x

Sekelompok Anggota Brimob Kawal Persidangan Tragedi Kanjuruhan, Bentuk Intimidasi?

Rabu, 15 Februari 2023 06:50 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Spanduk usut tuntas bertebaran di Stadion Kanjuruhan.

INDOSPORT.COM – Sekelompok anggota brimob kawal persidangan Tragedi Kanjuruhan, yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur, Selasa (14/02/23).

Kejadian tersebut merupakan pemandangan pertama kalinya setelah deretan sidang Tragedi Kanjuruhan yang berlangsung selama ini.

Pasalnya, selama 11 kali proses sidang Tragedi Kanjuruhan yang digelar sebelumnya tidak pernah terjadi hal serupa.

Sekelompok anggota brimob yang jika dihitung bisa mencapai puluhan orang itu, memadati ruang lorong penghubung ruang sidang dengan ruang jaksa Pengadilan Negeri Surabaya.

Bahkan, puluhan anggota brimob yang hadir di PN Surabaya tersebut meneriakkan semacam yel-yel ketika berjalan menyusuri lorong.

Baca Juga

Hal tersebut lantas menimbulkan suara yang gaduh di dalam PN Surabaya. Padahal, ruang sidang sebagaimana mestinya memiliki suasana yang tenang.

Alhasil, Yayasan LBH Indonesia mengungkapkan keluh kesahnya melalui akun media sosial Twitter resmi miliknya.

Baca Juga

“Sidang tragedi Kanjuruhan kali ini lebih heboh dari biasanya. Puluhan brimob hadir untuk ‘menyemangati’ rekannya. Eh, menyemangati atau membuat gaduh ya?”

“Pak Kapolri, Hentikan Intimidasi Proses Sidang Kasus Kanjuruhan!” tulis akun media sosial Twitter Yayasan LBH Indonesia.

Kejadian itu kemudian memunculkan respon dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia yang menyuarakannya melalui media sosial Twitter.

Baca Juga

1. Respons Netizen

Ribuan suporter dan Forkopimda Kediri gelar tahlil bersama saat hari ke-6 tragedi Kanjuruhan.

Yayasan LBH Indonesia, YLBHI, memiliki pandangan bahwa sudah ada tanda-tanda kejanggalan sebelum berlangsungnya proses sidang Tragedi Kanjuruhan yang ke-12.

Pasalnya, lokasi sidang yang sebelumnya direncanakan tidak digelar di Surabaya, tiba-tiba dipindah ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Selain itu, pihak Aremania dan keluarga korban Tragedi Kanjuruhan dipersulit untuk datang menghadiri sidang di PN Surabaya.

Bahkan, ada dugaan pelarangan Live Streaming proses sidang Tragedi Kanjuruhan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Surabaya.

Sehingga, YBLHI menegaskan bahwa tindakan yang dilakukan oleh sekelompok brimob yang hadir di dalam PN Surabaya sebagai tindakan mengintimidasi.

Baca Juga

“YLBHI memandang, bahwa kehadiran puluhan anggota brimob di ruang persidangan dilakukan untuk mengintimidasi JPU dan Hakim, dengan dalih menyemangati terdakwa,”

“Bahkan kami mendapat informasi bahwa Intimidasi terhadap JPU bukan hanya dilakukan secara verbal, tapi juga dengan fisik (menyikut),” tulis YBLHI dikutip dari akun Twitter resminya.

Baca Juga

Tak hanya itu, beberapa lapisan masyarakat juga turut menyuarakan pendapatnya melalui kolom komentar di akun media sosial Twitter resmi milik YBLHI.

“mas mas e sg paling sangar iki ki reti ra to nek ng pn raetuk brisik??? bombongan gblk,” tulis @bag***

“Terlihat tangguh dan solid, saya dapat membayangkan jika ditempatkan di Papua mereka akan sangat menyulitkan pergerakan OPM sehingga Indonesia khususnya Rakyat Papua akan segera aman dari ancaman OPM. Saya akan sangat bangga dan mendukung penuh, Brigado!” kata @agr***

Baca Juga

Sumber: Twitter YBLHI

KanjuruhanAremaniaAremaLiga IndonesiaTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini