x

Jangan Buru-buru Pecat, 3 Alasan Shin Tae-yong Masih Layak Dipertahankan Timnas Indonesia

Rabu, 18 Januari 2023 05:54 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Meskipun Shin Tae-yong belakangan ramai diterpa isu pemecatan, ia sepertinya masih layak diberi kesempatan lagi untuk terus menangani Timnas Indonesia.

Banyak suporter Timnas Indonesia mulai mempertanyakan kapasitas Shin Tae-yong. Hal itu dikarenakan Shin Tae-yong gagal bawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2022. 

Padahal Shin Tae-yong sudah pernah memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Saat itu, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia masuk final Piala AFF 2020.

Baca Juga

Dengan komposisi skuad hampir mirip, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong diharapkan bisa juara Piala AFF 2022. Namun sayang, Timnas Indonesia bahkan gagal ke final Piala AFF 2022.

Kegagalan itu membuat banyak suporter Timnas Indonesia mulai ragu dengan Shin Tae-yong. Sehingga banyak suporter Timnas Indonesia yang mulai minta Shin Tae-yong agar diganti saja.

Mengingat di tangan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia tetap gagal juara Piala AFF meski sudah ada 2 kesempatan. Hal itu membuat posisi Shin Tae-yong di kursi pelatih Timnas Indonesia pun makin sulit.

Namun jika ditilik lebih jauh, sebenarnya Shin Tae-yong sepertinya masih bisa dan layak diberi kesempatan oleh PSSI. Mengingat dalam beberapa tahun terakhir, ada berbagai prestasi yang ditorehkan Shin Tae-yong.

Setidaknya ada 3 alasan yang membuat Shin Tae-yong layak dipertahankan sebagai pelatih Timnas Indonesia. Apa saja?


1. Banyak Orbitkan Pemain Muda

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Pertama, Shin Tae-yong berani memotong satu generasi skuad Timnas Indonesia. Sejak kedatangannya, Shin Tae-yong berani tak lagi memanggil pemain senior yang biasa menghuni Timnas Indonesia.

Skuad Timnas Indonesia yang kemudian dipanggil dan dilatih Shin Tae-yong kebanyakan adalah pemain muda. Sehingga Shin Tae-yong pun jadi banyak orbitkan pemain muda.

Itu adalah hal positif karena membuat masa depan Timnas Indonesia jadi lebih cerah dibanding sebelumnya. Banyak pemain muda yang kini mulai berkembang bersama Timnas Indonesia.

Sebut saja Rizky Ridho, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri hingga Marselino Ferdinan. Mereka-mereka ini yang diharapkan bisa menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di masa depan.

Baca Juga

Bawa Timnas Indonesia Lolos Piala Asia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Minggu (29/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Tak hanya sekadar mengorbitkan pemain muda, Shin Tae-yong juga telah terbukti membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia. Terakhir kali Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia adalah pada edisi 2007.

Itupun Timnas Indonesia menjadi kontestan Piala Asia karena status tuan rumah. Sedangkan Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur kualifikasi yang sangat terjal.

Mulai dari harus lawan Chinese Taipei atau Taiwan terlebih dahulu. Kemudian dihadang Nepal, Yordania dan Kuwait pada babak kualifikasi yang sangat menentukan.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di luar dugaan berhasil kalahkan Kuwait dan hanya kalah tipis dengan Yordania. Hasil itu yang menempatkan Timnas Indonesia berhak masuk Piala Asia.


2. Bawa Timnas Indonesia U-20 Lolos Piala Asia U-20

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong saat preskon usai pertandingan.

Terakhir, Shin Tae-yong juga berhasil membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023. Hasil itu tentu sebuah prestasi mengingat Timnas Indonesia U-20 jarang-jarang bisa masuk Piala Asia U-20.

Apalagi bermain di Piala Asia U-20 sangatlah penting bagi Timnas Indonesia U-20. Pasalnya itu bisa menjadi bagian dari persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

Kebetulan Timnas Indonesia U-20 memang akan bertanding di Piala Dunia U-20 2023 dengan status sebagai tuan rumah. Jadi masuk Piala Asia U-20 merupakan sebuah prestasi yang ditorehkan Shin Tae-yong.

Di luar kegagalan di Piala AFF 2022, sebenarnya Shin Tae-yong sudah melakukan banyak hal di Timnas Indonesia. Rasanya Shin Tae-yong pun layak dipertahankan PSSI, setidaknya hingga kontraknya berakhir.

PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yong

Berita Terkini