x

Tak Ada Pengganti yang Sepadan, Ini Bukti Peran Vital Casemiro di Manchester United

Kamis, 9 Februari 2023 14:57 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Isman Fadil
Absennya Casemiro membuat Manchester United nyaris dipermalukan Leeds United ketika melakoni pekan kedelapan Liga Inggris 2022-2023. REUTERS/Phil Noble

INDOSPORT.COM – Absennya Casemiro membuat Manchester United nyaris dipermalukan Leeds United ketika melakoni pekan kedelapan Liga Inggris 2022-2023.

Berlangsung di Stadion Old Trafford, Kamis (9/2/23) pukul 03.00 WIB, Man United hanya mampu bermain imbang 2-2 setelah sempat tertinggal dua gol dari Leeds United.

Bahkan, belum genap satu menit atau lebih tepatnya pada detik ke-55 Wilfried Gnonto mampu membuka keunggulan Leeds United atas MU.

Lebih parahnya lagi, pada pertandingan tersebut Raphael Varane yang belakangan ini tampil mengesankan justru mencetak gol bunuh diri pada menit ke-48.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Casemiro memiliki peran vital sebagai gelandang bertahan Manchester United, sehingga absennya turut memberikan dampak yang signifikan.

Baca Juga

Kendati demikian, nasib baik masih memihak The Red Devils karena pada menit ke-62 Marcus Rashford berhasil memperkecil ketertinggalan.

Selain itu, Jadon Sancho yang sudah kembali langsung menjadi penyelamat Manchester United dari kekalahan dengan mencetak gol penyeimbang 2-2.

Baca Juga

Sementara itu, dari hasil imbang melawan Leeds United, Erik ten Hag tentu harus memikirkan opsi lain untuk mengatasi absennya Casemiro akibat kartu merah langsung.

Pasalnya, Man United masih harus berjuang tanpa Casemiro pada dua pertandingan lagi, sebelum gelandang bertahan berusia 30 tahun itu kembali ke skuad Ten Hag.

Marcel Sabitzer yang didatangkan dari Bayern Munchen sebagai pemain pinjaman, ternyata masih belum cukup untuk menggantikan peran vital Casemiro di Manchester United.

Baca Juga

1. Peran Vital Casemiro di Manchester United

Gelandang Manchester United, Casemiro mencoba menghentikan pemain Fulham, Andreas Pereira REUTERS/David Klein

Penampilan Marcel Sabitzer ketika melawan Crystal Palace sempat mencuri perhatian karena tampil bagus dalam mengontrol lini tengah.

Bahkan ketika diduetkan dengan Fred di lini tengah, gelandang berusia 28 tahun itu turut membuat permainan Manchester United menjadi hidup.

Atas pengalaman tersebut, Erik ten Hag lantas kembali memainkan Fred dan Sabitzer ketika menghadapi Leeds United.

Hanya saja, Sabitzer justru bermain dengan gaya yang lebih ofensif jika dibandingkan dengan Casemiro yang biasanya berperan sebagai gelandang bertahan.

Untuk menghadapi dua pertandingan mendatang, Erik ten Hag perlu melakukan sebuah siasat guna mengatasi masalah akibat absennya Casemiro.

Baca Juga

Sementara menurut catatan dari Opta, disampaikan bahwa Casemiro memiliki peran yang begitu penting bagi permainan Ten Hag di Man United.

Disebutkan bahwa ketika gelandang asal Brasil itu bermain, Manchester United rata-rata mengamankan 2,3 poin dan hanya kebobolan sebanyak 0,7 gol di setiap pertandingan.

Baca Juga

Sebaliknya, jika Casemiro tidak bermain maka klub hanya akan mendapatkan rata-rata 1,4 poin dan kebobolan sebanyak 2,1 gol di setiap pertandingan di Liga Inggris musim ini.

“Saat Casemiro menjadi starter di Liga Inggris musim ini, Manchester United rata-rata memperoleh 2,3 poin per gim sementara kebobolan 0,7 gol per gim,” ungkap Opta.

“Sementara jika dia tidak menjadi starter, klub hanya memperoleh 1,4 poin per gim dan kebobolan 2,1 gol per gim,” pungkas catatan tersebut.

Baca Juga

Sumber: Opta

Manchester UnitedCasemiroLiga InggrisErik ten HagMarcel Sabitzer

Berita Terkini