x

Aneh tapi Nyata, Setiap Rachmat Irianto Absen Timnas Indonesia Pasti Kebobolan di Piala AFF 2022

Selasa, 10 Januari 2023 10:30 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi gol Rachmat Irianto dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

INDOSPORT.COM - Rachmat Irianto absen dalam laga Timnas Indonesia vs Vietnam yang berakhir 0-2. Anehnya, skuat Garuda selalu kebobolan saat pemain Persib itu tidak bermain.

Seperti diketahui, harapan Timnas Indonesia lolos final Piala AFF 2022 pupus sudah. Langkahnya harus terhenti di semifinal leg kedua saat melawan Vietnam, Senin (9/1/2023) kemarin.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong kalah agregat 0-2 dari pasukan Park Hang-seo, setelah kedua kubu bermain imbang tanpa gol di leg pertama, Jumat (6/1/2023).

Momen di My Dinh menjadi kali pertama Indonesia kebobolan lebih dari satu gol dalam gelaran Piala AFF 2022. Sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong maksimal kebobolan satu gol saat lawan Thailand, Filipina dan Kamboja.

Aneh tapi nyata, semua gol-gol yang bersarang di gawang Nadeo tercipta saat Rachmat Irianto absen mengawal lini tengah Garuda.

Baca Juga

Punggawa Persib Bandung itu diketahui absen sekali ketika  Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kamboja di laga perdana.

Kemudian saat Thailand membobol gawang Timnas dan menahan imbang dengan skor 1-1, hal itu terjadi saat Irianto tak berada di lapangan.

Baca Juga

Rachmat Irianto ditarik keluar pada menit ke-75, empat menit berselang gelandang Thailand Sarach Yooyen mencetak gol lewat tendangan jarak jauh.

Fenomena Indonesia kebobolan jika tak ada Irianto juga terjadi saat bertandang ke markas Filipina, Senin (2/1/2023).

Uniknya dalam laga tersebut, baru semenit Rachmat Irianto ditarik keluar, Sebastian Rasmussen sukses mengoyak gawang Syahrul Trisna di menit yang sama.

Baca Juga

1. Timnas Indonesia Bapuk Tanpa Rachmat Irianto

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

Pemain 23 tahun itu sempat menjadi starter saat Timnas Indonesia menjamu Vietnam pada babak semifinal leg 1 Piala AFF 2022 di SUGBK.

Alhasil, skuat Golden Star Warriors tercatat tidak lebih dari 7 kali bisa menembus pertahanan Garuda. Dalam laga ini, Nguyen Tien Linh cs tampak hanya bermain bertahan dan sesekali menyerang.

Bahkan Timnas mendominasi serangan dengan mencatatkan 8 tembakan ke arah gawang Vietnam. Sayangnya, laga leg pertama berakhir dengan skor kacamat, alias 0-0.

Clean sheet Garuda itu tentu tidak luput dari peran Rachmat Irianto yang berhasil meredam lajur serangan bola lawan. Meski begitu, ia tak harus absen di leg kedua setelah mengalami masalah cedera otot.

Imbas absennya Irianto, gol-gol Vietnam pun terjadi di leg ke-2. Nguyen Tienh Linh berhasil menjebol gawang Indonesia sebanyak dua kali pada masing-masing babak.

Baca Juga

Parahnya di leg kedua ini, skuat Garuda mencatatkan statistik paling buruk sepanjang gelaran Piala AFF 2022, dengan tidak mendapat peluang shoot on target sama sekali.

Duel Vietnam vs Indonesia itu berakhir dengan skor 2-0, dengan hasil ini otomatis skuat Garuda gagal melaju ke babak final Piala AFF 202, dan harus bersaing memperebutkan juara ketiga dengan Malaysia.

Baca Juga

Rachmat Irianto diplot sebagai gelandang bertahan yang terbukti mampu memberikan keseimbangan dalam tim. Misalnya dalam penampilan pertamanya di Piala AFF 2022 saat Timnas Indonesia menang mutlak 7-0 atas Brunei.

Lebih lanjut, ia menjadi pemain paling banyak melakukan tekel sebanyak 8 kali dan sukses memberikan operan sebanyak 48 kali.

Dari data ini, tak terbantahkan bahwa semua gol lawan ke gawang Indonesia terjadi saat Rachmat Irianto absen. Entah memang diparkir oleh Shin Tae-yong atau memang dalam kondisi kurang fit.

Baca Juga
VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalRachmat IriantoPark Hang SeoBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini