x

Todd Ferre Ngaku Kena Rasis di Laga Barito Putera vs PSS Sleman, Bayu Pradana Klarifikasi

Sabtu, 4 Februari 2023 14:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Gelandang Persib, Dedi Kusnandar terjatuh setelah berduel dengan winger PSS, Todd Rivaldo Ferre. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Todd Rivaldo Ferre mengaku mendapat ucapan rasis, dalam laga Liga 1 2022-2023 antara Barito Putera vs PSS Sleman, Selasa (31/01/23) petang.

Kala itu, Barito Putera menjamu PSS Sleman di Stadion Demang Lehman, Martapura, dan mencapai skor akhir 1-2 untuk kemenangan Super Elang Jawa.

Meski menang, sejatinya PSS Sleman bermain dengan sepuluh orang saja, sejak Todd Rivaldo Ferre mendapat kartu merah dan ditarik keluar pada menit ke-79.

Todd Rivaldo Ferre melakukan pelanggaran keras dengan memukul sang kapten Barito Putera, Bayu Pradana di bagian bawah mulut.

Lewat media sosial Instagram PSS Sleman, Jumat (03/02/23), Todd Ferre menyampaikan permintaan maaf, sekaligus ia menuturkan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan.

Baca Juga

Pesepak bola asal Papua itu mengaku mendapat ucapan rasis dari sang kapten Barito Putera, sehingga saat itu seketika ia naik pitam dan memukul lawannya tersebut.

"Saya meminta maaf pada tim pelatih, rekan satu tim dan PSS Fans atas kejadian kartu merah yang saya dapatkan saat tim PSS berhadapan dengan Barito Putera."

"Di mana kejadian tersebut sangat berpotensi untuk merugikan tim, dan membuat kondisi di lapangan menjadi kurang kondusif," ungkap Todd Ferre.

Baca Juga

"Akan tetapi, kejadian yang saya dapatkan di lapangan, saya mendapatkan perkataan rasis yang membuat saya emosi dan lepas kontrol."

"Walaupun begitu, tindakan yang saya lakukan sangat tidak dibenarkan. Namun, kita harus tetap melawan segala bentuk rasisme di sepak bola. Stop rasisme di sepak bola Indonesia," ungkap Todd.

Baca Juga

1. Klarifikasi Bayu Pradana

Bayu Pradana, gelandang Barito Putera. Foto: MO Barito Putera

Mendengar ungkapan Todd Rivaldo Ferre di media sosial Instagram, yang mengaku telah mendapat perlakuan rasis, membuat Bayu Pradana langsung angkat suara.

Lewat Instagram Barito Putera, Bayu Pradana juga membuat klarifikasi pada Sabtu (04/02/23). Ia mengaku sama sekali tak melayangkan ucapan rasis pada Todd.

"Saya menanyakan pada Todd dengan nada sedikit emosi, Todd ko gimana, lalu mungkin Todd terpancing emosi menyebutkan apa."

"Kita adu mulut, bilang apa, saya juga jawab apa. Kita semakin dekat, lalu Todd memukul mulut saya," klarifikasi dari Bayu Pradana.

"Jadi, tentang statement saudara saya Todd Ferre tentang rasisme itu, itu sangat tidak benar," tegas sang kapten Barito Putera.

Baca Juga

Bayu Pradana menegaskan jika wasit ada di antara ia dan Todd Ferre. Sehingga, tidak mungkin ia mengucapkan perkataan rasis.

Bahkan, Bayu berani mempertaruhkan masa depan karier sepak bolanya, andai ia terbukti melayangkan perkataan rasis pada Todd Ferre dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga

"Dalam pertandingan itu, dalam kejadian itu, saya tidak sedikit pun mengungkap kata rasisme yang tertuju kepada Todd Ferre."

"Dalam kejadian itu pun wasit berdiri tepat di depan saya, di antara saya dengan Todd Ferre," ungkap Bayu Pradana via Instagram.

"Saya pun berani mempertaruhkan karier sepak bola profesional saya, apabila saya terbukti mengucapkan kata rasis yang tertuju pada saudara saya Todd Ferre."

Laga ketat antara PSS Sleman vs Barito Putera pada pekan ke-21 Liga 1 sendiri berhasil dimenangkan oleh tim tamu dengan skor tipis 1-2.

Baca Juga
Barito PuteraPSS SlemanBayu PradanaLiga IndonesiaLiga 1Todd Rivaldo FerreBerita Liga 1

Berita Terkini