x

Tak Dapat Izin, Laga Persebaya vs Persikabo 1973 Batal Digelar di Stadion Joko Samudro

Kamis, 12 Januari 2023 10:40 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Prio Hari Kristanto
Uji coba Persis Solo melawan Persebaya Surabaya di Stadion Manahan Solo, Sabtu (26/11/22). (Foto: Official Persebaya)

INDOSPORT.COM - Laga Persebaya Surabaya vs Persikabo 1973 dipastikan batal digelar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik pada Sabtu (14/01/23) mendatang dalam lanjutan putaran kedua Liga 1 2022-2023.

Kepastian batalnya laga tersebut didapatkan manajemen Persebaya Surabaya dalam rapat dengan Polda Jawa Timur yang dipimpin oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol, Slamet HS.

"Hasil Rapat begitu. Pertandingan Persebaya vs Persikabo tidak ada izin. Alasannya masa pengurusan tidak sesuai Perpol 10/2022. Yakni pengurusan izin minimal 14 hari," kata Ketua Panpel Persebaya, Ram Surahman, Kamis (12/01/23).

Dia menjelaskan, keterlambatan proses pengajuan perizinan ke polisi bukan karena keteledoran Persebaya Surabaya melainkan jadwal pertandingan yang diterima dari LIB.

Pihak operator Liga 1 itu memberikan jadwal pertandingan kepada sejumlah klub, termasuk Persebaya pada Senin, 2 Januari 2022 lalu di mana itu juga terbilang mepet, jika mengacu pada Perpol 10/2022.

Baca Juga

"Kita baru dapat jadwal awal Januari lalu. Kurang dari 14 hari sesuai syarat Perpol. Sudah kami sampaikan situasinya seperti itu. tetapi tetap tidak diterima," jelas pria yang akrab disapa Cak Ram itu.

Ternyata batalnya pertandingan tidak hanya dialami Persebaya Surabaya saja, Persik Kediri juga mengalami hal yang sama menjelang laga kandang melawan Persita Tangerang.

Baca Juga

Izin pertandingan Persik Kediri vs Persita Tangerang pada Kamis (12/01/23) juga tidak bisa diterbitkan sehingga laga pun batal.

Ram Surahman pun berusaha menaati keputusan yang sudah dikeluarkan oleh Polda Jawa Timur itu dan langsung mempersiapkan pertandingan melawan tim berikutnya.

“Kami hormati keputusan tersebut. Segera kami bersiap untuk pertandingan selanjutnya,” ujar Ram.

Baca Juga

1. Aturan Perpol Tidak Berlaku di Luar Jatim

Logo Liga 1 2022-2023.

Batalnya pertandingan Persebaya Surabaya vs Persikabo 1973 karena aturan Perpol 10/2022 di mana izin harus diajukan dua minggu sebelum laga menurut Ram Surahman tidak berlaku di luar Jawa Timur.

Dia mencontohkan, beberapa pertandingan tunda bisa digelar, seperti PSS Sleman vs Persija Jakarta (8/1/2023), PSIS vs Bhayangkara FC (09/01/23), Barito Putera vs PSM Makassar (10/01/23) dan Persib Bandung vs Persija Jakarta (11/01/23).

"Kami sudah kirim surat ke LIB menjelaskan situasi yang ada. Kami minta penundaan pertandingan," kata Ram Surahman.

Sedangkan untuk persoalan perizinan, menurut Cak Ram pihak Polda Jatim akan meneruskan ke Mabes Polri.

Sejatinya, pertandingan Persebaya Surabaya akan berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik melawan Persikabo 1973. Bajul Ijo tidak bisa memakai Stadion Gelora Bung Tomo karena tidak diizinkan oleh Dispora.

Baca Juga

Stadion GBT saat steril dari aktivitas sepak bola sebagai persiapan venue Piala Dunia U-20.

Sudah Kantongi Izin

Panpel Persebaya Surabaya sendiri sebetulnya sudah mengantongi izin sebagai syarat persiapan menggelar pertandingan di Stadion Gelora Joko Samudro.

Baca Juga

Bahkan, izin yang dilakukan panpel Bajul Ijo tidak hanya dari Pemkab Gresik saja melainkan hingga wilayah desa dan masyarakat setempat.

"Sebetulnya secara persiapan kami sudah lumayan siap. Semua sudah kantongi. Tinggal rekomendasi dari Polres Gresik. Tetapi rakor memutuskan seperti itu," katanya.

Sementara itu laga Persebaya vs Persikabo 1973 di laman LIB sudah tertulis tunda. Persebaya pun mempersiapkan diri menjalani partai away pada Rabu, 18 Januari 2023 melawan Persita Tangerang.

Baca Juga
Persebaya SurabayaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Persikabo 1973

Berita Terkini