x

Prediksi Liga 1 PSIS Semarang vs Dewa United FC: Kolektivitas Ridwan Lawan Gaya Eropa Riekerink

Minggu, 12 Februari 2023 19:31 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Prediksi pertandingan antara PSIS Semarang vs Dewa United (BRI Liga 1).

INDOSPORT.COM - Kolektivitas PSIS Semarang racikan Muhammad Ridwan akan diuji Dewa United dengan gaya Eropa ala Jan Olde Riekerink di Laga pekan ke-24 Liga 1 2022/2023.

Pertandingan Liga 1 2022-2023 antara PSIS Semarang vs Dewa United FC bakal tersaji di Stadion Jatidiri Semarang, Senin (13/2/23). Duel ini diprediksi akan berjalan super ketat.

PSIS Semarang lumayan bagus ketika dipegang Muhammad Ridwan yang sejatinya minim pengalaman sebagai pelatih. Ridwan mencatatkan tiga kemenangan dan menelan satu kekalahan.

Ridwan membangun tim dengan tak mengandalkan sosok-sosok tertentu. Dalam setiap pertandingan, starting eleven PSIS sulit tertebak di setiap lini.

Ridwan ingin bahwa setiap pemain bisa menjalankan sistem permainan kolektif. Situasi ini diyakini masih akan berlanjut, terutama dalam penentuan lini depan sepeninggal Carlos Fortes.

Baca Juga

Ya, Fortes paling cepat baru akan kembali pada pekan ke-28 karena mengalami cedera pada otot bicep femoris atau salah satu otot pembentuk grup otot hamstring.

Ketiadaan Fortes bakal menjadi tantangan PSIS dalam menjalani setiap laga di Liga 1 2022/2023. Ada dua opsi yang bisa dipakai, yakni memaksimalkan Hari Nur Yulianto sebagai penyerang murni atau memasang nama lain dalam strategi false nine.

Strategi false nine bisa saja jadi pilihan mengingat PSIS memiliki second striker berbahaya, seperti Marukawa, Vitinho, Wawan Febrianto hingga Septian David Maulana.

Apapun yang nantinya jadi pilihan, PSIS perlu memikirkan sistem bertahan. Sejak kehadiran Egy Maulana, Dewa United memiliki banyak opsi dalam melakukan serangan.

Baca Juga

Kerja Egy dari sektor kanan serta Majed Osman dari sektor kiri bisa menjadi finisher, serta menjadi penyuplai bola bagi Karim Rossi.

Jika trio ini gagal diantisipasi PSIS, mereka bisa menelan kekalahan ketiga pada tahun ini di Stadion Jatidiri. Sebelum ini, PSIS sudah dipermalukan Bhayangkara FC dan Persib Bandung dihadapan pendukungnya.

Dewa United juga belum pernah kalah sejak menggunakan sistem Eropa ala Riekerink. Dewa United mencatatkan tiga kemenangan dan tiga hasil imbang.

Baca Juga

1. Prediksi Susunan Pemain dan Player to Watch

Egy Maulana Vikri gabung ke Dewa United. (Foto: Dewa United)

Prakiraan susunan pemain PSIS Semarang vs Dewa United

PSIS Semarang (4-2-3-1)

Kiper: Adi Satryo
Bek: Fredyan Wahyu, Alfeandra Dewangga, Wahyu Prasetyo, Taufik Hidayat
Tengah Belakang: Delvin Rumbino, Ryo Fujii
Tengah Depan: Taisei Marukawa, Septian David Maulana, Vitinho
Depan: Hari Nur Yulianto

Caretaker : Muhammad Ridwan.

Dewa United (4-2-3-1)

Kiper: Muhammad Natshir
Bek: Dias Angga Putra, Risto Mitrevski, Brian Fatari, Frendi Saputra
Tengah Belakang: Lucas Ramos, Ichsan Kurniawan
Tengah Depan: Egy Maulana Vikri, Rangga Muslim, Majed Osman
Depan: Karim Rossi

Pelatih: Jan Olde Riekerink.

Baca Juga

Player to Watch

Taisei Marukawa (PSIS Semarang)

Taisei Marukawa tampil ganas bersama Persebaya Surabaya pada Liga 1 2021/2022. Sebagai seorang winger, Marukawa sangat subur dengan mencetak 17 gol dari 32 penampilan.

Catatan impresif itu membuat PSIS rela membayar mahal Marukawa. Hanya saja, dalam 21 penampilan, Marukawa baru mengoleksi lima gol saja. Meski sudah banyak, namun ekspektasi publik Semarang sudah terlalu tinggi padanya.

Marukawa menjadi harapan PSIS untuk mencetak gol setelah Carlos Fortes kembali menderita cedera. Ketajaman Marukawa diharapkan bisa membuat PSIS menang atas Dewa United.

Baca Juga

Egy Maulana Vikri (Dewa United)

Egy memutuskan kembali ke Indonesia setelah lima tahun berkarir di Eropa. Keputusan ini mendapat kritik keras lantaran Egy kerap kali mengungkapkan keinginan untuk terus bertahan di kompetisi Benua Biru.

Namun, keputusan sudah dibuat. Dewa United menjadi pelabuhan baru Egy ketika bertarung di Liga 1. Sejauh ini, Egy menunjukkan performa bagus dengan catatan satu gol dan satu assist dari dua penampilan.

Gawang PSIS menjadi sasaran berikutnya dari Egy. Namun, perjuangannya tidak akan mudah. Di pertahanan PSIS ada sosok Alfeandra Dewangga yang menjadi rekan Egy di Timnas Indonesia.

Baca Juga

2. Statistik Kedua Tim Jelang Pertandingan

Logo Liga 1 2022-2023.

Lima pertandingan terakhir PSIS Semarang di Liga 1

Lima pertandingan terakhir Dewa United di Liga 1

Pertemuan terakhir PSIS Semarang vs Dewa United

Prediksi INDOSPORT: PSIS Semarang (35%), Seri (35%), Dewa United (30%).

PSIS SemarangMuhammad RidwanLiga IndonesiaJan Olde RiekerinkLiga 1Dewa United FC

Berita Terkini