x

Tekuk Tottenham Hotspur, Ini 4 Sinyal Sukses Arsenal Menuju Mahkota Juara Liga Inggris

Senin, 16 Januari 2023 12:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Arsenal saat ini sedang getol-getolnya memburu gelar juara Liga Inggris 2022-2023. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Arsenal saat ini sedang berada di trek yang benar dalam perburuan mahkota Liga Inggris (Premier League) 2022-2023.

Mereka masih betah menghuni puncak klasemen dengan raihan 47 poin dari 18 pertandingan. Selain itu, Manchester City yang menguntit di bawahnya sejauh ini baru mengumpulkan 39 poin.

Meski masih ada celah bagi The Gunners untuk dikudeta, posisi mereka di pucuk mungkin akan sulit digoyahkan dalam beberapa waktu ke depan.

Terlepas dari hasil di Eropa maupun di laga uji coba, Arsenal nampak tangguh di liga dan sepertinya sudah lupa bagaimana rasanya kalah.

Yang teranyar, satu-satunya hasil minor yang mereka peroleh adalah bermain imbang menghadapi Newcastle United tempo hari.

Baca Juga

Akan tetapi, Mikel Arteta patut tersenyum lagi lantaran anak-anak asuhnya berhasil menggondol poin penuh di laga kontra Tottenham Hotspur semalam.

Dibantu satu gol bunuh diri dari Hugo Lloris, Arsenal memastikan kemenangan 2-0 mereka melalui sumbangsih Martin Odegaard pada menit ke-36.

Baca Juga

Apa yang terjadi di Stadion Tottenham Horspur ini pun membuat langkah Arsenal menuju gelar juara Liga Inggris 2022-2023 makin dekat.

Namun terlepas dari angka-angka di klasemen, penampilan Arsenal di pertandingan melawan Spurs menjadi sinyal positif dalam perburuan mereka ke puncak kejayaan.

Salah satu poin yang perlu digarisbawahi, misalnya penampilan Bukayo Saka yang terbilang konsisten dalam setiap pertandingan Arsenal di Liga Inggris.

Baca Juga

1. Arsenal yang Punya Bukayo Saka

Bukayo Saka jadi salah satu pemain penting di Arsenal saat ini. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Dalam 45 menit pertama di laga Derbi London Utara  melawan Tottenham Hotspur, ia terlihat sangat aktif menggempur Spurs dari sayap kanan.

Ia juga tidak enggan berhadapan satu lawan satu dengan pemain lawan dan punya andil dalam gol bunuh diri Hugo Lloris pada menit ke-14.

Bukayo Saka berlari kencang di sisi kanan Arsenal dan berusaha mengirim bola ke dekat gawang, yang sayangnya mengenai tubuh Hugo Lloris.

Gol! Tanpa disangka bola yang sejatinya berhasil ditepis tersebut justru mental bak belut yang sangat licin ke dalam gawang Tottenham Hotspur.

Selain itu, Bukayo Saka juga ambil bagian sebagai pemberi assist untuk gol kedua Arsenal yang dicetak oleh Martin Odegaard.

Baca Juga

Meski usianya masih 21 tahun, Bukayo Saka sudah berkali-kali menunjukkan konsistensi di laga-laga Arsenal, sampai-sampai membuat banyak pasang mata tidak luput mengamatinya.

Tentu tidak mudah bagi pemain semuda dirinya untuk bisa menampilkan kualitas seperti itu sampai berulang kali, yang mana layak disyukuri oleh Arsenal.

Baca Juga
 

Ia pun menjadi salah satu senjata berharga bagi Arsenal dalam perburuan gelar mereka musim ini, sekaligus mengantongi predikat top assist kedua (7) Liga Inggris setelah Kevin De Bruyne (10).

Namun untuk mengoptimalkan bakat Bukayo Saka, Mikel Arteta harus memastikan pemainnya ini tetap fit dan bugar.

Apalagi, jika mengingat ia termasuk pemain yang sangat mudah maupun rawan ditendang oleh lawan di lapangan. 


2. Semagat Tim, Aaron Ramsdale, dan Thomas Partey

Aaron Ramsdale di laga melawan Tottenham Hotspur (15/01/23). Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

Selain itu, sinyal positif yang dimiliki Arsenal untuk bisa memenangkan gelar Liga Inggris 2022-2023 adalah semangat tim yang kuat.

Kualitas ini, tentu tidak terbangun begitu saja tanpa perjuangan. Namun jika harus membandingkan apa yang terjadi musim lalu di laga dan venue yang sama melawan Spurs, ada perbedaan yang cukup signifikan.

Arsenal yang sekarang terlihat lebih percaya diri serta menemukan kembali energi mereka yang hilang, dan itu semua benar-benar sangat membantu.

Bicara soal kiper, jika Tottenham Hotspur memiliki sosok yang sudah dua kali tampil di final Piala Dunia, Arsenal punya seseorang yang bahkan terseok-seok untuk bisa masuk ke Timnas Inggris. Ya, ia adalah Aaron Ramsdale.

Akan tetapi, Aaron Ramsdale tampil brilian semalam dengan menggagalkan sejumlah peluang Spurs termasuk dari pemain andalan mereka, Harry Kane.

Lalu dari statistik secara keseluruhan, Aaron Ramsdale saat ini menjadi kiper terbaik kedua dengan clean sheet terbanyak di Liga Inggris (9).

Sejauh ini, Aaron Ramsdale sudah bermain penuh selama 90 menit di 18 laga Arsenal di Liga Inggris 2022-2023.

Arsenal pun hanya kebobolan 14 kali alias kedua paling sedikit di liga setelah Newcastle United (11).

Lalu, hal lain yang juga patut disorot dari laga melawan Tottenham Hotspur kemarin adalah situasi di lini tengah yang tetap tenang meski berada di bawah tekanan suporter tuan rumah.

Thomas Partey adalah pemain yang paling pas menjadi contoh dalam hal ini, berkat ketenangannya sebagai seorang gelandang.

Jika Arsenal bisa mempertahankan para pemain yang sanggup mengatasi krisis dengan baik seperti Thomas Partey, perjalanan mereka dalam berburu gelar pun akan menjadi lebih mudah.

Sumber: irishexaminer.com, premierleague.com

ArsenalTottenham HotspurMikel ArtetaLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini