x

Persebaya Diminta Tidak Mengusulkan Pemilik Klub sebagai Ketua KP di Kongres PSSI

Sabtu, 14 Januari 2023 23:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Persebaya Surabaya mengusulkan petinggi klub, Persis Solo yakni Kaesang Pangarep sebagai ketua Komite Pemilihan pada Kongres Biasa PSSI.

INDOSPORT.COM - Salah satu anggota Komite Pemilihan, Irawadi D. Hanafi (2019-2023) angkat bicara mengenai usulan salah satu klub Liga 1, Persebaya Surabaya untuk mengusulkan petinggi klub, Persis Solo yakni Kaesang Pangarep sebagai ketua Komite Pemilihan pada Kongres  Biasa PSSI.

Menurut Irawadi, hal ini jelas melanggar statuta PSSI tahun 2019 dalam bab IX Komite Independen dalam hal ini Komite Pemilihan.

Merujuk pada statuta PSSI pasal 64 ayat 3, disebutkan bahwa Anggota Komite Pemilihan serta Anggota keluarga terdekatnya tidak diperbolehkan melakukan aktivitas yang ada hubungannya dengan tugas dan fungsi eksekutif di PSSI, salah satu Anggota PSSI, Liga atau Klub (termasuk salah satu Perusahaan atau Organisasi yang terafiliasi), tidak pernah atau mempunyai hubungan bisnis apapun dengan PSSI, salah satu Anggota PSSI, Liga atau Klub (termasuk salah satu Perusahaan atau Organisasi yang terafiliasi).

Juga Anggota keluarga terdekat berarti, berkenaan dengan orang, pasangan atau pasangan rumah tangga, orangtua, kakek dan nenek, paman, bibi, anak (termasuk anak tiri atau anak angkat), cucu, anak laki-laki, anak perempuan, ayah atau ibu mertua dan temasuk orang lain, baik sedarah maupun tidak dengan orang tersebut, memiliki hubungan yang mirip dengan hubungan keluarga dan orang tersebut memberikan dukungan keuangan.

Menurutnya, Persebaya seharusnya tak bisa mengusulkan salah satu petinggi klub untuk menjadi ketua komite pemilihan. 

Baca Juga

Lebih lanjut Irawadi menegaskan jika merunut statuta jelas, anggota komite pemilihan harus independen dan tidak ada hubungannya dengan PSSI termasuk klub yang menjadi voters. 

"Apabila usulan Persebaya disetujui maka harus merubah statuta dulu dan proses merubah statuta jelas bukan hal yang mudah dan butuh waktu dan persetujuan FIFA setahu saya," ujar Irawadi.

Irawadi berharap Kongres Biasa PSSI besok harus bisa menunjuk anggota komite pemilihan yang independen tidak ada sangkut pautnya dengan anggota PSSI apa pun supaya tidak melanggar statuta. 

Baca Juga

"Anggota KP (red-Komite Pemilihan) besok harus benar-benar independen. Namun keputusan tetap ada di kongres, karena kongres merupakan forum tertinggi para anggota, tapi sebaiknya seluruh anggota atau voters menetapkan anggota KP juga sesuai dengan statuta," lanjutnya.

Sebagai informasi, Kongres Luar Biasa PSSI di tahun 2023 akan digelar untuk memilih kepengurusan baru induk sepak bola Tanah Air ini.

Beberapa petinggi dan pejabat negara saat ini sudah banyak dikaitkan dengan kursi ketua umum PSSI termasuk Ketua DPD La Nyalla Mattalitti yang sudah mendaftar pada Jumat (13/01/23) kemarin dan rencananya pada Minggu (15/01/23), Menteri BUMN Erick Tohir juga akan mendaftar.

Baca Juga

1. Tanggapan Kaesang

Persebaya Surabaya mengusulkan petinggi klub, Persis Solo yakni Kaesang Pangarep sebagai ketua Komite Pemilihan pada Kongres Biasa PSSI.

Pengajuann nama Kaesang ini ditetapkan dalam surat bernomor 152/PT.PI-I/2023 yang ditujukan untuk Ketua Umum PSSI periode 2020-2024, Mochamad Iriawan.

Menurut Persebaya, sosok putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini sangat tepat untuk mengawal pemilihan pengurus baru PSSI saat Kongres Luar Biasa pada 16 Februari mendatang.

“Saudara Kaesang sangat layak untuk mengemban tugas tersebut sebagai bagian dari semangat untuk tata kelola sepak bola Indonesia yang lebih baik," ungkap surat resmi Persebaya.

"Kami juga meyakini, sosoknya akan mampu mengawal proses penjaringan dan pemilihan sosok calon ketua umum, calon wakil ketua umum, dan calon komite eksekutif dengan baik dan berkualitas, yang akan dibawa ke Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI Tahun 2023."

Sementara itu, Kaesang Pangarep sendiri telah memberi tanggapan perihal dirinya yang diusulkan sebagai ketua Komite Pemilihan pada Kongres  Biasa PSSI.

Baca Juga

Kendati tidak memberikan isyarat tengah menanggapi permintaaan Persebaya, Kaesang agaknya siap menjalankan amanat tersebut jika ditunjuk sebagai ketua komite KLB PSSI nanti.

“Padahal masih pengen bulan madu, tapi yoweslah. GAS!!!,” tulis Kaesang di cuitannya pada Sabtu, pukul 16.05 WIB di akun Twitter pribadinya.

Baca Juga

Tak pelak, cuitan Kaesang ini langsung dibanjiri komentar dari para pengikutnya. Mereka berharap Kaesang bisa mengemban tugas ini demi kemajuan sepak bola Indonesia.

"Dipause sedelo mas bulan madune Gasske resik-resik bab bal-balan Indonesia," Persebaya membalas cuitan Kaesang. 

Baca Juga
Persebaya SurabayaPSSIErick ThohirLanyalla MattalittiKaesang PangarepExco PSSILiga IndonesiaKongres Pemilihan Ketum PSSIKongres PSSI

Berita Terkini