x

Breaking News: Menpora Zainudin Amali dan Yunus Nusi Terpilih Jadi Waketum PSSI

Kamis, 16 Februari 2023 14:40 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Menteri pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI untuk periode 2023-2027 dalam Kongres PSSI, Kamis (16/02/23).

INDOSPORT.COM – Menteri pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI untuk periode 2023-2027 dalam Kongres PSSI, Kamis (16/02/23).

Selain Zainudin Amali, wakil ketua Umum PSSI juga dijabat oleh Yunus Nusi yang sebelumnya menjabat sebagai sekjen PSSI periode 2019-2023.

Hasil ini diperoleh dalam Kongres PSSI yang digelar pada hari Kamis (16/02/23) di Jakarta yang sebelumnya memilih ketua Umum dan Komite Eksekutif (Exco ) PSSI.

Sebelumnya, menteri BUMN, Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum PSSI dengan 64 suara dari total 87 Voters.

Erick Thohir sendiri mengungguli calon lainnya, La Nyalla Mataliti yang hanya mendapatkan 22 suara. Sementara, calon lainnya, Donny Setiabudi, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djemy Francis tak mendapatkan suara.

Baca Juga

Hanya saja, dalam pemilihan wakil ketua umum PSSI terjadi kejutan, manakala Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainuddin Amali meraih suara terbanyak.

Zainuddin Amali sendiri sebelumnya menjadi orang terakhir yang memasukkan formulir ke komite pemilihan PSSI.

Baca Juga

Di bawahnya, ada nama Yunus Nusi yang pada periode sebelumnya menjabat sebagai sekjen PSSI periode 2019-2023 yang meraih 63 suara.

Hasil voting ini mengungguli salah satu calon terkuat di posisi waketum PSSI, yaitu Ratu Tisha Destria yang di luar dugaan berada di peringkat ketiga dengan 41 poin.

Sebelumnya, Menpora, Zainuddin Amali sempat membuka Kongres PSSI 2023 dengan agenda utama memilih ketua Umum, Wakil Ketua, dan Exco PSSI.

Baca Juga

1. Zainuddin Amali Ingatkan Soal Pentingnya Kongres PSSI

Menpora Zainuddin Amali dan Menparekraf Sandiaga Uno dalam Ratas Persiapan FIBA Asia Cup 2021

Politisi Partai Golkar ini mengingatkan soal pentingnya melihat sejarah PSSI yang menjadikan sepak bola sebagai alat perjuangan bangsa.

"Saya kira mudah-mudahan suasana kongres sama dengan pembukaan, adem, sejuk. Tadi saya sudah ingatkan mars PSSI, PSSI berdiri sebagai alat perjuangan dan pemersatu bangsa, sudah ada perjalanan luar biasa sudah 93 tahun," kata Menpora.

"Saya kira peserta kongres sudah dewasa dan ini kan diawasi langsung oleh FIFA, AFC jadi saya yakin insa Allah akan lancar. Itu sudah kita lihat beberapa tahun terakhir, kongres sebelumnya juga saya buka di tempat ini dan berjalan lancar sukses menghasilkan ketum Waketum dan exco," imbuhnya.

Selain itu, Zainuddin Amali berujar bahwa sepak bola merupakan cabang olahraga spesial, mengingat ada instruksi Presiden yang mengatur soal hal tersebut.

Baca Juga

Adapun lima nama yang bersaing untuk kursi nomor satu federasi yakni La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono dan Fary Djemy Francis (menyatakan mundur).

Lalu 16 waketum yang bersaing di KLB PSSI adalah Ahmad Riyadh, Ahmad Syauqi Soeratno, Andre Rosiade, Doni Setiabudi dan Doni S Sutandi.

Selanjutnya ada Fary Djemy Francis, Gede Widiade, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Ardianto Rachman, Maya Damayantie, Ratu Tisha, Sadikin Aksa, Yesayas Oktavianus, Yunus Nusi dan Zainudin Amali.

Baca Juga
PSSIErick ThohirLiga IndonesiaKongres PSSIZainuddin AmaliYunus Nusi

Berita Terkini