x

Piala AFF 2022: Pengamat Minta Timnas Indonesia Tandai 'Messi Vietnam' Jebolan Prancis

Jumat, 6 Januari 2023 10:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Setelah membedah kekuatan Timnas Vietnam, Timnas Indonesia wajib mewaspadai Nguyen Quang Hai, yang dijuluki sebagai Messi dan main di Liga Prancis.

INDOSPORT.COM - Setelah membedah kekuatan Timnas Vietnam, Timnas Indonesia wajib mewaspadai Nguyen Quang Hai, yang dijuluki sebagai "Lionel Messi" dan main di Liga Prancis.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam terlebih dulu di babak semifinal leg 1 Piala AFF 2022, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23), pukul 16.30 WIB.

Secara prestasi, harus diakui bahwa Timnas Indonesia tertinggal dari Vietnam, yang notabene sudah meraih dua gelar juara Piala AFF, tahun 2008 dan 2018.

Vietnam juga menjalani babak penyisihan Grup B Piala AFF 2022 dengan gemilang tanpa kebobolan dan mencetak 12 gol.

Menurut pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel, pencapaian ini tak lepas dari peran tiga pilar Vietnam. Maka, tiga sosok berikut ini wajib diwaspadai.

Baca Juga

"Saya melihat mereka bermain dengan tiga centre back, formasi 3-5-2, jadi mereka saat menyerang, ada tiga di belakang, mereka dorong wing back ke depan," jelasnya.

"Ini bisa menjadi bahaya, sekaligus bisa menjadi peluang bagi Timnas Indonesia untuk counter attack," jelas Bung Towel melalui kanal Youtube-nya, Kamis (05/01/23).

Baca Juga

Pemain pertama yang perlu dikawal lebih agresif yakni kapten Timnas Vietnam, Do Hung Dung, posisi gelandang bertahan.

"Kekuatan mereka ada di lapangan tengah. Do Hung Dung, kapten kesebelasan nomor 8. Sangat solid menjaga kedalaman, distribusi bola yang bagus," tegas Bung Towel lagi.

"Dia gelandang yang komplet, bukan lagi sekadar gelandang bertahan, tapi juga box to box yang kuat," jelas sang komentator.

Baca Juga

1. Bedah Kekuatan Timnas Vietnam

Nguyen Quang Hai, pemain andalan Timnas Vietnam di semifinal Piala AFF 2022 meladeni Timnas Indonesia.

Kemudian, pemain kedua Timnas Vietnam yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022 adalah Nguyen Hoang Duc, seorang gelandang tengah.

"(Do Hung Dung) didampingi oleh Nguyen Hoang Duc, nomor 14. Skill bolanya tinggi, kontrol bolanya bagus, kemudian dia bisa mengendalikan permainan," jelas Bung Towel.

"Hoang Duc bisa menetralisir pressing, mengembalikannya jadi passing-passing yang bisa membangun serangan balik buat Vietnam. Nomor 14 ini bahaya," tegasnya.

Baru kemudian, Bung Towel menyinggung soal peran Nguyen Quang Hai, pemain yang dijuluki sebagai 'Messi dari Vietnam'.

Perlu diketahui, Nguyen Quang Hai adalah gelandang serang yang berkarier di Liga 2 Prancis, bersama klub Pau FC. Ia meraih penghargaan Best Footballer in Asia.

Baca Juga

Quang Hai mungkin tidak terlalu berbahaya jika ia bergerak seorang diri. Namun jika ia didukung oleh pergerakan pemain Vietnam lainnya, Timnas Indonesia bisa tersungkur.

"Jangan lupakan pemain paling menonjol, dianggap bintang di grup mereka, yaitu Nguyen Quang Hai, nomor 19, bermain untuk klub Liga 2 Prancis," kata Bung Towel.

Baca Juga

"Sementara di lini depan, mereka punya banyak pilihan, tajam-tajam. Saat ini yang paling subur ada Nguyen Tien Linh dengan 3 gol, Nguyen van Quyet, senior nomor 10."

"Lalu juga ada Nguyen van Toan, nomor 9, dan juga ada striker muda, Pham Tuan Hai," wanti-wanti Bung Towel untuk Indonesia.

Babak semifinal leg pertama Piala AFF 2022, antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Jumat (06/01/23) dapat disaksikan di RCTI, atau melalui aplikasi RCTI+ secara gratis.

Baca Juga
VietnamTommy WellyTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamNguyen Quang HaiBerita Timnas IndonesiaBung TowelPiala AFF 2022

Berita Terkini