x

Target LaNyalla Mattalitti untuk Timnas Indonesia Jika Terpilih Jadi Ketum PSSI

Rabu, 1 Februari 2023 16:28 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Mantan ketua umum PSSI, La Nyalla Mattalitii resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum PSSI periode 2023-2027.

INDOSPORT.COM - Bakal Calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menginginkan kejayaan Timnas Indonesia di segala usia, saat ia menjabat sebagai orang nomor satu di sepak bola Tanah Air tersebut. 

LaNyalla Mattalitti memang kembali maju sebagai Calon Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027.

Maju sebagai Calon Ketua Umum PSSI, LaNyalla pun memiliki beberapa program. Terutama untuk Timnas Indonesia.
Ketua Dewan Perwakilan Daerah ini ingin Timnas Indonesia meraih sukses di segala kategori umur.

"Sepakbola Indonesia, selalu dalam kesulitan, 10 tahun terakhir, seperti tidak menemukan jalan keluar. Publik ingin revolusi, bisa dimengerti, namun sebenarnya solusi itu ada di depan mata," tegas LaNyalla.

Bukan bualan belaka, LaNyalla telah merencanakan segalanya agar Timnas Indonesia bisa mencapai hasil terbaik di segala kejuaraan. 

Baca Juga

Target awal LaNyalla membawa Timnas melangkah ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 yang pertandingannya akan dimulai pada bulan Maret 2023 dan merebut emas pada SEA Games 2023 yang akan dilaksanakan tanggal 5 Mei 2023.

"Yang pertama saya akan menyiapkan segalanya agar Timnas Indonesia bisa lolos babak kedua kualifikasi World Cup 2026. Lalu, bisa merebut emas pada SEA Games 2023. Serta tampil gemilang dan juara di AFF Champions 2024/25 nanti. Insya Allah."

Baca Juga

Kita akan jadi pemenang, Timnas harus mendapatkan sentuhan teknis maupun spritual yakni jangan lepas beribadah kepada Allah," jelas LaNyalla.

Diketahui, kurang lebih dua pekan lagi, Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang mengagendakan penunjukkan kepengurusan baru termasuk pemilihan Ketua Umum PSSI akan berlangsung. 

Baca Juga

1. 5 Calon Ketum PSSI

Mantan ketua umum PSSI, La Nyalla Mattalitii resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum PSSI periode 2023-2027.

Setidaknya ada lima calon ketua umum yang sudah mendaftar untuk pemilihan yang akan dilakukan pada KLB PSSI, 16 Februari 2023, mendatang. 

Salah satu kandidat kuat yang diprediksi akan menggantikan peran Mochamad Iriawan sebagai Ketua Umum PSSI adalah AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. 

Ya, pria yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu memiliki segudang pengalaman di dunia olahraga khususnya sepak bola. 

LaNyalla berperan sangat penting di PSSI periode 2011 hingga 2016. Berkat sentuhannya, ia dianggap menjadi penyelamat sepak bola nasional kala terjadi dualisme yang berujung pada pembekuan dari FIFA.

Selain itu, saat berada di PSSI, LaNyalla sukses membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013. Kala itu, LaNyalla menjabat sebagai Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sepak Bola Indonesia. 

Baca Juga

LaNyalla juga telah membeberkan tujuh langkah untuk membesarkan sepak bola Indonesia jika nanti ia terpilih menjadi Ketum PSSI periode 2023-2027. 

Tujuh langkah LNM (LaNyalla Mattalitti) itu di antaranya yakni, pertama Technical Development. LaNyalla menginginkan peningkatan kualitas pemain, pelatih, wasit yang nantinya berujung pada kualitas pertandingan/kompetisi. 

Baca Juga

Kedua, Club Empowerment. LaNyalla yang kini menjabat Ketua DPD RI itu menginginkan klub harus tumbuh menjadi kuat dan mandiri, mengambil peran dalam peningkatan kualitas sepak bola. 

Ketiga, Professional League. Langkah ini diharapkan liga atau kompetisi lebih profesional dengan mandiri, progressive dan bersaing di level asia. 

Empat, National Team (Indonesia, pemenang). Lima, Business Development (money follow quality, pengembangan kapasitas bisnis di semua lini sepak bola). 

Baca Juga

Enam, Financial Stability. LaNyalla ingin  keuangan yang rasional, stabil dan tumbuh, khususnya di level klub. 

Terakhir, Football Industry. LaNyalla ingin ekosistem yang baik, menjadikan industri sepak bola berkontribusi bagi perekonomian nasional.

Dengan menerapkan tujuh langkah LNM tersebut, LaNyalla berharap sepak bola Tanah Air bisa tumbuh mandiri dan berkembang. 

"Mengurus PSSI itu tidak perlu banyak teori, saya meletakkan visi dan gagasan, tim ahli saya menterjemahkan. 7  langkah LNM akan membuat sepak bola Indonesia menjadi pemenang, "tegas LaNyalla. 

PSSILanyalla MattalittiTimnas IndonesiaLiga Indonesia

Berita Terkini