x

PSSI Pastikan 3 Pemain Keturunan Ini Tak Bisa Ikut Piala Asia U-20 2023, Telat?

Kamis, 9 Februari 2023 13:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Indra Sjafri soal melatih Timnas U-23 di SEA Games 2022.

INDOSPORT.COM - Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri, menyampaikan kabar buruk terkait tiga pemain keturunan untuk timnas Indonesia U-20.

Baik Justin Hubner, Ivar Jenner, maupun Rafael Struick kemungkinan tak bisa didaftarkan ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang.

Diketahui, tiga pemain tersebut telah menjalani proses naturalisasi. Ketiga telah datang ke Indonesia dan melakukan tes fisik, psikologi, hingga wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN).

Akan tetapi, hingga kini belum diketahui secara pasti kapan ketiga nama tersebut menjalani sumpah WNI. Berkas ketiganya baru diserahkan PSSI ke Kemenpora untuk ditindaklanjuti.

"Saya belum bisa jawab. Dia bisa ikut (Piala Asia U-20) kalau status kewarganegaraannya berganti. Setelah itu, perpindahan asosiasi selesai baru bisa ikut," kata Indra Sjafri, Rabu (8/2/23).

Baca Juga

Meski berusia di bawah 21 tahun, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick harus menjalani proses naturalisasi seperti biasa. 

Mereka berbeda dengan Elkan Baggott yang hanya perlu memilih WNI karena punya dua paspor (merujuk pada undang-undang nomor 12 tahun 2006).

Baca Juga

Untuk bisa jadi WNI, Justin, Ivar dan Rafael harus menunggu berkasnya diverifikasi di Kemenpora dan Kemenkumhan, lalu dibahas di rapat kerja DPR RI, lalu menunggu persetujuan Presiden RI, selanjutnya menjalani sumpah.

Dalam keterangan Ditjen AHU (administrasi hukum umum) dijelaskan ada 13 persyaratan yang wajib dipenuhi jika seseorang ingin dinaturalisasi.

Naturalisasi para pemain keturunan memang rekomendasi pelatih timnas U-20, Shin Tae-yong, dengan alasan agar bisa bersaing di Piala Dunia U-20 2023. 

Baca Juga

1. Pemusatan Latihan

Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

Timnas Indonesia akan jadi tuan rumah hajatan empat tahunan itu. Shin Tae-yong butuh pemain dengan fisik di atas rata-rata dengan kemampuan olah bola yang mumpuni. 

Ivar Jenner diketahui lahir pada 10 Januari 2004 dan kini bermain untuk tim U-21 Jong Utrecht. Sedangkan Justin Hubner pada 14 September 2003 dan sedang meniti karier di klub Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Sementara itu, Rafael Struick lahir 27 Maret 2003. Dia berposisi penyerang untuk klub kasta kedua Liga Belanda, ADO Den Haag. 

Baca Juga

Di sisi lain, untuk tampil di Piala Asia U-20 2023, Shin Tae-yong telah memanggil 30 nama guna jalani pemusatan latihan di Jakarta. Tapi, belum semua pemain hadir karena ada yang masih membela klubnya di Liga 1 dan luar negeri. 

Sekadar mengingatkan, timnas Indonesi U-20 tergabung di Grup A Piala Asia U-20 2023 bersama tuan rumah Uzbekistan, Suriah dan Irak. 

Baca Juga

Hasil di Piala Asia nanti akan menjadi gambaran dan evaluasi bagi Shin Tae-yong untuk persiapkan tim menuju Piala Dunia U-20. Karena itu, dia butuh semua pemain terbaik. 

Indra SjafriNaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaPiala AsiaPiala Asia U-23Bola IndonesiaIvar JennerBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Justin Quincy HubnerOne Football

Berita Terkini