x

3 Fakta Usai Laga PSM vs Barito Putera: Juku Eja Super Comeback, Pluim Mempesona

Kamis, 9 Februari 2023 18:41 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Sejumlah fakta menarik terjadi selepas laga sengit Liga 1 antara PSM Makassar vs Barito Putera pada Kamis (09/02/23) sore WIB tadi.

INDOSPORT.COM – Sejumlah fakta menarik terjadi selepas laga sengit Liga 1 antara PSM Makassar vs Barito Putera pada Kamis (09/02/23) sore WIB tadi.

Bertanding di Stadion Gelora B.J. Habibie, sang tuan rumah PSM Makassar mampu amankan poin penuh saat menjamu Barito Putera di pekan ke-23 Liga 1 22/23.

Sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Bayu Pradana pada menit ke-18’, namun PSM Makassar mampu bangkit dan menyamakan kedudukan lewat lesakkan Yakob Sayuri menit 28’,

Pada babak kedua, PSM semakin tampil beringas dan berhasil cetak tiga gol balasan yang masing-masing dibuat Ramadhan Sananta (70’) serta brace Wiljan Pluim menit 75’ dan 77’.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 4-1 untuk kemenangan PSM Makassar tetap bertahan dan membuat skuad Juku Eja berhasil amankan poin penuh pekan ini.

Baca Juga

Dengan tambahan tiga angka, membuat PSM mengkudeta Persib Bandung di puncak klasemen dengan total 47 poin.

PSM unggul dua angka dari Persib di tempat kedua, namun Maung Bandung masih bisa menyalip peringkat teratas lantaran memiliki dua pertandingan tunda.

Baca Juga

Sementara itu, kekalahan yang dialami Barito Putera pada sore hari ini membuat mereka masih tertahan di peringkat 16 dengan koleksi 19 poin.

Barito Putera hanya unggul dua angka dari Persik yang jadi penghuni dasar klasemen, serta selisih 25 poin dari Persikabo yang menempati urutan 15.

Selepas laga sengit PSM vs Barito Putera sore hari tadi, terdapat sejumlah fakta serta catatan menarik yang tersaji terutama dari kubu Juku Eja sebagai pemenang.

Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Brace Terbanyak Pluim

Pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs PSM Makassar di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (03/02/23).

Catatan pertama adalah rekor brace atau dua gol dalam satu laga yang dibuat Wiljan Pluim.

Seperti diketahui, Wiljan Pluim mencetak dua gol untuk PSM sore ini pada menit 75’ dan 77’.

Dengan tambahan dua gol tersebut, total Wiljan Pluim sudah mencetak 6 gol dan memberikan 6 assists dari total 16 pertandingan di Liga 1 musim ini.

Selain itu, tambahan brace yang dibuat melawan Barito Putera sore tadi, merupakan torehan dua gol dalam satu laga terbanyak yang pernah dilakukan Wiljan Pluim buat PSM selama era Liga 1.

Brace pertama Wiljan Pluim di Liga 1 terjadi pada musim 2017, tepatnya saat membantu PSM menang 5-1 atas Gresik United.

Baca Juga

Epic Comeback Ketiga di Liga 1 2022/23
Fakta menarik berikutnya adalah, kebiasaan PSM yang mampu comeback dan raih kemenangan meski sempat tertinggal lebih dulu sepanjang Liga 1 musim ini.

Sebelum epic comeback dan menang telak 4-1 atas Barito Putera sore tadi, tercatat PSM juga sudah dua kali raih kemenangan walau tertinggal lebih dulu.

Baca Juga

Epic comeback pertama di terjadi pada pekan ke-4 Liga 1 22/23 hari Senin (15/08/22) lalu.

Di pertandingan tersebut, PSM menang 1-2 atas RANS Nusantara setelah tertinggal dulu lewat gol Mitsuru Maruoka.

Sementara epic comeback kedua terjadi pada pekan ke-21, Senin (30/01/23). Lagi-lagi, RANS Nusantara FC jadi korban keganasan PSM Makassar usai menang 3-1, setelah sebelumnya kebobolan lewat aksi Ikhsan Nul Zikrak pada menit ke-29’.

Baca Juga

2. Pemain Lokal Termuda dengan Gol Terbanyak

Selebrasi penyerang belia PSM Makassar, M Ramadhan Sananta, setelah mencetak gol keduanya ke gawang Persib Bandung pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2022/23

Terakhir adalah catatan gol yang dibuat Ramadhan Sananta pada menit ke-70’ ke gawang Barito Putera yang dikawal Banua Norhalid.

Dengan gol yang dibuatnya tersebut, membuat Ramadhan Sananta jadi pemain asli Indonesia termuda yang mampu torehkan gol diatas 5 musim ini.

Dilansir dari laman Transfermarkt, disebutkan bahwa Ramadhan Sananta sudah mencetak 7 gol dari total 13 pertandingan bersama PSM musim ini.

Jumlah tersebut merupakan torehan gol terbanyak yang mampu diciptakan pemain asli kelahiran Indonesia.

Selain Ramadhan Sananta, ada juga striker Arema FC yakni Dedik Setiawan (28 tahun) yang menjadi predator lokal asli Indonesia dengan torehan 7 gol di Liga 1 22/23 sejauh ini.

Barito PuteraPSM MakassarLiga 1

Berita Terkini