x

Terkuak! Kapten Timnas Wanita, Shafira Ika Putri Ternyata Pernah jadi Atlet Bulutangkis

Sabtu, 4 Februari 2023 13:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Shafira Ika Putri saat berlatih bersama Persis Solo Women. Foto: Instagram@shafiraikaputri13

INDOSPORT.COM - Kapten Timnas Wanita Indonesia, Shafira Ika Putri ternyata pernah menjadi atlet bulutangkis, sebelum banting setir ke dunia sepak bola.

Sebagaimana diketahui, Shafira Ika Putri adalah salah satu ikon sepak bola wanita di Indonesia. Selain wajahnya yang menawan, kemampuannya di lapangan juga memukau.

Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) mengupas profil Shafira Ika Putri Kartini, pemain sepak bola wanita yang lahir tepat di Hari Kartini, pada 21 April 2003 lalu.

ASBWI mengungkapkan bahwa Shafira atau yang akrab disapa Ika, sudah gemar dengan olahraga sejak ia berumur 11 tahun, pada saat duduk di bangku sekolah dasar.

"Awalnya Ika adalah atlet badminton, kemudian ia berhenti karena mengalami cedera pada pergelangan tangan," tulis akun Instagram ASBWI.

Baca Juga

Meski mengalami cedera, Shafira Ika Putri tetap tertarik berolahraga. Melihat sang adik menjajal sepak bola, Ika pun ikut memainkan si kulit bundar.

Tak tanggung-tanggung, Shafira Ika Putri tercatat sebagai pemain di Sekolah Sepak Bola (SSB), padahal kawan-kawan yang berlatih di sana adalah laki-laki semua.

Baca Juga

Faktanya, sama seperti pesepak bola wanita lainnya, Shafira juga awalnya sulit mendapatkan restu orang tua untuk lanjut berkarir sebagai atlet, terutama sang ibu.

Namun, berkat kegigihannya mengikuti banyak turnamen dan talent scouting, bakat Shafira pun tercium hingga ia masuk Timnas Wanita Indonesia.

Pencapaian itu adalah tiket mutlak bagi Shafira untuk mendapatkan restu orang tua, menjadi pesepak bola wanita profesional.

Baca Juga

1. Shafira Ika Bicara Soal jadi Selebgram

Shafira Ika Putri saat berlatih bersama Persis Solo Women. Foto: Instagram@shafiraikaputri13

Shafira Ika Putri sudah langganan masuk Timnas sejak belia. Dia tergabung di Timnas Putri U-16 di Piala AFF 2018, Timnas Putri di SEA Games 2019, dan Kualifikasi Piala Asia 2022.

Teranyar, pemain yang berani merantau dari Sumatera sejak usia muda itu juga didapuk menjadi kapten di Piala AFF Wanita 2022.

Selain membela Timnas, Shafira Ika Putri pernah memperkuat tim Arema Putri. Dia sebelumnya juga pernah bermain di HBS Persebaya, hingga Persikabo 1973 Putri.

Saat ini, Shafira tercatat sebagai pemain Persis Solo Women. Meski Liga 1 Putri tak kunjung digelar, ia tetap berlatih rutin.

Di samping sepak bola, Shafira Ika Putri juga menerima banyak endorsement, mengingat ia punya basis fans yang cukup besar di media sosial, khususnya Instagram.

Baca Juga

Shafira Ika Putri mengaku profesi sebagai 'selebgram' adalah sampingan, yang utama tetap sepak bola, yang sudah membesarkan namanya hingga bisa berseragam Garuda.

"Sebenarnya fokus saya hanya sebagai atlet awalnya, namun di Indonesia, liga belum bergulir," ungkap Shafira Ika Putri.

Baca Juga

Saat ditanya soal aktivitasnya menerima banyak endorsement dan tawaran iklan di media sosial, Shafira Ika Putri mengaku jika itu adalah hal positif dan tidak menganggu.

"Saya lebih menunjukkan bahwa wanita bisa melakukan banyak hal positif lainnya," lanjut pesepak bola berusia 19 tahun tersebut.

"Jadi ya, saya senang melakukan apa saja, asal bisa membagi waktu dan tetap fokus," ujar Shafira saat ditanya tentang aktivitas endorsement di media sosial Instagram.

Baca Juga
Liga IndonesiaTimnas Wanita IndonesiaBulutangkisShafira Ika PutriTimnas Indonesia Putri

Berita Terkini