x

Teranyar Egy Maulana Vikri, Intip Pemain Lokal Eks Liga Asing yang Kini Berkarier di Indonesia

Senin, 30 Januari 2023 17:55 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Sebelum Egy Maulana Vikri ke Dewa United, sudah ada beberapa pemain lokal lain yang pernah main di luar negeri dan kini merumput di Liga 1 Indonesia.

INDOSPORT.COM – Sebelum Egy Maulana Vikri ke Dewa United, sudah ada beberapa pemain lokal lain yang pernah main di luar negeri dan kini merumput di Liga 1 Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Seperti diketahui sebelumnya, kejutan di paruh kedua Liga 1 musim 22/23 terjadi setelah bintang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri resmi memperkuat tim lokal Dewa United.

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Dewa United melalui unggahan di akun resmi Instagram, Senin (30/01/23).

Bersama Dewa United, nantinya Egy Maulana Vikri akan akan mengenakan nomor punggung 19 dan berjuang membantu klub barunya menjauhi zona papan bawah.

Sebelum bergabung dengan Dewa United, nama Egy Maulana VIkri sempat jadi perbincangan para pecinta sepak bola Tanah Air lantaran sukses mentas di kasta tertinggi Liga Polandia bersama Lechia Gdansk musim 2018 lalu.

Baca Juga

Selama lima tahun, Egy Maulana Vikri yang kini masih berusia 22 tahun tersebut sudah rasakan atmosfer kompetisi Eropa dengan memperkuat berbagai klub seperti Lechia Gdansk, FK Senica serta ViOn Zlate Moravce.

Kini dengan hengkangnya Egy Maulana Vikri ke Dewa United, kian memperpanjang daftar pemain lokal eks kompetisi asing yang putuskan pulang ke Tanah Air sepanjang era Liga 1.

Baca Juga

Lantas siapa sajakah mereka? Untuk lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Ryuji Utomo
Nama pertama adalah Ryuji Utomo. Pemain kelahiran Jakarta ini dianggap sebagai salah satu bek terbaik milik Indonesia lantaran sukses berkarier di sejumlah kompetisi luar negeri.

Tercatat ada tiga klub asing yang pernah diperkuat Ryuji Utomo, mulai dari Al-Najma (Bahrain), PTT Rayong (Thailand) serta Penang (Malaysia).

Dengan pengalaman tampil di kompetisi luar negeri tersebut, pada tahun 2017 secara mengejutkan Ryuji Utomo memutuskan hengkang ke Indonesia dan bergabung bersama Persija Jakarta.

Kini, Ryuji Utomo yang pernah catatkan tiga caps bersama Timnas Indonesia tersebut masih bermain di Liga 1 dengan memperkuat Bali United.

Baca Juga

1. Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu Saat Berlatih Bersama Newcastle Jets

Berikutnya adalah Syahrian Abimanyu. Gelandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ini pernah tampil di luar negeri dengan memperkuat Johor Darul Ta'zim (Malaysia) serta Newcastle Jets (Australia).

Namun faktor cedera membuat Abimanyu gagal dapatkan banyak menit bermain, hingga akhirnya pada 2022 lalu sang pemain resmi direkrut Persija dan jadi bagian skuad Macan Kemayoran di Liga 1.

Todd Rivaldo Ferre
Berikutnya adalah Todd Rivaldo Ferre. Sangat jarang ada pemain asal Papua yang mau mentas di luar negeri, namun penyerang kelahiran Jayapura berhasil menghapus stigma tersebut.

Todd Rivaldo Ferre sempat memperkuat klub Thailand, Lampang FC dengan status pinjaman dan mampu catatkan 12 pertandingan dalam setengah musim.

Meski tampil gemilang di Thailand, namun Todd Rivaldo Ferre tak mendapat perpanjangan kontrak dan akhirnya kembali ke Liga 1 bersama Persipura.

Baca Juga

Brylian Aldama
Sebelum memperkuat Persebaya pada musim ini, Brylian Aldama sempat bermain untuk tim Kroasia, HNK Rijeka.

Namun sayangnya, Brylian Aldama gagal melakukan debut resmi di tim senior dan lebih banyak tampil untuk tim muda serta sempat dipinjamkan ke Pomorac 1921 yang mentas di kasta ketiga Liga Kroasia.

Baca Juga

Andik Vermansah
Nama Andik Vermansah sempat jadi buah bibir para pecinta sepak bola Tanah Air lantaran bakatnya yang dianggap berada di atas rata-rata pemain Indonesia.

Bahkan Andik Vermansah sempat lima tahun berada di luar negeri dengan memperkuat klub Selangor FC dan Kedah FA di kasta teratas Liga Malaysia.

Total ada 130 pertandingan yang telah dimainkan Andik Vermansah selama berkarier di liga negeri Jiran. Namun pada 2019 lalu, Andik Vermansah memutuskan pulang kampung dan memperkuat Madura United.

Kini, pemain berusia 31 tahun tersebut masih mentas di Liga 1 dengan memperkuat Bhayangkara FC.

Baca Juga

2. Achmad Jufriyanto

Ahmad Jufriyanto berseragam Kuala Lumpur FA

Memiliki postur tubuh tinggi kekar, Achmad Jufriyanto sempat jadi bek idaman sejumlah klub besar Tanah Air.

Bahkan pada tahun 2018 silam, Achmad Jufriyanto sempat dilirik klub ibukota Malaysia, Kuala Lumpur FA yang merupakan peserta Malaysia Super League atau kasta tertinggi Liga Malaysia.

Selama semusim, Achmad Jufriyanto berhasil catatkan 21 pertandingan di semua kompetisi buat Kuala Lumpur FA.

Namun di tahun 2019, Achmad Jufriyanto memutuskan kembali ke Liga 1 dan memperkuat Persib Bandung yang bertahan sampai saat ini.

Dedi Kusnandar
Terakhir adalah Dedi Kusnandar. Gelandang andalan Persib Bandung di Liga 1 musim ini tersebut, juga sempat menarik perhatian klub asing.

Tepatnya pada musim 2016 silam, di mana Dedi Kusnandar resmi bergabung dengan Sabah FA yang tampil di kasta tertinggi Liga Malaysia.

Hanya semusim Dedi Kusnandar tampil di Malaysia dan mampu torehkan 21 pertandingan plus catatan 3 gol di semua kompetisi.

Di tahun 2017, Dedi Kusnandar kembali ke Liga 1 Indonesia dan memperkuat klub lamanya yakni Persib hingga sekarang.

Egy Maulana VikriBakat Muda IndonesiaLiga 1Perjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriDewa United FC

Berita Terkini