x

Nama Asnawi Aman di Skuad Ansan Greeners Musim 2023, Batal Direkrut Jeju United?

Jumat, 13 Januari 2023 21:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dipastikan masih masuk dalam daftar pemain Ansan Greeners untuk kompetisi K-League 2023. Foto: Instagram@ansan_greeners_fc

INDOSPORT.COM  - Bintang timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dipastikan masih masuk dalam daftar pemain Ansan Greeners untuk kompetisi K-League 2023.

Besar kemungkinan Asnawi Mangkualam masih akan dipertahankan klub asal Korea Selatan ini di tengah spekulasi kepindahan ke Jeju United.

Kepastian Asnawi masih termasuk dalam skuad besutan Lim Jong-heong setelah klub kasta kedua Liga Korea itu merilis daftar pemain yang masuk dan keluar pada bursa transfer Januari 2023.

Melalui akun resmi Instagram, Jumat (13/01/23), Ansan Greeners mengumumkan kedatangan delapan pemain baru dan mendepak lima pemain lamanya.

Namun dari 13 total pemain yang disebutkan Ansan Greeners tersebut tidak ditemukan nama bek asal Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Baca Juga

Ansan Greeners nampaknya telah menyudahi urusan jual beli pemain menjelang dimulainya kompetisi Liga 2 Korea Selatan. Itu artinya, posisi Asnawi Mangkualam dipastikan masih aman.

Seperti diketahui, nama Asnawi Mangkualam belakang mencuat di bursa transfer. Dirinya dirumorkan bakal naik kasta ke K-League 1 setelah diminati Jeju United.

Baca Juga

Rumor ini disampaikan pengamat Liga Korea Selatan bernama Ross Davis melalui Twitter pada Rabu (11/01/23). Ross Davis menyebut Asnawi akan gabung klub kasta teratas Liga Korea itu.

Rumor ini semakin menguat dengan Jeju United sejauh ini hanya hanya memiliki tiga pemain asing. Mereka adalah dua pemain Brasil, Reis dan Yuri Jonathan dan winger asal Swedia Jonathan Ring.

Namun dengan Ansan Greeners sudah mengumumkan daftar pemain baru dan pemain yang keluar, maka Asnawi dipastikan akan tetap bersama Ansan sampai kontraknya berakhir.

Baca Juga

1. Kawan Baru Asnawi di Ansan Greeners: Pemain Main di Eropa

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan pemain Indonesia Asnawi Mangkualam jelang laga ketiga grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Media Center stadion GBK, Rabu (28/12/22).

Asnawi memang masih terikat kontrak dengan Ansan Greeners hingga hingga 31 Desember 2023. Performa Asnawi selama dua tahun memperkuat Ansan Greeners juga terbilang cukup apik.

Bek kanan yang serba bisa yang satu ini mampu mengemas total 26 penampilan di K-League 2 dengan mencetak dua gol dan dua assist.

Kepastian Asnawi bertahan di Ansan Greeners mendapat sambutan beragam dari netizen Indonesia. Beberapa menyayangkan namun ada juga yang mendukung.

Ada pun Ansan Greeners mendepak empat pemain lamanya yakni Lee Sang-min (gabung Seoul E-Land), Song Jin-kyu (Bucheon FC), Choi Geon-joo (Busan IPark), dan Shin Il-soo (Jeonnam Dragons).

Alih-alih mengirim Asnawi Mangkualam ke Jeju United, Ansan Greeners justru mendatangkan satu pemain dari klub K-League tersebut, yakni winger kanan Kim Beom-su.

Baca Juga

Selain itu, Ansan Greeners jug mendatangkan beberapa pemain seperti Kim Jeung-ho (dari Bucheon FC), Kim Jae-seong (Ulsan Hyundai), Kim Jin Hyeon (Pohang Steelers), Yoo Jun-soo (Chungnam Asan), Kim Chae-woon (Incheon) dan Kang Jun-mo (Suwon FC).

Melansir Incheon Ilbo, dua nama terakhir didatangkan Asan Greeners dari skuad muda klub asal masing-masing pemain. Ki Chae-woon didatangkan dari Incheon United U-15 dan U-18 dengan bermain di posisi bek kiri. 

Baca Juga

Dia memulai karier profesionalnya pada 2019 dan dipinjamkan ke Chungnam Asan pada 2022. Dia mencatatkan 2 assist dalam 22 penampilannya di skuad utama.

Kim Chae-woon dinilai punya kemampuan bertahan yang baik, berani bermain satu lawan satu, mampu melakukan umpan silang, serta punya kecepatan dan tendangan akurat.

Ada pun Kang Jun-mo merupakan pemain gelandang kiri yang pernah mengenyam sepak bola Eropa bersama Mains 05 U-17 pada 2018.

Dia juga sempat membela beberapa klub Jerman lain seperti Dynamo Dresten Youth Team, Gruyter Furth, dan Ingolstadt sebelum gabung ke Suwon FC musim panas lalu.

Baca Juga
Bursa TransferKorea SelatanAsnawi Mangkualam BaharK-LeagueBerita TransferPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Bursa TransferAnsan GreenersJeju United

Berita Terkini