x

Kejutan! Elon Musk Diam-diam Masuk Bursa Pemilik Baru Manchester United

Selasa, 14 Februari 2023 00:01 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Elon Musk.

INDOSPORT.COM – Orang terkaya kedua di dunia, Elon Musk, dikabarkan masuk dalam bursa calon pemilik baru klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Dilaporkan oleh Daily Mail, pria berusia 51 tahun tersebut tengah meninjau beberapa kemungkinan untuk mengakuisisi klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Seperti yang diketahui, saat ini Man United tengah dalam proses peralihan kepemilikan, usai Keluarga Glazers selaku pemilik, ingin melepas saham kepemilikannya.

Sejak kabar penjualan saham kepemilikannya tersebut, para investor dari berbagai belahan dunia mulai berdatangan untuk mengakuisisi Man United.

Sejauh ini, tiga  nama muncul ke permukaan yakni orang terkaya di Britania Raya, Sir Jim Ratcliffe, investor dari Qatar, dan beberapa investor dari Amerika Serikat.

Baca Juga

Dengan tenggat waktu yang tinggal hitungan hari saja, Elon Musk pun dikabarkan akan mencoba masuk dalam bursa pemilik baru Manchester Uunited.

Keluarga Glazers sendiri meminta mahar sebesar 6 miliar poundsterling (Rp110 triliun) bagi siapapun yang ingin mengakuisis Man United.

Baca Juga

Namun, nilai tersebut masih dianggap besar oleh sebagian investor, karena adanya utang dan beban pembangunan infrastruktur Man United.

Meski begitu, nilai tersebut serta beban yang ditinggalkan Keluarga Glazers tampaknya tak jadi masalah bagi seorang Elon Musk.

Pasalnya, Forbes mencatat pria yang juga pemilik Tesla dan Twitter ini memiliki kekayaan 188,5 miliar dolar AS atau setara Rp2,8 ribu triliun, sehingga dirinya tak akan kesulitan mengakuisisi Manchester United.

Baca Juga

1. Elon Musk Sempat Bikin Geger

Elon Musk.

Sejatinya, kabar Elon Musk akan mengakuisis Manchester United bukanlah barang baru, mengingat ia mengaku pernah ‘bercanda’ ingin mengakuisisi Setan Merah.

Hal tersebut terjadi pada Agustus 2022 lalu, di mana Elon Musk berkicau di media sosial Twitter bahwa dirinya akan mengakuisisi Man United.

Namun tak butuh waktu lama, dirinya kemudian menimpali kicauannya tersebut bahwa dirinya hanya bercanda saja.

Terlepas dari candaannya tersebut, Elon Musk dilaporkan memang mengidolai Man United. Sehingga namanya pun masuk dalam bursa pemilik baru klub tersebut.

Apalagi Man United merupakan salah satu klub besar di dunia yang memiliki jutaan hingga miliaran fans, sehingga dari segi bisnis, klub yang bermarkas di Old Trafford ini menjadi prospek apik.

Baca Juga

Bukan tak mungkin dengan fakta tersebut, Elon Musk yang berlatar pebisnis diyakini tak akan melewatkan kesempatan untuk mengakuisisi Man United.

Adapun untuk proses akuisisi Man United sendiri akan ditutup pada Jumat (17/02/23). Sehingga, masih ada waktu bagi investor lainnya, termasuk Elon Musk, melayangkan tawarannya.

Baca Juga

Sejauh ini, investor Qatar dan Sir Jim Ratcliffe disebut sebagai pihak yang telah melayangkan tawarannya untuk Man United.

Sir Jim Ratcliffe sendiri telah melayangkan tawaran sebesar 4,25 miliar poundsterling (Rp77 triliun), yang menurutnya merupakan harga pasar Man United.

Jika proses akuisisi ini terjadi, maka Manchester United pun bisa saja menjadi klub dengan akuisisi termahal di dunia, mengalahkan Chelsea yang diakuisisi konsorsium Todd Boehly pada 2022 lalu.

Baca Juga
Manchester UnitedMalcolm GlazerAvram GlazerLiga Primer InggrisLiga InggrisEdward GlazerElon MuskOne FootballJoel Glazer

Berita Terkini