x

Aston Villa vs Arsenal, Akhirnya Misi 'Licik' Unai Emery ke Mantan Klub Terbongkar

Sabtu, 18 Februari 2023 11:03 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Prio Hari Kristanto
Aston Villa akan menjamu Arsenal pada pekan ke-24 Liga Inggris, Unai Emery selaku The Villans mengaku siap menjadi batu sandungan The Gunners meraih gelar juara. Foto: REUTERS-Pablo Morano

INDOSPORT.COM - Aston Villa akan menjamu Arsenal pada pekan ke-24 Liga Inggris. Unai Emery selaku The Villans mengaku siap menjadi batu sandungan The Gunners meraih gelar juara.

Arsenal rupanya mulai kehabisan tenaga, penurunan performa itu membuat skuad Mikel Arteta harus rela menyerahkan puncak klasemen ke Man City.

Arsenal baru saja menelan kekalahan 1-3 saat menghadapi Man City di Emirates Stadium. Gol penghibur The Gunners dalam laga tunda pekan ke-12 Liga Inggris itu dicetak oleh Bukayo Saka.

Dalam tiga laga terakhir di Liga Inggris, Arsenal hanya mampu meraih satu poin, dengan rincian kalah 0-1 dari Everton, imbang 1-1 kontra Brentford dan kalah 1-3 atas Man City.

Kondisi ini jelas tak akan dibiarkan berlarut oleh Mikel Arteta. Melawan Aston Villa bisa diprediksi sebagai momen kebangkitan Arsenal.

Baca Juga

Meski demikian, pelatih Aston Villa, Unai Emery yang merupakan eks pelatih The Gunners, mengaku siap menyulitkan tim Arteta dalam perburuan gelar juara Liga Inggris.

Unai Emery sendiri pernah menjabat sebagai manajer Arsenal selama sekitar satu tahun empat bulan dan pada akhirnya dipecat pada November 2019 silam.

Baca Juga

Sebelum menyerahkan estafet kepelatihan ke Arsene Wenger, performa Unai Emery sejatinya tidak terlalu buruk.

Dia bahkan sempat menuntun The Gunners ke final Liga Europa. Sayangnya, Arsenal kala itu gagal dan Emery tak bisa mempersembahkan trofi.

Musim keduanya di Emirates Stadium, bisa dibilang sebagai alasan kuat dirinya dipecat. Pasalnya, kala itu Arsenal mengalami kemerosotan drastis.

Baca Juga

1. Karier Tak Terlalu Buruk

Unai Emery resmi dipecat Arsenal

Emery sebenarnya bukan pelatih baru. Ia cukup sukses, hanya saja masalahnya terletak di kegagalan membawa Arsenal sebagai peserta Liga Champions kala itu.

Kegagalan tersebut membuat musim kedua Unai Emery bak seperti neraka. Akhirnya, ia pun dipecat dan memutuskan pindah ke Villarreal.

Unai Emery bisa dikategorikan sebagai pelatih sukses di Eropa. Selain pernah menangani Arsenal, ia juga sempat melatih PSG.

Pelatih 51 tahun itu juga pernah membawa Sevilla meraih tiga gelar Liga Europa, begitup un saat menangani Villarreal pada 2020-2021.

Lebih lanjut, ia akhirnya kembali berkompetisi di Liga Inggris setelah Aston Villa resmi merekrutnya.

Baca Juga

Pria asal Spanyol tersebut resmi bergabung dengan The Villans dengan kontrak selama lima tahun per (25/10/22).

Semenjak di tangan Unai Emery, Aston Villa menjelma sebagai tim yang disegani di sejumlah kompetisi. Selama musim 2022/2023 ini mereka berhasil menumbangkan klub-klub besar.

Baca Juga

Seperti mengalahkan Man United pada (06/10/22), meski demikian performa kurang apik terlihat dari tiga laga terakhir di Liga Inggris.

Aston Villa harus menuai tiga kekalahan beruntun dari Man City, Leicester dan Southampton. Kemudian, The Villans saat ini bertengger di posisi ke-11 klasemen Liga Inggris.

Meski demikian, dalam laga kontra Arsenal di Liga Inggris nanti, Unai Emery bertekad bahwa timnya akan memberikan perlawanan berarti bagi skuad asuhan Mikel Arteta.

Baca Juga

Sumber: Daily Mail

ArsenalAston VillaMikel ArtetaUnai EmeryLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini