x

Liga 1: Respons Muhammad Ridwan Tentang Rumor Eks AC Milan Gabung PSIS Semarang

Senin, 16 Januari 2023 09:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Manajer timnas Kamboja, Keisuke Honda.

INDOSPORT.COM - Legenda PSIS Semarang, Muhammad Ridwan, merespons rumor bergabungnya eks gelandang AC Milan, Keisuke Honda, sebagai pelatih. Ia memastikan hal itu sebatas rumor saja.

Keisuke Honda mengabarkan dirinya sedang berada di Jakarta via akun Instagram, disertai keterangan foto bahwa dia bertemu banyak orang hebat di sini.

Sebelum Honda membuat postingan di Jakarta, Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, terlebih dulu membuat unggahan di Instagram.

Yoyok bertanya tentang apa sebenarnya hubungan PSIS dengan Jepang. Tak sekadar melepas Pratama Arhan ke Tokyo Verdy, mereka juga mengingat dua pemain Jepang.

Taisei Marukawa sudah bergabung sejak pertengahan tahun lalu, menyusul kemudian Ryo Fujii yang direkrut untuk menggantikan Jonathan Cantillana.

Baca Juga

Dua unggahan ini kemudian saling dikait-kaitkan. Posisi PSIS Semarang yang kebetulan baru saja ditinggal Achmad Resal kemudian dihubungkan dengan keberadaan Honda di Jakarta.

Suporter PSIS ikut meramaikan dengan memenuhi postingan Instagram Keisuke Honda. Bahkan, ada beberapa akun yang sudah mengucapkan "welcome" kepadanya.

Baca Juga

Terkait rumor Honda merapat, Muhammad Ridwan pun bereaksi. Pria yang terdaftar di PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai direktur teknik PSIS ini menyatakan hal itu sebatas rumor saja.

"Soal rumor pelatih yang masuk, Keisuke atau siapa pun, itu saya anggap masih sebatas rumor," kata Muhammad Ridwan, Minggu (15/1/23).

Baca Juga

1. Fokus Hadapi Rans FC

Logo klub Liga 1, PSIS Semarang.

Ridwan mengaku tak tahu bagaimana bisa sosok Keisuke Honda dirumorkan ke PSIS. Dia fokus penuh mempersiapkan tim melawan Rans Nusantara FC di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (16/1/23).

Tugasnya berjalan tak mudah karena sebelum melawan Rans, PSIS harus mengakui keunggulan Bhayangkara FC 0-1 dalam partai tunda pekan ke-11 Liga 1 di Stadion Jatidiri, Senin (9/1/23).

"Beritanya juga belum bisa dipertanggung jawabkan. Saya malah baru mendengarnya sekarang," tutur Ridwan saat menjawab rumor ini sebelum laga melawan Rans Nusantara FC.

Keisuke Honda masih menjadi pesepak bola sampai 2021. Meski begitu, sejak 2018 dia sudah bergabung untuk membenahi sepak bola Kamboja.

Baca Juga

Hanya saja, Honda tak menduduki kursi kepelatihan timnas Kamboja. Ia kabarnya menjabat sebagai general manager karena belum memiliki lisensi kepelatihan yang cukup untuk posisi pelatih kepala.

Setelah Kamboja tersingkir dari Piala AFF 2022, Honda fokus pada timnas U-23. Bisa jadi hal ini karena Kamboja akan bersiap mengikuti ajang SEA Games 2023.

Ikatan kuat antara Keisuke Honda dengan sepak bola Kamboja membuat kecil kemungkinan dia merapat ke PSIS Semarang di Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Namun, bukan sebuah hal mustahil bagi Honda berkarier di sepak bola Indonesia, terutama bergabung ke klub-klub Liga 1 suatu saat nanti. 

Pada 2021, Honda diketahui menjadi bagian dari klub negara Lithuania, bernama Suduva Marijampole. Tentu saja publik setempat juga tak pernah menyangka Honda akan bermain di sana.

KambojaPSIS SemarangKeisuke HondaMuhammad RidwanLiga IndonesiaLiga 1Yoyok SukawiBola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini