x

10 Klub Liga 2 Mengadu, Menpora Janji Ketemu PSSI dan Carikan Solusi

Senin, 16 Januari 2023 15:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menerima perwakilan klub Liga 2 2022/23 dan APPI dan berusaha temui PSSI untuk mencari solusi.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menerima perwakilan klub Liga 2 2022/23 dan APPI (asosiasi pemain profesional Indonesia) pada Senin (16/01/23) di Kantor Kemenpora. Mereka membahas perkara distopnya Liga 2 musim ini.

Sebagai informasi, PSSI memutuskan menghentikan Liga 2 2022/23 dengan alasan permintaan dari sebagian besar klub dan sarana prasarana yang belum memenuhi syarat.

Tidak terima dengan keputusan tersebut, 10 klub Liga 2 yakni Persipura Jayapura, PSMS Medan, FC Bekasi City, Karo United, Persipal, Sulut United, PSIM Yogyakarta, Persija Jepara dan Persewar Waropen kemudian meminta bantuan Menpora untuk memperjuangkan nasib mereka.

Menpora mengatakan akan membantu sepenuh hati dan mencarikan jalan keluar dengan menemui PSSI dalam waktu dekat. Pasalnya Liga 2 menjadi lahan kerja banyak pihak tak hanya pesepak bola.

"Tadi saya menerima teman-teman dari beberapa klub Liga 2 dan APPI. Mereka menyampaikan beberapa hal terkait kompetisi Liga 2 yang sudah diumumkan untuk dihentikan," buka Menpora.

Baca Juga

"Setelah saya mendengarkan itu, saya akan mencari jalan keluarnya. Saya akan komunikasi dengan PSSI, dengan Exco, dengan pihak-pihak terkait, siapa tahu bisa dilaksanakan," katanya.

Menpora menjelaskan, dia akan berusaha yang terbaik. Ia mencontohkan situasi saat pandemi covid-19, di mana ada gelaran Piala Menpora 2021.

Baca Juga

Zainudin Amali tak hanya akan membuka komunikasi dengan PSSI, tapi juga PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang merupakan operator kompetisi Liga 2. 

"Mudah-mudahan saya mendapatkan jalan terbaik setelah komunikasi dengan pihak-pihak terkait," ujarnya.

"Mereka sudah sampaikan, nanti saya akan bicara ke PSSI. Kami belum bicara teknis seperti apa (soal format kompetisi atau diganti turnamen). Saya akan carikan jalan keluar terbaik. Jadi jangan bahas itu dulu teknisnya, mau home away atau gimana," sambung Zainudin.

Baca Juga

1. Pertemuan Spontan Minta Liga 2 Dilanjutkan

PSSI menggelar debat untuk calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 pada Kamis, 31 Oktober 2019.

Sementara itu, manajer Persipura, Yan Mandenas menjelaskan pihaknya secara spontan saling berkomunikasi dan memutuskan mendatangi Menpora.

Klub Liga 2 sangat berharap kompetisi dilanjutkan karena mereka sudah lakukan persiapan matang.

"Pada kesempatan ini kami yang tergabung dalam klub-klub Liga 2, saya terima kasih ke Menpora karena sudah berkenan menerima kami dan pertemuan ini memang secara spontan jadi tidak terorganisir, yang siap dan punya misi sama," jelasnya.

Baca Juga

"Kami bertemu Menpora tujuan kami cuma satu, yaitu Liga 2 bisa dilanjutkan karena kompetisi itu sudah diputar. Kecuali kompetisinya belum diputar. Putaran pertama sisa dua sampai tiga pertandingan lagi, sekarang dalam kesempatan ini kami sampaikan maksud dan tujuan kami supaya Liga 2 bisa berjalan," ujarnya.

Pria yang juga anggota DPR RI tersebut menyatakan klub Liga 1 akan taat pada regulasi PSSI jika kompetisi dilanjut. Harapan mereka cuma satu yakni berkompetisi.

Baca Juga

Di sisi lain, Head Legal APPI, Jannes Silitonga, mengatakan klub Liga 2 mengajak APPI untuk meminta perlindungan kepada pemerintah lewat Menpora untuk melanjutkan kompetisi yang menjadi tanggung jawab PSSI. 

Baca Juga
PSSIKementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)Liga IndonesiaLiga 2PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Zainudin AmaliBerita Liga 2

Berita Terkini