x

Vietnam Melaju ke Final Piala AFF 2022, Park Hang-seo Bongkar 2 Kelemahan Timnas Indonesia

Selasa, 10 Januari 2023 11:55 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM – Seusai berhasil mengalahkan timnas Indonesia di babak semifinal Piala AFF 2022, Park Hang-seo membongkar dua kelemahan anak asuh Shin Tae-yong.

Pertandingan leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Indonesia baru saja berakhir pada Senin (09/01/23).  Skuat berjulukan The Golden Stars mengunci kemenangan dengan skor 2-0.

Bertanding di markas sendiri, Vietnam mampu tampil tancap gas. Gol pertama mereka tercipta saat pertandingan baru berjalan tiga menit.

Memanfaatkan umpan Do Hung Dung, Nguyen Tien Linh yang mampu lolos dari kawalan bek timnas Indonesia berhasil melesatkan bola yang mennggetarkan jala Nadeo Argawinata.

Gol kedua Vietnam pun juga terjadi hampir serupa dengan gol pertama, yakni pada menit-menit awal babak kedua. Lagi-lagi lewat aksi Nguyen Tien Linh.

Baca Juga

Memanfaatkan umpan dari sepak pojok, Nguyen Tien Linh berhasil menyambut bola dengan sundulannya dan kembal menjebol gawang timnas Indonesia.

Hingga akhir pertandingan, skor 2-0 untuk kemenangan Vietnam atas Indonesia tetap tidak berubah. Armada Park Hang-seo berhak melaju ke final Piala AFF 2022 dan menghadapi pemenang antara Malaysia dan Thailand.

Baca Juga

Seusai pertandingan, Park Hang-seo mengaku bangga dengan penampilan anak asuhnya karena bisa menghentikan ambisi timnas Indonesia.

“Kepulangan (ke Vietnam) hari ini sangat bagus, tetapi yang lebih penting kami sampai ke final. Saya bangga dengan usaha para pemain saya hari ini,” ujar Park Hang-seo.

Selain meluapkan kebanggaannya, Park Hang-seo juga turut membeberkan kelemahan yang ditunjukkan oleh timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Park Hang-seo Beberkan Kelemahan Timnas Indonesia

Pelatih Vietnam Park Hang-seo pada acara jumpa pers jelang babak final Piala AFF 2022 melawan Indonesia di Media Center stadion GBK, Kamis (05/01/23).

Pertarungan timnas Indonesia vs Vietnam memang kerap kali menyuguhkan pertarungan dengan tensi tinggi baik saat di dalam lapangan maupun luar lapangan.

Saking tingginya tensi yang tersaji, beberapa waktu lalu pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan pelatih Vietnam, Park Hang-seo bahkan enggan untuk berjabat tangan.

Meski begitu, kali ini Vietnam lebih mampu untuk membuktikan kelayakannya tampil di final Piala AFF 2022 mendatang.

Sebagia pelatih, Park Hang-seo pun turut membeberkan kelemahan yang diderita timnas Indonesia saat menghadapi timnya malam tadi.

Melansir dari Bongda 24H, Park Hangpseo ternyata sudah menganalisa permaianan timnas Indonesia seusai leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23) lalu.

Baca Juga

Park Hang-seo menyebut ancaman-ancaman timnas Indonesia kerap didasari pada situasi yang memanfaatkan serangan balik.

“Pada pertandingan leg pertama, kami bermain dengan skema taktis 3-4-3 dan bermain imbang dengan lawan. Setelah kembali ke Vietnam, kami menganalisis Indonesia dengan cermat, permainan khas mereka didasarkan pada situasi serangan balik yang cepat,” tutur Park Hang-seo.

Baca Juga

Kemudian, pelatih asal Korea Selatan tersebut juga menyebut timnas Indonesia lemah saat dalam situasi bertahan. Saat bola berhasil mencapai garis pertahanan Indonesia, para pemain Vietnam dengan mudah memporak-porandakannya.

“Gol pertama Tien Linh berasal dari hasil analisis kami. Pertahanan bola mereka cukup lemah, terutama dalam situasi di mana mereka ditarik ke dua sisi untuk memberi celah setelah bek melakukan kesalahan,”

“Kami memasang dua striker dan menendang bola di titik tersebut, lalu memperebutkan bola di titik-titik ini. Mereka lemah secara defensif, di celah di belakang pertahanan,” ujar Park Hang-seo.

Baca Juga

Sumber: Bongda 24H

VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalPark Hang SeoPiala AFF 2022

Berita Terkini