x

Presiden Federasi Sepak Bola Prancis Remehkan Zidane, Kylian Mbappe Mengamuk

Selasa, 10 Januari 2023 02:20 WIB
Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kylian Mbappe dari Prancis berpose dengan penghargaan Sepatu Emas Piala Dunia 2022 REUTERS-Carl Recine

INDOSPORT.COM - Bintang Timnas Prancis diajang Piala Dunia Qatar 2022 lalu, Kylian Mbappe mengamuk atas pernyataan Presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF), Noel Le Graet.

Mbappe sangat tidak senang komentar Le Graet yang ditujukan terhadap legenda sepakbola Prancis, Zinedine Zidane.

Komentar tersebut terkait Zinedine Zidane yang diisukan akan menggantikan posisi Didier Deschamps sebagai Pelatih Timnas Prancis usai kalah dari Argentina di Final Piala Dunia.

Ia menilai, Zidane merupakan legenda dari Timnas Prancis yang tidak pantas mendapat komentar seperti yang dikatakan Le Graet.

Pemain Paris Saint German ini menganggap, sebagai seorang legenda sepakbola Prancis, Zidane harus dihormati oleh seluruh stakeholde sepakbola Prancis.

Baca Juga

Bagi Mbappe, apa yang dilakukan oleh Le Graet sangat tidak menghormati Zidane sebagai seorang legenda sepakbola yang pernah membawa Prancis juara Piala Dunia.

“Zidane adalah Prancis, kami tidak menghormati legenda seperti itu,” ujar Mbappe dikutip dari Daily Mail.

Baca Juga

Meski catatan Timnas Prancis di bawah asuhan Didier Deschamps bisa back to back ke final Piala Dunia dalam dua edisi terakhir, dan berhasil memenangkannya sekali pada 2018.

Tidak membuat posisi Deschamps aman sebagai Pelatih Timnas Prancis, usai kalah di final keduanya melawan Argentina Desember 2022 lalu melalui adu penalti.

Posisi yang berpotensi kosong tersebut, membuat nama Zidane dikaitkan menggantikan peran Deschamps yang pantas karena memiliki pengalaman mumpuni saat melatih Real Madrid.

Baca Juga

1. Pernyataan Kontroversial Noel Le Graet

Noel Le Graet, Presiden Federasi Sepak Bola Prancis

Saat nama Zinedine Zidan santer diisukan akan menjadi Pelatih Timnas Prancis, Presiden Federasi Sepakbola Prancis, Noel Le Graet memberikan komentar yang tak pantas kepada awak media.

Komentar ini lah yang memancing Kylian Mbappe mengamuk karena dinilai Le Graet tidak menghormati sang legenda Prancis, Zinedine Zidane.

“Apakah Zidane mencoba menghubungi saya? Tentu saja tidak, saya bahkan tidak akan mengangkat teleponnya,' kata Le Graet tentang Zidane dilansir dari Daily Mail.

Komentar ini lah yang membuat Mbappe mencak-mencak melalui akun Twitter pribadinya yang marah karena perilaku Le Graet terhadap Zidane yang dianggap tidak hormat.

Tidak cukup sampai di situ, Le Graet melanjutkan komentarnya terkait Zidane yang diisukan menggantikan Didier Deschamps.

Baca Juga

Le Graet mengatakan bahwa ia tidak peduli akan menjadi pelatih mana kah ia dan menegaskan bahwa Timnas Prancis masih akan dilatih Didier Deschamps.

“Saya tidak peduli, dia (Zidane) bisa pergi ke mana pun dia mau, di klub atau tim nasional, saya hampir tidak percaya menyangkut dia,” ucap Le Graet.

Baca Juga

"Saya belum pernah melihat Zidane, kami tidak pernah berpikir untuk memisahkan diri dari Didier Deschamps," tambahnya.

Selain Mbappe, ada banyak tokoh lainnya yang kecewa dengan pernyataan Le Graet terhadap Zidane, diantaranya ialah Frank Ribery dan Menteri Olahraga Prancis, Amelia Oudea-Castera.

Bahkan, Oudea-Castera menilai, Le Graet tidak pantas mengatakan itu, “Pernyataan itu, tentang kurangnya rasa hormat yang memalukan, menyinggung kita semua, kepada legenda sepakbola (Zidane) dan olahraga: seorang "presiden" dari federasi olahraga pertama di Prancis seharusnya tidak mengatakan itu,” tegas Castera dikutip dari RMC Sport.

Baca Juga
PrancisZinedine ZidaneDidier DeschampsNoel Le GraetBola InternasionalTim Nasional PrancisKylian MbappeOne Football

Berita Terkini