x

Antisipasi Penundaan, LIB Hilangkan Jadwal Pertandingan Liga 1 Pada Malam Hari

Sabtu, 28 Januari 2023 20:54 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Anggota Komisaris LIB Roofi Ardian, Komisaris Utama Juni Rahman, Dirut LIB Ferry Paulus, Dirut Operasional Sudjarno pada jumpa pers hasil RUPS PT LIB di Hotel Sultan, Selasa (15/12/22).

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Kompetisi Liga 1 2022/2023 menetapkan jadwal baru di sisa pertandingan kompetisi musim ini. LIB tidak lagi menggelar laga pada malam hari.

Keputusan itu diambil setelah LIB lakukan club meeting yang diikuti para manajer dan ketua panpel Liga 1 pada Jumat (27/01/23). Agenda meeting yang digelar secara virtual itu juga sebagai bagian evaluasi penyelenggaraan kompetisi telah menyelesaikan pekan ke-20.

Pada virtual meeting kemarin, seluruh jajaran direksi LIB ikut hadir, di antaranya Ferry Paulus (Direktur Utama), Munafri Arifuddin (Direktur) dan Sudjarno (Direktur Operasional), serta seluruh perwakilan klub Liga 1.

Baca Juga

Direktur Utama LIB, Ferry Paulus menjelaskan, pihaknya akan menyusun jadwal baru untuk kelanjutan Liga 1 2022 yang akan disesuaikan dalam dua waktu kick off, yakni pukul 15.00 WIB dan 17.00 WIB. Hal itu mulai diterapkan pada pekan ke-21 yang dimainkan hari ini, Sabtu (28/01/23).

"Kami menggelar virtual meeting dengan manajer dan panpel klub Liga 1 untuk melakukan evaluasi dan menampung ide, masukan dan terobosan-terobosan baru dalam penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2022/2023," ungkap Direktur Utama LIB, Ferry Paulus.

Baca Juga

Dikatakan Ferry, keputusan untuk merancang jadwal kick off pada sore hari diambil setelah pihaknya melakukan analisa beberapa jadwal pertandingan sebelumnya.

LIB juga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, sehingga terobosan itu direalisasikan agar gelaran Liga 1 2022/2023 bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

Baca Juga

1. Berpatokan Pada Perpol

Menpora Zainudin Alami didampingi Ferry Paulus (Direktur Utama LIB) & Yoyok Sukawi (Exco) di Stadion Jatidiri Semarang.

LIB juga berpatokan pada Perpol nomor 10 tahun 2022 yang mengatur tentang pertandingan sepak bola dan olahraga lainnya.

"Prinsipnya dalam menggelar pertandingan Liga 1 2022/2023, kami menyesuaikan dengan penerapan Perpol nomor 10 tahun 2022. Karena itu koordinasi dengan pihak kepolisian dan stake holder terkait, terus kami lakukan," jelas Ferry Paulus. 

"Mudah-mudahan ke depannya, semua bisa bergulir sesuai dengan yang diinginkan bersama,” tambahnya.   

Baca Juga

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 2022/2023 telah menggelar 177 pertandingan. Beberapa laga sempat mengalami penundaan karena masalah keamanan dan lainnya.

Situasi itu membuat klub merugi karena menyangkut kontrak dengan sponsor. Karenanya, LIB berusaha mencarikan jalan terbaik untuk klub peserta.

Baca Juga

"Tidak kalah penting LIB juga melindungi aset-aset bisnis teman-teman klub supaya ada kepastian terkait jam tayang. LIB mengapresiasi kepada teman-teman klub terutama panpel dan manajer klub yang selalu all out untuk menyelesaikan satu pertandingan ke pertandingan berikutnya," pungkas Ferry Paulus.

Penetapan jadwal baru mulai diberlakukan hari ini atau pekan ke-21. Laga Persita Tangerang vs Persis Solo yang harusnya dimainkan pukul 18:30 WIB kemudian digeser ke sore hari, pukul 15:00 WIB.

Baca Juga
Ferry PaulusLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)

Berita Terkini