x

Wout Weghorst Datang, Mengulik 2 Formasi yang Cocok untuknya di Manchester United

Sabtu, 14 Januari 2023 13:51 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain Burnley, Wout Weghorst. Foto: Reuters/Carl Recine

INDOSPORT.COM - Dua formasi yang cocok untuk Manchester United usai kedatangan Wout Weghorst pada bursa transfer musim dingin ini.

Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, umumkan Wout Weghorst sebagai pemain anyar dengan status pinjaman di sisa musim ini.

Balada krisis striker Manchester United, akhirnya terselesaikan setelah berhasil mengamankan jasa Wout Weghorst dari Burnley selepas perginya Cristiano Ronaldo.

Setan Merah saat ini hanya memiliki Marcus Rashford dan Anthony Martial saja yang bisa bermain di posisi ujung tombak.

Terlebih lagi, Rashford yang kini lebih beroperasi sebagai penyerang sayap membuat Setan Merah hanya menyisakan Martial saja di pos penyerang tengah.

Baca Juga

Tentu Martial saja tidak cukup mengingat Man United yang masih berkompetisi di Liga Inggris, Liga Europa, Piala Liga Inggris, dan Piala FA.

Alhasil, Manchester United langsung sat-set untuk mencari pemain pinjaman bernama Wout Weghorst dari Burnley.

Baca Juga

Ahli transfer asal Italia, Fabrizio Romano, sebelumnya juga sudah menyebut bahwa Weghorst resmi bergabung dengan Manchester United.

Manchester United dikabarkan membayar 3 juta euro pada Besiktas guna memutus kontrak peminjaman Wout Weghorst agar Setan Merah bisa memakai jasa sang pemain selama enam bulan ke depan.

Manchester United pun telah mengumumkan hadirnya Wout Weghorst secara resmi yang mana kehadirannya tentu merupakan hal positif bagi klub. Lantas dimana dia akan dimainkan oleh pelatih Erik ten Hag?

Baca Juga

1. Wout Weghorst

Wout Weghorst, pemain Manchester United. (Foto: Instagram@woutweghorst5577)

Wout Weghorst adalah penyerang berusia 30 tahun asal Belanda yang mempunyai karier tidak begitu mentereng.

Dari beberapa klub yang ia bela tidak ada satu namapun dengan nama besar baik saat bermain di Eredivisie hingga klub Erop lain. 

Tercatat hanya VfL Wolfsburg yang dibelanya dengan prestasi gol cukup banyak. Ia mencetak 70 gol dan 22 assist dari 144 penampilan di semua ajang.

4-3-3

Namanya sempat meredup karena bermain di klub kurang ternama seperti Burnley dan Besiktas. Tetapi mulai kembali terangkat usai mencetak dua gol ke gawang Argentina di Piala Dunia 2022 untuk Belanda.

Dua gol Weghorst ke gawang Argentina adalah gol pertamanya di Piala Dunia, juga datang dari dua tembakan tepat sasaran pertamanya.

Lalu usai tiba di Manchester United, dimana Wout Weghorst akan bermain dalam formasi terbaru Erik ten Hag? ada dua opsinya.

Wout Weghorst adalah bomber dengan tipikal penyerang murni. Postur badannya yang tinggi membuat dirinya mempunyai kelebihan dalam duel udara.

Artinya ia akan ditempatkan pada posisi ujung tombak utama, tentu saja mengorbankan Anthony Martial yang jarang mencetak gol lewat udara.

Apalagi Martial sendiri saat ini tengah absen karena cedera. Menaruh Weghorst di depan menggantikan pria Prancis itu, bisa jadi pilihan tepat.

Dalam formasi ini, Weghorst kemungkinan bakal didukung dengan Marcus Rashford di sayap kiri dan Antony di sayap kanan, lalu Bruno Fernandes bermain di belakangnya sebagai kreator.

4-4-2

Meski sudah mendatangkan penyerang baru, tetapi Erik ten Hag kemungkinan besar tidak akan membuang Anthony Martial begitu saja.

Sebab sang pemain memang sudah menunjukan performa apik dalam beberapa pertandingan sebelum cedera.

Jika sudah fit, Erik ten Hag bisa menggunakan formasi dua striker utama yakni 4-4-2. Duet Martial-Weghorst dengan gaya berbeda ini bisa jadi salah satu senjata MU untuk membongkar pertahanan lawan.

Intinya, kedatangan Weghorst akan memberikan banyak opsi utak-atik taktik untuk Ten Hag. Dia bakal jadi salah satu andalan untuk bola-bola atas.

Bursa TransferManchester UnitedAnthony MartialLiga InggrisWout Weghorst

Berita Terkini