x

5 Fakta Tentang Wout Weghorst, Striker Baru Manchester United Pengganti Cristiano Ronaldo

Kamis, 12 Januari 2023 18:07 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain Burnley, Wout Weghorst. Foto: Reuters/Carl Recine

INDOSPORT.COM - Penyerang Belanda, Wout Weghorst disebut sudah tak turut serta dalam skuat Besiktas dan resmi bergabung dengan klub Liga Inggris, Manchester United.

Manchester United tak lama lagi mendatangkan penyerang baru, usai Wout Weghorst dikabarkan sudah tak ikut dalam skuad Besiktas di Liga Turki.

Besiktas yang kini menduduki peringkat ke-5 klasemen Liga Turki sedianya akan bertandang ke markas tim peringkat ke-7, Konyaspor di akhir pekan ini.

Hanya saja, Besiktas disebut tak membawa Wout Weghorst yang dikabarkan akan segera mengepak barang untuk berangkat ke Manchester.

Baca Juga

Belakangan, Weghorst dan klub induknya, Burnley disebut sudah sepakat soal perubahan peminjaman ke Manchester United.

Media Turki, NTV juga menyebut bahwa Wout Weghorst sudah memutuskan berpisah dengan Besiktas, mengingat sudah sepakat dengan Manchester United.

Baca Juga

Hanya saja, wartawan transfer ternama, Fabrizio Romano menyebut bahwa Wout Weghorst resmi bergabung dengan Manchester United.

Kabarnya, Manchester United membayar 3 juta euro pada Besiktas untuk memutus kontrak peminjaman Wout Weghorst.

Salah satu penyebab Manchester United mendatangkan Wout Weghorst adalah hengkangnya Cristiano Ronaldo karena pemutusan kontrak.

Beberapa waktu kemudian, Cristiano Ronaldo meneken kontrak dengan Al-Nassr dengan nilai fantastis dan akan bermain di Liga Arab Saudi.

Baca Juga

1. Kiprahnya di Liga Domestik

Pemain Burnley, Wout Weghorst. Foto: Reuters/Carl Recine

Wout Weghorst adalah pesepakbola berkebangsaan Belanda. Ia mengawali karier sepak bolanya dari sejumlah tim junior, seperti RSKV Neo, Deto Twnterand hingga akhirnya memperkuat tim muda Eredivisie, Williem II.

Namun sayang kariernya urung berkembang karena ia kesulitan mendapat promosi ke tim utama di Williem dan hanya bermain di tim Williem II.

Pada Juli 2012, Wout Weghorst akhirnya pindah dan memulai karier di tim senior bersama FC Emmen.

Di awal kariernya ia langsung menggebrak dengan mencetak gol pertamanya sebulan kemudian. Total ia membuat 66 penampilan dan mencetak 21 gol.

Setelah dari FC Emmen, dua musim kemudian Wout Weghorst pindah ke Heracles Almelo pada 2014.

Performanya mulai membaik dari segi penampilan karena torehan golnya meningkat. Di Heracles Almelo, Wout Weghorst membuat 73 penampilan dan mencetak 24 gol.

Wout Weghorst lalu direkrut oleh salah satu tim besar Eredivisie, AZ Alkmaar. Ia membuat 86 penampilan dan mencetak 45 gol serta 13 assist dalam periode 2016-2018.

Dipanggil ke Timnas Belanda

Penampilan apiknya membawa Wout Weghorst memperkuat timnas Belanda U-21.

Ia langsung mencetak gol pada laga debutnya. Tetapi baru tahun 2018 Wout Weghorst dilirik memperkuat tim senior Belanda saat menang 1-0 melawan Inggris.

Untuk timnas Belanda, Wout Weghorst telah membuat 19 penampilan dan membuat 15 gol di tim senior.


2. Bersinar di Jerman

Pemain Burnley, Wout Weghorst. Foto: Reuters/Carl Recine

Meski punya karier yang menanjak di kampung halamannya, Eredivisie, rejeki Wout Weghorst justru berada di luar Belanda tepatnya di Jerman.

Wout Weghorst diboyong ke Bundesliga oleh VfL Wolfsburg dari AZ Alkmaar pada Juli 2018. 

Dibawa dengan harga 10 juta euro, Wout Weghorst menemukan ketajamannya.

Selama empat musim di VfL Wolsfburg, Wout Weghorst telah mencatatkan 144 penampilan dan mencetak 70 gol serta 22 assist.

Cetak Gol di Piala Dunia 2022

Pemain kelahiran Borne, Belanda, 7 Agustus 1992, itu mampu mencetak dua gol ke gawang Argentina pada perempat final Piala Dunia 2022.

Meski Wout Weghorst mencetak dua gol dan membuat kedudukan menjadi imbang 2-2, Belanda kalah dari Argentina via drama adu penalti.

Mengenal Sepak Bola Liga Inggris

Bermain di kompetisi sepak bola Inggris bukanlah hal yang asing bagi Wout Weghorst, karena ia pernah berkarier di Premier League.

Burnley adalah tim yang diperkuatnya. Ia diboyong pada Januari 2022 lalu dari Wolfsburg dengan biaya 17 juta euro.

Namun sayang performanya mengecewakan karena hanya bisa membuat dua gol dari 20 penampilan di semua ajang untuk Burnley.

Ia pun dipinjamkan ke klub Liga Turki, Besiktas, dan kini akan kembali dipinjamkan ke Manchester United di Liga Inggris.

Manchester UnitedCristiano RonaldoLiga Primer InggrisLiga InggrisWout Weghorst

Berita Terkini