x

Pelatih Persis Solo Bicara Efek Luar Biasa Kehadiran Jan Olde Riekerink Bagi Dewa United

Sabtu, 7 Januari 2023 21:26 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Jan Olde Riekerink, pelatih baru Dewa United. (Foto: Instagram@jolderiekerink)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, berbicara efek kehadiran Jan Olde Riekerink. Eks pelatih Jong Ajax bisa memberi pengaruh positif bagi skuat Dewa United di Liga 1 2022/2023.

Jan Olde Riekerink merupakan sosok pelatih baru Dewa United pada putaran kedua. Riekerink masuk setelah Dewa United menyudahi kerja sama dengan Nilmaizar.

Riekerink bukan sosok biasa-biasa saja. Pelatih berusia 59 tahun itu cukup lama jadi bagian dari tim muda Ajax Amsterdam.

Riekerink juga pernah jadi pelatih Gent, FC Emmen, Galatasaray, SC Heerenveen hingga Timnas China U-19. Segudang pengalaman itu membuat Riekerink cukup mewah, seperti halnya Luis Milla dan Thomas Doll.

Persis Solo akan jadi tim pertama yang menguji racikan Riekenik. Laga dua klub promosi ini akan berlangsung di Indomilk Arena, Tangerang, 14 Januari 2023 mendatang.

Baca Juga

Bagi Leonardo Medina, partai melawan Dewa United sangat ditunggu-tunggu. Ia meyakini laga ini bakal berjalan sulit meski status Dewa United saat ini berada di zona merah Liga 1.

"Dewa United akan menjadi lawan yang cukup berat karena mereka mengganti head coach," kata Leonardo Medina.

Baca Juga

Riekerink bakal memberi perubahan signifikan pada Dewa United. Paling tidak, Fahmi Al Ayyubi dkk. akan berlomba menunjukkan kualitas ke Riekerink.

"Ketika tim mengganti head coach, semua pemain pasti ingin menunjukkan kalau mereka memiliki kemampuan dalam jajaran pemain lainnya," jelas Leonardo..

"Mereka akan bermain ngotot, karena mereka akan termotivasi, termasuk juga mendapatkan ide-ide yang baru," lanjut mantan asisten Johor Darul Takzim ini.

Baca Juga

1. Pemain Baru

Brian Fatari gabung Dewa United. (Foto: Dewa United)

Maka, Leonardo memastikan skuat Persis Solo tak boleh memandang setiap tim dari posisi di klasemen.

Terbukti saat sistem bubble Liga 1, Persis Solo gagal menang atas Barito Putera. Laskar Sambernyawa hanya berbagi hasil 0-0 dengan tim yang sejak awal kompetisi ada di zona merah Liga 1.

"Mereka juga harus menambah poin untuk mempengaruhi posisinya di klasemen. Jadi, saya rasa pertandingan nanti akan cukup ketat," papar Leonardo.

Dewa United tak sekadar mendatangkan Riekerink menatap putaran kedua Liga 1 2022/2023. Juara tiga pada kompetisi Liga 2 2021 ini punya pemain baru.

Dewa United sukses mendatangkan Frendi Saputra. Dari pengumuman resmi PSIS Semarang, Frendi ditarik Dewa United dengan mekanisme transfer.

Baca Juga

Selain itu, masih ada Brian Fatari yang berposisi sebagai bek tengah. Selama bertahun-tahun Brian Fatari jadi bagian dari tim Persipura Jayapura.

Frendi dan Brian pastinya akan menunjukkan kualitas terbaik agar menjadi pilihan reguler bagi Riekerink pada Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

Posisi Frendi sebagai bek kiri selama ini ditempati Miftah Anwar Sani dengan enam kali main dan Jajang Sukmara dengan 12 kali main.

Sementara untuk pos bek tengah yang jadi spesialisasi Brian Fatari, Dewa United punya Risto Mitrevski yang bermain dalam seluruh laga putaran pertama.

Sebagai pendamping Risto dalam pertandingan Liga 1 2022/2023, Muhammad Zaenuri paling sering tampil dengan 12 kesempatan, disusul Risna Prahalabenta dengan delapan kesempatan.

Baca Juga
Persis SoloLiga IndonesiaJan Olde RiekerinkLiga 1Dewa United FCLiga 1 2022-2023Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini