x

Selain Mykhaylo Mudryk, Ini 5 Pemain Asal Ukraina yang Telah Bermain di Liga Inggris

Kamis, 19 Januari 2023 11:59 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Mykhaylo Mudryk diperkenalkan sebagai pemain baru Chelsea (15/01/23). (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

INDOSPORT.COM - Chelsea baru saja merekrut Mykhaylo Mudryk dari Shakhtar Donetsk di awal 2023 ini. Otomatis, dia menjadi pemain asal Ukraina terbaru yang bermain di Liga Inggris.

Chelsea mengejutkan dunia dengan mendatangkan Mudryk dengan nilai transfer mencapai 100 juta euro. Jelas ini jadi hal dan kontra.

Baca Juga

Sebab, namanya tidak begitu tenar meski kemampuannya cukup mumpuni. Winger kiri ini sejatinya diincar Arsenal, tetapi akhirnya berhasil ditikung Chelsea.

Dengan harga fantastis tersebut, jelas Mudryk mendapat ekspektasi lebih dari klub barunya ini. Dia diharapkan bisa membawa The Blues ke arah lebih baik.

Selain Mudryk, berikut lima pemain asal Ukraina lainnya yang telah lebih dulu bermain di Liga Inggris.

Baca Juga

Oleksandr Zinchenko - Manchester City dan Arsenal

Manchester City mendatangkan Oleksandr Zinchenko dari Ufa, klub asal Rusia, pada Juli 2016. Sebulan kemudian, dia dipinjamkan ke PSV Eindhoven, klub asal Belanda, hingga Juni 2017. 

Setelah kembali ke Man City pada musim 2017-2018, bek kiri 26 tahun ini membuat 14 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga

Empat tahun menetap di Etihad, Zinchenko dibeli Arsenal pada Juli 2022 dengan harga 35 juta euro dan dikontrak hingga Juni 2026 nanti.

Kini, Zinchenko telah mencatatkan satu assist dalam 14 penampilannya bersama Arsenal di seluruh kompetisi musim ini.


1. Vitaliy Mykolenko - Everton

Bendera Ukraina. Foto: wikipedia

Vitaliy Mykolenko adalah pemain Ukraina terbaru di Liga Inggris sebelum kedatangan Mudryk pada awal 2023 ini.

Mykolenko didatangkan Everton dari Dynamo Kyiv, klub besar Ukraina, pada Januari 2022, dengan mahar sebesar 23,5 juta euro.

Gol pertamanya terjadi saat melakukan tendangan voli yang menakjubkan dalam kemenangan Everton 2-1 atas Leicester City.

Di sisi lain, Mykolenko dan Zinchenko sama-sama menangis saat Everton bertemu Man City di momen keluar dari terowongan menuju lapangan.

Baca Juga

Dengan bendera Ukraina, para pemain Man City juga mengenakan kaus bertuliskan bendera tanah air mereka dan tulisan 'No War'.

Sergiy Rebrov - Tottenham Hotspur dan West Ham United

Sergiy Rebrov adalah penyerang produktif Dynamo Kyiv di era 1990-an. Setelah delapan tahun bermain di sana, dia merantau ke Inggris pada Juli 2000 dengan begabung ke Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Di musim debutnya, Rebrov sukses mencetak 12 gol di semua kompetisi yang dilakoninya. Setelah dua setengah musim berjalan, dia dipinjamkan ke Fenerbahce, klub asal Turki.

Setelah peminjamannya berakhir pada Juni 2004, Rebrov lalu direkrut West Ham United sebulan kemudian. Pada Maret 2008, dia kembali bermain untuk Kyiv.


2. Oleg Luzhny - Arsenal dan Wolves

Aksi striker Dynamo Kyiv, Andriy Shevchenko, dalam pertandingan Liga Champions kontra Real Madrid, 17 Maret 1999.

Pada Juli 1999, Oleg Luzhny direkrut Arsenal dari Dynamo Kyiv untuk menggantikan Lee Dixon di bawah kepelatihan Arsene Wenger.

Bersama The Gunners, Luzhny sukses meraih satu gelar Liga Inggris, dua gelar Piala FA, dan dua gelar Community Shield.

Baca Juga

Setelah empat tahun berkarier bersama Arsenal, dia pindah ke Wolves pada Juli 2003. Semusim kemudian, dia pindah ke Venta Kuldigaa dan pensiun di klub Latvia itu pada Mei 2006.

Andriy Shevchenko - Chelsea

Andriy Shevchenko adalah pemain legendaris terbaik Ukraina. Namun, kariernya di Inggris justru jeblok jika dibandingkan dengan kariernya di klub lain.

Sebelum ke Chelsea pada Juli 2006, Shevchenko telah meraih masing-masing satu gelar Serie A, Piala Super UEFA, Coppa Italia, Suppercoppa Italia, dan trofi Ballon d'Or 2004.

Baca Juga

Tetapi setelah ke Chelsea, Shevchenko hanya meraih satu Piala FA saja. Catatan golnya saja hanya sembilan gol dalam 48 penampilannya di Liga Inggris.

Pada Agustus 2006, dia 'dikembalikan' ke Milan sebagai pinjaman semusim. Setelahnya, Shevchenko dilepas secara gratis ke klub masa kecilnya, Dynamo Kyiv.

ChelseaLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIABerita Liga InggrisMykhaylo Mudryk

Berita Terkini