x

Persis Solo Kembali Dominasi Timnas Wanita Indonesia, Ada Nama Shafira Ika Putri

Kamis, 16 Februari 2023 13:43 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Shafira Ika Putri saat berlatih bersama Persis Solo Women. Foto: Instagram@shafiraikaputri13

INDOSPORT.COM - Persis Solo kembali mendominasi daftar pemain Timnas Wanita Indonesia yang akan melakoni pertandingan FIFA A Match Women di Arab Saudi pada 22 dan 26 Februari 2023. Total ada delapan nama, termasuk Shafira Ika yang sempat tersisih.

Meski Liga 1 Putri tak jelas, Persis Solo menunjukkan komitmen dalam membina para pemain wanita. Mereka berlatih secara rutin dan kerap menggelar uji coba di berbagai daerah.

Kebugaran pemain yang masih bagus membuat Timnas Wanita kembali kepincut pada Marsela Awi dkk.

Delapan nama yang dipanggil adalah Fani Supriyanto, Baiq Amiatun Shalihah, Marsela Yuliana Awi, Nastasia Suci Ramadhani, Octavianti Dwi Nurmalita, Remini Rumbewas, Shafira Ika Putri dan Helsya Maeisaroh.

Sebelum berangkat ke Arab Saudi, delapan nama ini akan gabung Timnas Indonesia di Jakarta. Mereka akan berlatih terlebih dahulu mulai Jumat (17/02/23) hingga Minggu (19/02/23).

Baca Juga

Pelatih Persis Women, Alief Syahrizal, ikut bahagia dengan dipanggilnya delapan pemain ke Timnas Indonesia.

"Alhamdulillah sampai saat ini para pemain PERSIS Women masih dipercaya untuk berkontribusi membela Tim Nasional," ucap Alief Syahrizal, Rabu (15/02/23).  

Baca Juga

"Semoga mereka mampu memberikan yang terbaik selama pemusatan latihan dan tentunya saat menjalani 2 pertandingan FIFA Matchday," lanjut Alief.

Pemanggilan delapan nama ini juga turut menguntungkan Persis Solo. Dengan bertambahnya pengalaman berlaga di pertandingan internasional, Helsya Maeisaroh dkk. bisa semakin berkembang.

"Ketika diberi kepercayaan oleh pelatih, semoga mereka mampu memaksimalkan kesempatan dan mengambil ilmu sebaik-baiknya. Pastinya hal tersebut juga untuk perkembangan sepak bola wanita Indonesia, khususnya teman-teman yang lain di Persis Women," jelas Alief.

Baca Juga

1. Peluang Gabung Timnas Indonesia

Pilar Persis Women, Halsya Maeisyaroh (kanan) dalam sesi latihan. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Selain delapan nama tersebut, Alief menyebut beberapa nama lain juga sejatinya memiliki kans gabung Timnas Indonesia.

Alief berharap keputusan Timnas Indonesia memanggil delapan nama tersebut menjadi motivasi bagi pemain yang belum dipanggil untuk lebih giat berlatih.

"Untuk pemain yang belum mendapatkan pemanggilan, tetaplah fokus dengan apa yang dikerjakan selama ini, berlatih lebih keras dan jangan patah semangat. Insya Allah ke depannya jika ada pemanggilan, usaha tidak akan mengkhianati hasil," papar Alief.

Melalui latihan dan uji coba yang rutin, para pemain Persis Women lebih berkembang.

Namun, pembinaan bakal lebih maksimal andai Liga 1 Putri kembali digelar. Sejauh ini belum ada jadwal pasti kapan Liga 1 Putri akan digulirkan lagi.

Baca Juga

"Tentunya saya berharap ke depannya supaya digulirkan kompetisi resmi yang rutin dan berjenjang khusus sepak bola wanita di Indonesia," ucap Alief.

"Timnas yang tangguh lahir dari pembinaan kompetisi yang hebat, apalagi saat ini perkembangan sepak bola wanita sudah mendapatkan perhatian dan sorotan khusus dari masyarakat," imbuhnya.

Baca Juga

Sebenarnya bukan kali ini saja Persis Solo mendominasi Timnas Wanita. Dalam pertandingan FIFA A Match melawan Singapura pada 10 Oktober 2022 lalu, ada enam pemain Persis Women yang masuk tim inti.

Dua gol ke gawang Singapura juga dicetak pemain Persis Solo, yakni Helsya Maeisaroh dan Marsela Awi. Namun saat itu, tak ada nama Shafira Ika yang kini kembali dipanggil Timnas Indonesia.

Tak heran jika Persis Solo selalu pesta gol ketika menggelar uji coba di Indonesia. Saat melawan Persebaya Surabaya saja, Persis Solo menang 7-1 di kandang lawan.

Baca Juga
Persis SoloLiga IndonesiaTimnas Wanita IndonesiaShafira Ika Putri

Berita Terkini