x

Fakta Duel Liga Inggris Arsenal vs Brentford: The Gunners Waspada dengan Sengatan Si Lebah

Sabtu, 11 Februari 2023 14:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bomber Arsenal, Gabriel Jesus, dibayangi dua pemain Brentford dalam laga Liga Inggris pekan ke-7, Minggu (18/09/22).

INDOSPORT.COM – London akan dipanaskan dengan duel dua tim sekota, yakni Arsenal vs Brentford di pekan ke-23 Liga Inggris (Premier League) 2022/23. Ini deretan faktanya.

Pemuncak klasemen sementara Liga Inggris, Arsenal, akan kembali mempertahankan takhtanya dan juga menjauhi rival-rivalnya saat menjamu Brentford di Emirates Stadium, Sabtu (11/02/23).

Laga melawan Brentford ini bisa disebut laga mudah sekaligus laga sulit bagi tim berjuluk The Gunners tersebut.

Disebut sebagai laga mudah karena Arsenal berstatus pemuncak klasemen dan dalam performa terbaik di musim ini, dengan hanya menelan satu kekalahan dari lima laga Liga Inggris terakhirnya.

Sedangkan laga ini bisa disebut laga sulit karena Brentford bukanlah tim kacangan. Pasalnya, tim yang baru promosi pada musim 2021/22 lalu saat ini berada di peringkat ketujuh.

Baca Juga

Arsenal wajib waspada karena posisi Brentford di klasemen Liga Inggris 2022/23 ini berada di atas dua rival klasiknya, yakni Chelsea dan Liverpool.

Apalagi dengan status Brentford sebagai tim kuda hitam. Arsenal pun mau tak mau harus waspada di laga sekelas Derby London ini.

Baca Juga

Meski demikian, Arsenal dijagokan bisa menang karena bermain di hadapan pendukung sendiri yang akan memadati Emirates Stadium.

Di sisi lain, Brentford juga sempat dibuat bertekuk lutut oleh Arsenal dengan skor 0-3 di pertemuan pertama musim ini.

Terlepas dari kiprah Arsenal dan Brentford musim ini serta hasil di pertemuan pertama, ada sederet fakta menarik yang mewarnai pertandingan panas ini. Apa saja fakta itu?

Baca Juga

1. Arsenal Superior

Selebrasi Gabriel Magalhaes usai mencetak gol di laga Chelsea vs Arsenal (06/11/22). (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

1. Unggul Head to Head

Selain pernah memenangi pertemuan pertama, Arsenal juga punya riwayat apik kala bertemu Brentford di atas rumput hijau.

Dalam empat pertemuan, kedua tim tak pernah meraih hasil imbang, dengan tiga kemenangan diraih Arsenal dan satu kemenangan diraih oleh Brentford.

Dengan Head to Head dan performa musim ini, Arsenal diprediksi bisa menambah panjang daftar kemenangannya atas tim asal London Barat tersebut.

Baca Juga

2. Arsenal Jago Kandang

Menghadapi Brentford, Arsenal berada dalam performa terbaiknya, terutama saat bermain di markasnya sendiri, Emirates Stadium.

Dalam sembilan laga terakhir yang digelar di Emirates Stadium, Arsenal tercatat mampu mencetak gol di delapan pertandingan.

Selain itu, Arsenal memiliki rata-rata mencetak gol cukup tinggi di kandang, yakni 2,41 gol per laga saat bermain di Emirates Stadium

Baca Juga

3. Unggul Kreativitas

Arsenal pun unggul statistik pemain atas Brentford, terutama dalam hal kreativitas yang bisa dilihat dari assist yang dibuat.

Tercatat, pemain Arsenal, Bukayo Saka, mampu unggul dalam hal mencetak assist di Liga Inggris dengan tujuh assist. Sedangkan dari Brentford, hanya Mathias Jensen yang mampu mencetak assist terbanyak dengan empat assist.

Tapi soal urusan mencetak gol, Arsenal kalah dari Brentford, di mana penyerangnya Ivan Toney telah mencetak 13 gol, unggul lima gol atas Martin Odegaard selaku top skor The Gunners.

Baca Juga

2. Waspada Sengatan Brentford

Sergi Canos merayakan golnya di laga pembuka Liga Inggris 21/22, Brentford vs Arsenal

1. Brentford Tengah Moncer

Brentford datang ke Emirates Stadium dengan performa yang terbilang moncer, terutama di kancah Liga Inggris musim ini.

Dalam lima laga terakhir di Liga Inggris, Brentford mampu meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang dengan mencetak 10 gol dan kebobolan satu gol saja.

Dari lima laga terakhirnya itu, Brentford mampu mengalahkan tim raksasa sekelas Liverpool dengan skor 3-1, yang wajib menjadi alarm bagi Arsenal.

2. Brentford Si Jago Tandang

Bertandang ke Emirates Stadium, Arsenal boleh jadi punya catatan apik di kandang. Tapi Brentford datang juga dengan catatan apik saat bermain tandang.

Dalam empat laga tandang terakhirnya di Liga Inggris, Brentford tak pernah kalah, dengan mencatatkan dua kemenangan dan dua hasil imbang.

Dari empat laga tandang terakhirnya di Liga Inggris itu, Brentford mampu meraih salah satu kemenangan di markas Manchester City dengan skor 2-1.

3. Hujan Gol di Emirates?

Kehebatan Arsenal dalam mencetak gol saat bermain di kandang pun mampu dibarengi fakta Brentford juga rajin mencetak gol tandang, yang membuat Emirates Stadium berpotensi hujan gol.

Di laga tandang, Brentford rata-rata mencetak 1,45 gol per pertandingan. Sedangkan Arsenal rata-rata mencetak 2,41 gol per pertandingan di kandang.

Bahkan laga Arsenal vs Brentford selalu menghadirkan gol di babak pertama, dengan rata-rata mencapai 1,25 gol per 45 menit.

ArsenalLiga Primer InggrisLiga InggrisEmirates StadiumBrentfordOne Football

Berita Terkini