x

5 Duel Guru vs Murid di Sepak Bola, Salah Satunya Terjadi di Liga Indonesia

Senin, 30 Januari 2023 02:21 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pelatih Dewa United, Nilmaizar dan pemain, Feby Eka jelang lawan RANS Nusantara FC. Foto: Dewa United

INDOSPORT.COM - Terdapat duel guru vs murid dalam sepak bola dunia. Salah satunya yang baru saja terjadi adalah Pep Guardiola vs Mikel Arteta dalam laga Manchester City vs Arsenal. 

Guru dan murid memang selalu punya ikatan yang spesial, karena berbeda dengan ikatan orang tua dan anak sendiri. 

Baca Juga

Bahkan tidak jarang jika murid mampu melampaui pencapaian sang guru, yang mana itu juga sering terjadi di sepak bola dunia. Beberapa duel di sepak bola juga pernah menyuguhkan tontonan yang melibatkan guru vs murid. 

Guru di sini berbeda dengan artian harafiahnya, melainkan sosok yang mengajarkan tentang sepak bola, cara melatih, baik skema permainan, formasi, taktik dan mengatur tim. 

Seperti Pep Guardiola yang kita kenal sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Tentu, dia pernah menularkan, sengaja atau tidak, ilmunya kepada para mantan pemainnya. 

Baca Juga

Menarik untuk dibahas, di bawah ini sudah INDOSPORT rangkum 5 duel guru vs murid yang terjadi di lapangan sepak bola. Simak selengkapnya. 

5. Pep Guardiola vs Mikel Arteta

Jalinan hubungan Pep Guardiola dan Mikel Arteta terasa begitu spesial, karena selama empat setengah musim, pelatih yang sekarang melatih Arsenal pernah jadi asisten pelatih di Manchester City. 

Tentu saja, selama itu pula, Arteta belajar banyak hal bagaimana menjadi seorang pelatih yang didengarkan para pemainnya dari Pep Guardiola. 

Baca Juga

Pada 2019 lalu, Arteta akhirnya mengambil langkah besar yakni keluar dari Man City dan menjadi manajer Arsenal. Beberapa kali dia tercatat sudah pernah menghadapi gurunya itu.

Bersama Arsenal, Arteta sudah melawan Manchester City asuhan Guardiola sebanyak 7 kali. Namun sang murid baru mencatat sekali kemenangan dan selebihnya kalah. 


1. 4. Julian Nagelsmann vs Thomas Tuchel

Thomas Tuchel saat laga final Liga Champions antara Manchester City vs Chelsea

Thomas Tuchel pernah diakui oleh Julian Nagelsmann sebagai penolongnya. Setelah karirnya berakhir karena cedera lutut, Tuchel memang membuka pintu untuk Nagelsmann sebagai pelatih. 

Banyak yang belum tahu, bahwa ketika cedera lutut mengakhiri karir Nagelsmann, Tuchel orang pertama yang menawarkannya masuk jajaran staf pelatih sebagai tim scouting. 

Baca Juga

Berawal dari kesempatan itu, Nagelsmann pun mulai mempelajari dunia kepelatihan secara serius, hingga dirinya ditunjuk sebagai pelatih kepala Hoffenheim pada 2015. 

Di musim pertamanya sebagai pelatih kepala, Nagelsmann berhadapan dengan Tuchel yang kala itu melatih Borussia Dortmund. 

Total, Tuchel dan Nagelsmann sudah berhadapan sebanyak 6 kali, dengan empat kemenangan berpihak pada sang guru, imbang sekali dan satu kemenangan untuk sang murid. 

Baca Juga

3. Mircea Lucescu vs Andrea Pirlo

Andrea Pirlo memang sosok legendaris di sepak bola Italia. Namun bagi Mircea Lucescu, gelandang legendaris itu adalah muridnya di dunia sepak bola. 

Ketika usia Pirlo masih 16 tahun, Lucescu orang pertama yang memberinya kesempatan untuk tampil di skuat senior Brescia. 

Saat Lucescu melatih Inter Milan pada 1998, dia kembali melatih Pirlo. Namun sekarang keduanya sama-sama menjalani profesi sebagai pelatih. 

Baca Juga

Lucescu sekarang melatih Dynamo Kiev sejak musim panas 2020, sementara Pirlo sempat melatih tim senior Juventus, yang sekarang membela klub Turki Karagumruk. 

Keduanya ternyata pernah bertemu dalam satu pertandingan Liga Champions, ketika Dynamo Kiev berhadapan dengan Juventus. Ini merupakan pertemuan pertama untuk guru dan murid sebagai pelatih. 


2. 2. Emral Abus dan Nilmaizar

Pelatih Sriwijaya FC, Nilmaizar.

Ternyata duel guru vs murid pernah terjadi di Liga Indonesia, yang mana bisa kita lihat antara Emral Abus dan Nilmaizar. 

Keduanya saling berduel menunjukkan racikan strategi terbaiknya kala Persib Bandung menghadapi Semen Padang di laga lanjutan Liga 1 2017. 

Emral Abus kala itu mengakui bahwa Nilmaizar adalah muridnya sejak menjadi pemain hingga menjadi pelatih. Dia juga tidak lupa memberikan pujian kepada pelatih asal Sumatera Barat itu.

Baca Juga

1. Jose Mourinho vs Frank Lampard

Tidak bisa dipungkiri, Jose Mourinho punya peran krusial dalam perjalanan karir Frank Lampard yang melegenda. Gelandang legendaris Inggris itu memang jadi andalan kala Mourinho melatih Chelsea di periode pertama. 

Setelah bertahun-tahun terlewati, Lampard kini menjadi pelatih kepala dan pernah berhadapan dengan gurunya, yakni Jose Mourinho. 

Terjadi pada 2020 lalu, ketika Lampard melatih Chelsea yang berhadapan dengan Mourinho yang membesut Tottenham Hotspur di ajang Liga Inggris.

Frank LampardJose MourinhoPep GuardiolaMikel ArtetaLiga InggrisLiga ItaliaBola InternasionalLiga Indonesia

Berita Terkini