x

Sukses Kalahkan Persija, Persis Solo Kirim Pesan ke Seluruh Kontestan Liga 1

Jumat, 20 Januari 2023 09:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan Persis Solo melawan Persija Jakarta di Maguwoharjo.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, menilai kemenangan atas Persija Jakarta punya arti penting. Laskar Sambernyawa sedang mengirimkan pesan kepada seluruh kontestan Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Gol tunggal Samsul Arif dalam laga pekan ke-19 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (19/1/23), sudah cukup untuk membuat Persis mengamankan tiga poin.

Gol itu menjadi pembeda, meski Persija membombardir gawang Muhammad Riyandi sepanjang pertandingan. Persis bertahan cukup baik untuk bisa menghalau setiap peluang tamunya.

Pelatih Leonardo Medina menilai kemenangan atas Persija Jakarta diraih dengan cara yang sulit. Timnya tak bermain seperti yang diharapkan.

"Laga ini sulit karena kami tak bermain seperti biasa. Ada perubahan, tapi yang penting kami bisa mencetak gol dan memimpin sampai akhir pertandingan," kata Leonardo Medina usai pertandingan.

Baca Juga

Pelatih asal Meksiko ini menyebut kemenangan atas Persija merupakan sebuah pesan bagi seluruh kontestan Liga 1. Persis Solo sudah menjadi tim yang berbeda.

"Kemenangan ini adalah sebuah pernyataan kepada semua tim di Indonesia bahwa Persis adalah tim yang tak mudah untuk dikalahkan," tuturnya.

Baca Juga

"Kami sudah berkembang. Kami bekerja keras untuk memenangi laga ini. Dalam tiga pertandingan terakhir, kami bisa mendapatkan tujuh poin. Inilah hal paling penting bahwa kami berkembang dan bekerja keras," imbuh Leonardo Medina.

Dalam laga ini, perubahan strategi coba dilakukan, terutama pada babak pertama saat Persija sangat dominan. Persis Solo cukup beruntung ketika tendangan Alfriyanto Nico Saputro tak menjadi gol. 

Baca Juga

1. Perjuangan Tim

Pertandingan Persis Solo melawan Persija Jakarta di Maguwoharjo.

Sepakan pemain asal Solo itu cuma menerpa mistar gawang sisi kiri, lalu deretan peluang Persija sukses digagalkan Muhammad Riyandi pada babak kedua. Tiga poin menjadi hadiah atas kerja keras dalam latihan dan selama pertandingan.

"Pada babak kedua kita ingin lebih pada penguasaan bola dan akhirnya Persis Solo berhasil melakukan itu dan mendapatkan kemenangan," cetus Leonardo Medina.

Dari catatan statistik Liga 1, Persis Solo menguasai 51 persen bola, berbanding 49 persen dari kubu Persija. Kubu tamu unggul dengan 24 tembakan, berbanding 11 dari kubu tuan rumah.

Secara terpisah, Muhammad Riyandi yang terpilih sebagai Man of The Match tak merasa berjuang sendirian untuk memenangi laga vs Persija Jakarta.

Baca Juga

Menurut kiper timnas Indonesia ini, seluruh elemen tim punya kontribusi untuk mengalahkan Persija. Ia mengakui laga ini sangat tidak mudah bagi Persis Solo

"Kita bersyukur bisa meraih hasil maksimal, seperti coach Leo bilang, ini laga yang tidak mudah, butuh kerja keras dan Alhamdulillah berkat kerja keras seluruh pemain pelatih, kita bisa menghasilkan tiga poin," papar Riyandi.

Tambahan tiga poin ini membuat posisi Persis Solo tetap di peringkat ke-12. Namun, koleksi 23 poin sama dengan PSIS Semarang dan Persikabo 1973 yang ada di atasnya.

Baca Juga

Selanjutnya, Persis Solo akan menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Senin (23/1/23). Mereka tak akan diperkuat Muhammad Shulton Fajar karena terkena kartu kuning dalam laga melawan Persija. 

Kartu kuning tersebut merupakan yang keempat di Liga 1 2022-2023 dan artinya Shulton harus absen satu laga terdekat, yakni melawan Persikabo 1973.

Persija JakartaPersis SoloLiga IndonesiaMuhammad RiyandiLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballLeonardo Medina Arellano

Berita Terkini