x

Jelang Indonesia vs Vietnam di Piala AFF, Shayne Pattynama: Enggak Sabar Ikut Main!

Kamis, 5 Januari 2023 10:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang semifinal Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Vietnam, calon pemain naturalisasi asal Belanda, Shayne Pattynama akui tak sabar berlaga. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Jelang semifinal Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Vietnam, calon pemain naturalisasi asal Belanda, Shayne Pattynama akui tak sabar berlaga.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam terlebih dulu di babak semifinal leg 1 Piala AFF 2022, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23), pukul 16.30 WIB.

Laga ini seolah menjadi pertaruhan dua juru taktik asal Korea Selatan, Shin Tae-yong vs Park Hang-seo. Siapakah yang lebih baik?

Memang harus diakui, sejak Park Hang-seo menukangi Timnas Vietnam, tim tetangga ini belum pernah kalah dari Timnas Indonesia.

Bahkan, berdasarkan head-to-head dalam lima pertandingan terakhir, skuad Garuda hanya pernah menang sekali, imbang dua kali, dan Vietnam justru menang dua kali.

Baca Juga

Kemenangan terakhir Timnas Indonesia terjadi di semifinal leg 1 Piala AFF 2016, sudah sangat lama. Kala itu anak asuh Alfred Riedl menang dengan skor 2-1.

Kini, guna mencapai misi menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dan bersaing di level Asia, Shin Tae-yong menambahkan amunisi berupa pemain naturalisasi.

Baca Juga

Sudah ada dua pemain naturalisasi yang ia orbitkan, meski hanya Jordi Amat yang bisa diandalkan di Piala AFF 2022, sedangkan Sandy Walsh masih membela timnya.

Menyusul, Shayne Pattynama sudah akan melalui tahap akhir untuk mengesahkan proses naturalisasinya menjadi WNI.

Baca Juga

1. Selangkah Lagi, Shayne Pattynama Bisa Bela Timnas Indonesia

Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda).

Dalam unggahan terakhir akun Instagram Shayne Pattynama yang bekerja sama dengan agensi Driven Football, ia mengaku tak sabar untuk membela Timnas Indonesia.

"Tidak sabar bermain untuk negaraku," tulis Shayne Pattynama melalui kolom caption, sembari menambahkan emoji bendera Merah Putih.

Shayne Pattynama juga mengunggah potretnya menutupi wajah, tetapi di belakangnya terdapat logo Garuda.

Unggahan teranyar Shayne Pattynama ini menambah antusiasme penggemar Timnas Indonesia, dan berharap ia bisa menambah kekuatan Garuda di ajang berikutnya.

"Selamat Shayne Pattynama, selangkah lagi bisa membantu Timnas Indonesia untuk bisa lebih maju, terima kasih PSSI, Moch Iriawan, dan Jokowi," ungkap @ahmadmaulana**.

Baca Juga

"Alhamdulillah, pemain yang paling gue tunggu, preman baru Timnas," ungkap pemilik akun Instagram @urfav.din**.

"Alhamdulillah, makin kokoh lini pertahanan Timnas di Piala Asia nanti," balas @alifha**.

"Gas Piala Asia full pemain keturunan, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Justin Hubner, Ivar Jenner, Elkan Baggott, Rafael Struick," timpal akun @aminnur**.

Baca Juga

"Mohon segerakan sumpah WNI atlet sepak bola diaspora Indonesia Shayne Pattynama. Yo kerja sat set demi kemajuan sepak bola Indonesia," timpal akun @mutiaazzizah**.

Perlu diketahui pula, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, baru-baru ini merilis jika berkas pengajuan naturalisasi Pattynama sudab ditanda tangani Presiden Jokowi.

Dengan demikian, proses berikutnya adalah pengambilan Sumpah WNI dan pembuatan paspor, kemudian PSSI meneruskan ke FIFA untuk mendaftarkan Shayne Pattynama sebagai pemain sah Timnas Indonesia.

Baca Juga
VietnamNaturalisasiTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongShayne PattynamaPiala AFF 2022

Berita Terkini