x

Termasuk Kalahkan Timnas Indonesia, Ini 3 Catatan Menarik Park Hang-seo di Piala AFF 2022

Selasa, 10 Januari 2023 11:59 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Park Hang-seo berhasil membawa Timnas Vietnam ke final Piala AFF 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Ada sejumlah catatan menarik yang ditorehkan Park Hang-seo di Piala AFF 2022, termasuk mendepak Timnas Indonesia dari kompetisi.

Pertandingan Vietnam vs Indonesia di Stadion My Dinh, Senin (09/01/23) meninggalkan luka pahit bagi skuad Garuda yang kehilangan tiket ke final.

Bermain sama kuat di leg pertama di GBK, anak-anak asuh Shin Tae-yong gagal memanfaatkan kans kedua mereka di markas lawan.

Nguyen Tien Linh menjadi pembawa petaka Timnas Indonesia lewat dua lesatan golnya ke gawang Nadeo Argawinata, masing-masing pada menit ke-3 dan 47.

Dengan hasil ini, Timnas Vietnam berhak melaju ke final Piala AFF 2022 dan masih menanti pemenang Thailand vs Malaysia.

Baca Juga

Putus Kutukan 26 Tahun

Salah satu catatan menarik Park Hang-seo di Piala AFF 2022 setelah laga Vietnam vs Indonesia adalah memutus kutukan 26 tahun tidak pernah menang lawan skuad Garuda di kompetisi Asia Tenggara ini.

“Pertama-tama, kami telah mematahkan kebuntuan 26 tahun tidak pernah menang melawan Indonesia di Piala AFF,” ucapnya saat konferensi pers setelah laga.

Baca Juga

“Sebelum bertanding, saya berkata kepada seluruh tim bahwa kami harus mematahkan itu agar para junior bisa melaju lebih jauh. Kami berhasil,” tambahnya lagi.

Kini, Park Hang-seo tinggal selangkah lagi membawa Timnas Vietnam juara Piala AFF 2022. Setelah itu, ia akan angkat kaki karena kontraknya bakal berakhir bulan Januari ini.

Akankah ia berhasil?

Baca Juga

1. Catatan Menarik Lainnya

Park Hang-seo berhasil membawa Timnas Vietnam ke final Piala AFF 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Perang Dingin dengan Shin Tae-yong

Salah satu catatan menarik Park Hang-seo lainnya di Piala AFF 2022 adalah perang dinginnya dengan sesama pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Sepanjang Piala AFF 2022, baik Park Hang-seo maupun Shin Tae-yong cukup sering tampil di headline pemberitaan karena interaksi-interaksi menarik mereka.

Belum lama ini, keduanya bahkan menjadi buah bibir karena tidak terlihat berjabat tangan setelah pertandingan berakhir.

Bukan hanya itu. Beberapa waktu belakangan, situasi antara Vietnam dan Indonesia sempat memanas  usai Shin Tae-yong menyinggung ulah Doan Van Hau yang sering melakukan pelanggaran brutal di lapangan.

Meski begitu, Park Hang-seo mengaku tidak bisa berbuat banyak karena ia sendiri bukan pengguna aktif media sosial.

Baca Juga

Namun kini ia dan Timnas Vietnam patut lega lantaran berhasil menyingkirkan Timnas Indonesia dari Piala AFF 2022.

Agaknya, perang dinginnya dan Shin Tae-yong di kompetisi ini akan segera reda dalam waktu dekat. Terlebih, ia juga harus memfokuskan diri untuk melakoni partai final melawan Thailand atau Malaysia.

Baca Juga

Hasil Positif di Piala AFF 2022

Keberhasilan meraih tiket final pun membuat catatan Park Hang-seo di Piala AFF 2022 terlihat makin menarik dan mentereng.

Sampai saat ini, Timnas Vietnam belum sekalipun mengalami kekalahan sejak memulai perjuangannya di putaran grup beberapa waktu lalu.

Yang lebih fantastisnya lagi, Doan Van Hau dkk juga belum kebobolan sejak hari pertama, atau dengan kata lain sukses mencetak clean sheet selama tujuh kali beruntun. 

Baca Juga

2. Sepak Terjang Park Hang-seo untuk Sepak Bola Vietnam

Park Hang-seo berhasil membawa Timnas Vietnam ke final Piala AFF 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Di tengah catatan-catatan menarik Park Hang-seo tersebut, Timnas Vietnam saat ini pastinya sedang mempersiapkan diri sebaik mungkin jelang laga final yang hanya tinggal menghitung hari.

Para pemain tentu ingin mempersembahkan hadiah perpisahan terakhir bagi pelatih mereka jelang hengkang dari tim.

Seperti diketahui, Park Hang-seo akan berpisah jalan dengan Timnas Vietnam selepas Piala AFF 2022, yang mana pengumumannya telah disampaikan langsung oleh federasi.

“Piala AFF 2022 akan menjadi kompetisi terakhirnya (Park Hang-seo) bersama tim nasional,” demikian bunyi pernyataan dari VFF.

Ya, untuk saat ini pelatih berusia 65 tahun tersebut akan fokus menangani skuad The Golden Star di Piala AFF 2022, demi menutup pengabdiannya di sepak bola Vietnam dengan senyuman.

Baca Juga

“VFF yakin Park Hang-seo akan mencoba meraih hasil terbaik untuk mengakhiri perjalanan lima tahun yang luar biasa dalam karier profesionalnya.”

Meski begitu, pihak VFF beberapa waktu lalu sempat menyatakan bahwa calon penerus Park Hang-seo masih akan disimpan sampai timnas menyelesaikan perjalanan mereka di Piala AFF 2022.

Baca Juga

Dari sejumlah nama yang ramai dibicarakan khalayak, bisa dibilang semuanya adalah pelatih asing seperti Robert Prosinecki dan Javier Clemente.

Selama menangani Timnas Vietnam di berbagai level, sepak terjang Park Hang-seo memang cukup menarik perhatian.

Ia berhasil membawa Vietnam berjaya di dua edisi SEA Games (2019 dan 2021) serta Piala AFF 2018. Selain itu, ia juga mengantarkan tim menjadi runner-up Piala Asia U-23 pada 2018 lalu.

Baca Juga
Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamPark Hang SeoPiala AFF 2022

Berita Terkini