x

5 Klub Liga Inggris dengan Stadion Kapasitas Terkecil, Mayoritas Tim London

Minggu, 8 Januari 2023 16:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Craven Cottage, markas klub promosi Liga Inggris 2020/2021, Fulham.

INDOSPORT.COM - Siapa sangka turnamen paling elite dunia yakni Liga Inggris, ternyata punya sederet stadion dengan kapasitas terkecil. Dan mayoritas ternyata markas tim-tim kota London. 

Baru-baru ini, Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester City telah mengumumkan bahwa mereka memiliki rencana gila untuk menambah megah Stadion Etihad.

Baca Juga

Melansir dari Daily Mail, The Citizen dilaporkan telah mengumumkan untuk memperbanyak kapasitas menjadi 60 ribu penonton. 

Sebelumnya, Stadion Etihad memiliki 55 ribu kursi, sehingga mereka perlu untuk menambahkan sekitar lima ribu lainnya. 

Dengan penambahan kursi tersebut, diyakini bahwa markas Manchester City bakal bergabung dengan Wembley dan Old Trafford sebagai stadion terbesar saat ini.

Baca Juga

Namun ternyata, di belakang nama-nama stadion terbesar itu, klub-klub Liga Inggris masih ada yang bermarkas di stadion kecil. 

Lantas tim mana saja yang punya markas atau stadion dengan kapasitas terkecil di kompetisi Liga Inggris 2022/2023? Simak di bawah ini.

5. City Ground Stadium

Sebagai tim promosi, Nottingham Forest memang wajar jika tercatat sebagai klub dengan markas berkapasitas kecil dibanding peserta Liga Inggris lainnya. 

Baca Juga

Mereka bermarkas di City Ground Stadium dengan kapasitas 30.445 penonton. Stadion ini diresmikan mulai beroperasi pada 3 September 1898. 

Secara keseluruhan di tanah Inggris, markas Nottingham Forest ini ada di urutan ke-25 sebagai stadion dari ukuran kapasitasnya.


1. 4. Selhurst Park Stadium

Pemain-pemain Liverpool memasuki lapangan di Stadion Selhurst Park.

Selhurst Park Stadium merupakan stadion yang berlokasi di kota London, yang kini menjadi markas Crystal Palace yang cukup lama bertahan di Liga Inggris. 

Stadion yang berdiri di wilayah London bagian selatan ini punya kapasitas sebanyak 25.486 penonton, dengan beberapa kali renovasi sejak diresmikan tahun 1924 silam. 

Baca Juga

Stadion yang juga pernah dipinjam oleh Charlton Athletic dan Wimbledon ini berada di urutan ke-34 sebagai stadion besar di Britannia Raya. 

3. Craven Cottage Stadium

Salah satu stadion paling legendaris yang ada di tanah Britania Raya yakni Craven Cottage Stadium. 

Lagi-lagi, stadion ini berada di Kota London yang dibangun pada tahun 1780 namun baru diresmikan seratus tahun kemudian, pada 1896. 

Baca Juga

Peresmian stadion dengan kapasitas 22.384 penonton ini bertepatan sejak diambil alih oleh Fulham sebagai pemilik penuh. 

Secara keseluruhan dari stadion-stadion di Inggris, Craven Cottage ada di urutan ke-35 sebagai stadion besar di Inggris. 

2. Brentford Community Stadium

Dari namanya saja, Brentford Community Stadium adalah markas dari klub Brentford. Stadion ini masih berada di lokasi Kota London. 

Baca Juga

Dengan kapasitas sebesar 17.250 penonton, Brentford Community Stadium ada di urutan ke-53 sebagai stadion terbesar di Inggris. 

Stadion ini baru saja mengalami renovasi terakhirnya pada tanggal 1 September 2020 silam. Brentford FC tidak sendirian, mereka harus berbagi dengan klub rugby London Irish RFC.


2. 1. Vitality Stadium

Selebrasi para pemain Liverpool saat bekuk Bournemouth dalam pertandingan Liga Inggris 2019-2020 pekan ke-16 di Vitality Stadium

Mungkin Vitality Stadium merupakan stadion paling kecil yang jadi markas klub peserta Liga Inggris 2022/23, yang juga punya nama lain Dean Court. 

Stadion ini hanya berkapasitas 11.464 penonton yang menjadi markas klub AFC Bournemouth. Dean Court baru diresmikan pada 1910 dengan renovasi terakhir di 2001 silam. 

Jelang musim 2015/2016 lalu, nama Dean Court resmi berganti menjadi Vitality Stadium dengan kepemilikan jatuh sepenuhnya ke Bournemouth.

Baca Juga

Pada Februari 2022 lalu, Vitality Stadium mengalami kerusakan akibat badai Eunice. Bahkan beberapa laga Liga Inggris sempat ditunda kala itu.

Dari total 133 stadion olahraga di Inggris, Vitality Stadium ada di posisi ke-66 sebagai stadion dengan kapasitas terbesar.

Manchester CityCrystal PalaceBournemouthNottingham ForestLiga Inggris

Berita Terkini