x

Brozovic Bakal Dijual demi Cuan, Bisakah Kristjan Asllani Gantikan Perannya di Inter Milan?

Sabtu, 11 Februari 2023 15:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kristjan Asllani saat laga Liga Champions antara Barcelona vs Inter Milan

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Italia (Serie A), Inter Milan berencana menjual Marcelo Brozovic. Hal ini membuat Kristjan Asllani berpotensi menggantikan perannya.

Kabar bakal dilepasnya Brozovic datang dari Sempreinter, yang menyebutkan tim berjuluk Nerazzurri itu bakal menjualnya di musim panas 2023.

Alasan Inter ingin menjual pemain berusia 30 tahun tersebut karena kondisi finansial klub yang tengah kembang kempis dalam beberapa musim terakhir.

Inter dipaksa untuk menjual beberapa bintangnya agar bisa menyeimbangkan neraca keuangan klub, yang anjlok akibat pandemic Covid-19.

Brozovic pun dinilai sebagai salah satu pemain yang bisa menghasilkan cuan besar untuk Inter pada bursa transfer musim panas mendatang.

Baca Juga

Bakal dilepasnya Marcelo Brozovic membuat Inter Milan pun harus menyiapkan penggantinya. Disebutkan, Nerazzurri punya pengganti pada pemain pinjamannya, yakni Kristjan Asllani.

Pemain berusia 20 tahun itu merupakan pemain yang dipinjam Inter dari Empoli pada awal musim 2022/23 ini.

Baca Juga

Dalam klausul peminjamannya, Inter berhak mempermanenkannya di akhir musim. Dilaporkan bahwa klub yang juga berjulukan La Beneamata ini sudah menyiapkan dana untuk menggaetnya secara permanen.

Dilaporkan oleh Fabrizio Romano, Inter sepakat memberikan dana sebesar 10 juta euro (Rp162 miliar) kepada Empoli untuk Asllani.

Kini pertanyaan pun mencuat. Jika Marcelo Brozovic dijual, bisakah Kristjan Asllani menggantikan perannya di Inter Milan?

Baca Juga

1. Marcelo Brozovic: Ruh Lini Tengah Inter

Marcelo Brozovic, pemain Inter Milan

Keputusan Inter Milan untuk menjual Marcelo Brozovic bisa dikatakan keputusan yang berat, mengingat perannya sebagai ruh permainan Nerazzurri.

Di musim ini, perannya sebagai ruh permainan cukup tersendat, terutama di Liga Italia 2022/23, menjadi starter sebanyak tujuh kali saja.

Tapi berkaca pada catatannya musim lalu, Brozovic adalah pilar utama di balik keberhasilan Inter mempertahankan papan atas dan menjuarai Coppa Italia.

Di Liga Italia 2021/22 lalu, Brozovic tampil sebanyak 35 kali. Dalam 35 penampilan itu, catatannya menggambarkan ia adalah ruh permainan Inter.

Brozovic rata-rata menyentuh bola sebanyak 91,9 kali per 90 menit. Jumlah dan akurasi operannya pun terlihat mumpuni, dengan 78,6 operan per 90 menit dan akurasi sebesar 92,5 persen.

Baca Juga

Sebagai Regista di posisi nomor 6, peran Brozovic tak hanya mengatur permainan, melainkan juga membantu pertahanan timnya.

Di musim lalu, Brozovic menunjukkan kemampuan bertahan yang elite, dengan rata-rata melakukan duel sebanyak 8,6 kali per 90 menit dengan lawan.

Baca Juga

Bahkan, Brozovic juga melancarkan 2,4 tekel per 90 menit serta melakukan duel di atas lapangan sebanyak 7,5 kali per 90 menit.

Catatan bertahannya ini pun dibarengi dengan kemampuan membantu serangan, di mana rata-rata Brozovic melepaskan 0,2 umpan terobosan per 90 menit.

Dengan vitalnya peran Brozovic, mampukah Kristjan Asllani menggantikan perannya di Inter Milan pada musim depan?

Baca Juga

2. Kristjan Asllani Punya Potensi Berkembang

Kristjan Asllani, pemain Albania yang baru direkrut Inter Milan. Foto: REUTERS/Florion Goga.

Jika menggunakan indikator pada Liga Italia musim 2021/22 lalu, maka Kristjan Asllani punya potensi menyamai atau bahkan melebihi catatan Marcelo Brozovic di Inter Milan.

Di musim 2021/22 lalu, Asllani tampil reguler bagi Empoli di Liga Italia, berbeda dengan musim ini di mana ia hanya tampi 12 kali dan hanya dua kali menjadi starter bagi Inter.

Di musim 2021/22 lalu, Asllani tampil sebanyak 23 kali bagi Empoli. Dalam jumlah penampilan itu, ia menampilkan potensi menjadi ruh permainan Inter sepeninggal Brozovic.

Dalam mengatur permainan, di Liga Italia 2021/22 lalu Asllani rata-rata menyentuh bola sebanyak 62,8 kali per 90 menit dengan melepaskan 49,9 operan per 90 menit yang memiliki akurasi 84,3 persen.

Soal bertahan, Asllani pun tak segan berduel dengan lawan meski punya postur kecil, dengan rata-rata melakukan 6,7 duel per 90 menit.

Dari 6,7 duel per 90 menit tersebut, 6 kali duel per 90 menit di antaranya datang saat berhadapan dengan lawan di bola bawah.

Ia pun rata-rata mencatatkan 1,3 tekel per 90 menit dan mencatatkan 1,3 intersep per 90 menit. Untuk catatan intersep ini, Asllani unggul atas Brozovic di Liga Italia 2021/22.

Lalu dalam menyerang, Asllani terbilang aktif melepaskan tembakan dengan rata-rata melepaskan 0,5 tembakan On Target per 90 menit, lagi-lagi ungul atas Brozovic yang membuat 0,4 tembakan On Target per 90 menit.

Hebatnya, catatan-catatan ini dibuat Asllani bersama tim sekelas Empoli di Liga Italia 2021/22 lalu atau saat umurnya belum genap 20 tahun.

Dengan catatan-catatan itu, Kristjan Asllani punya potensi menjadi atau bahkan melebihi Marcelo Brozovic yang bakal dilepas Inter Milan di musim panas 2023.

Serie A ItaliaInter MilanMarcelo BrozovicIn Depth SportsLiga ItaliaOne FootballKristjan Asllani

Berita Terkini