana tidak? Pasalnya, tim Garuda kurang unggul dalam head-to-head.

Baca Juga

Di Piala AFF, Indonesia sudah bertemu the Golden Star sebanyak empat kali dan tim Garuda hanya mampu menang sebanyak sekali saja.

Terlebih lagi, jika dihitung dari 10 laga terakhir Indonesia dan Vietnam saling adu sikut, tim Garuda hanya mampu menang sekali kali saja, imbang lima kali, dan the Golden Star menang empat kali.

Hal ini sudah jelas menandakan bahwa kualitas Timnas Vietnam berada di atas Timnas Indonesia, tetapi tim Garuda tidak boleh pesimis.

Tim Garuda harus menyambut laga itu dengan pola pikir memperbaiki head-to-head itu seandainya Asnawi Mangkualam memang bertemu Vietnam.

Baca Juga

Sumber: Soha

VietnamFilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini