x

Dikalahkan PSM Makassar, Manajemen Persib Bandung Puji Kedewasaan Bobotoh

Rabu, 15 Februari 2023 16:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Persib saat menghadapi PSM Makassar di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (14/02/23).

INDOSPORT.COM - Manajemen Persib Bandung, mengapresiasi sikap yang ditujukkan Bobotoh, pada pertandingan pekan ke-24 kompetisi Liga 1 2022-2023 menghadapi PSM Makassar di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (14/02/23).

Pada pertandingan tersebut, Persib gagal meraih poin, usai dikalahkan oleh PSM dengan skor 1-2. Persib sempat unggul lebih dulu di babak pertama, melalui gol Achmad Jufriyanto.

Setelah tertinggal satu gol, PSM berhasil bangkit dan membalikkan keadaan menjadi 1-2, dua gol tim tamu dicetak oleh Ramadhan Sananta pada menit 54 dan Yance Sayuri menit 66.

Dengan kekalahan tersebut, tim kebanggaan Bobotoh tidak dapat melanjutkan tren positif di kompetisi Liga 1 2022-2023. Sebelumnya, Persib tidak terkalahkan dalam 15 pertandingan.

Dari 15 pertandingan di kompetisi Liga 1 2022-2023 tersebut, tim kebanggaan Bobotoh berhasil meraih 12 kemenangan dan tiga pertandingan lainnya berakhir imbang.

Baca Juga

Selain itu, dengan hasil tersebut, skuad Maung Bandung gagal naik ke puncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dan harus tertahan di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 46 poin.

Meski Persib gagal meraih poin, namun Bobotoh terutama yang hadir langsung di Stadion Pakansari, bisa bersikap dewasa. Pendukung Persib ini, tetap tertib baik di dalam maupun luar lapangan.

Baca Juga

Sehingga, pertandingan antara Persib Bandung dan PSM Makassar di pekan ke-24 kompetisi Liga 1 2022-2023 bisa berjalan aman dan lancar, meskipun hasil laga tersebut tidak sesuai dengan harapan.

Manajemen Persib sendiri, tentunya sangat kecewa dengan hasil yang diraih pada pertandingan tersebut. Meski begitu, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengapresiasi sikap yang ditujukkan Bobotoh.

"Kekalahan dari PSM Makassar adalah hasil yang tidak kami harapkan. Kami mengapresiasi penonton yang bisa menyaksikan pertandingan dengan tertib sehingga tetap aman dan nyaman," kata Teddy Tjahjono, Rabu (15/02/23).

Baca Juga

1. Kualitas Wasit Liga 1

Achmad Jufriyanto bersama rekan-rekannya merayakan golnya ke gawang PSM.

Manajemen Persib bisa menerima kekalahan dari PSM Makassar dengan lapang dada, meski begitu Teddy meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI untuk segera meningkatkan kualitas wasit dan asisten wasit.

Pasalnya, pada pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023, masih banyak keputusan yang tidak tepat dari wasit, terutama mengenai offside dan onside, salah satu dalam pertandingan Persib menghadapi PSM Makassar.

"Sampai saat ini kita semua masih melihat banyaknya kesalahan keputusan wasit, terutama soal offside dan onside," ungkap Teddy.

Teddy berharap ke depannya, wasit bisa menjalankan tugasnya dengan lebih baik lagi dan untuk meminimalisasi berbagai kesalahan keputusan wasit tersebut Persib sangat mendukung penerapan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi Liga 1. 

Sementara itu, pelatih Persib, Luis Milla, menuturkan secara permainan pertandingan tersebut berjalan menarik, jual beli serangan diperagakan oleh skuad Persib dan PSM. Namun, dari segi hasil tentunya sangat mengecewakan.

Baca Juga

"Saya rasa ini pertandingan yang berjalan dengan bagus bagi penonton. Tapi tentu saya tidak senang karena kami tidak bisa memberikan kemenangan bagi warga Bandung," kata Luis Milla usai pertandingan.

Kekalahan dari PSM Makassar tersebut, menjadi yang kedua bagi Persib Bandung di kompetisi Liga 1 2022-2023. Pasalnya, pada putaran pertama di laga tandang, Persib harus mengakui keunggulan tuan rumah 5-1.

Baca Juga

Lima gol PSM, pada pertandingan di Stadion B.J. Habibie Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (29/08/22) malam, dicetak oleh Yakob Sayuri (2', 50'), M Ramadhan Sananta (44', 18'), Willem Jan Pluim (64'). 

Sedangkan gol tunggal Persib pada pertandingan putaran pertama kompetisi Liga 1 2022-2023 tersebut, dicetak oleh Marc Klok saat laga memasuki menit 31.

Lebih lanjut Luis Milla menuturkan, pada pertandingan pekan ke-24 kompetisi Liga 1 2022-2023, di babak pertama anak asuhnya mampu menguasai jalannya laga dan menciptakan peluang. 

Baca Juga

Selain itu, di babak pertama tim kebanggaan Bobotoh mampu unggul atas PSM Makassar 1-0, setelah Achmad Jufriyanto mencetak gol pada masa injury time.

Sedangkan babak kedua, PSM Makassar bisa menguasai pertandingan. Selain itu, mereka juga dapat memanfaatkan peluang dan mencetak dua gol yang membuat tim kebanggaan Bobotoh takluk 1-2.

"Pertandingan di babak pertama menjadi milik Persib dan pada babak kedua bagi PSM. Jadi perjalanan berlangsung berimbang tapi hasil akhirnya tim yang menang adalah tim yang bisa mencetak gol lebih banyak," jelas Luis Milla.

Persib BandungPSM MakassarBobotohLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini