x

Liga 1: Pelatih Arema FC Akui Tak Mudah Kalahkan Barito Putera

Sabtu, 18 Februari 2023 22:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Dedik Setiawan berebut bola dengan Aditya Putra Dewa pada BRI Liga 1 antara Arema FC vs Barito Putera di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (18/02/23). (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Arema FC kembali mendapatkan motivasi untuk bangkit dari keterpurukan, menyusul kemenangan tipis saat melawan Barito Putera di Liga 1 2022-2023, Sabtu (18/02/23).

Tim dengan julukan Singo Edan itu mampu mengamankan poin penuh di laga home, melalui gol tunggal yang diciptakan Ilham Udin Armayn pada menit 65.

Tentu saja, hasil ini sudah sesuai dengan target awal yang dipatok. Terlebih, kemenangan ini mengobati luka atas kekalahan 0-2 dari Persija Jakarta (12/02/23) lalu.

"Tiga poin ini untuk menguatkan juga. Penampilan kami sudah lebih baik," bilang Pelatih Arema FC, I Putu Gede saat membuka sesi post-match press conferrence.

Kendati demikian, dia mengakui bahwa perjuangan Dendi Santoso dkk dalam keberhasilan mengamankan tiga angka itu sangat tidak mudah.

Baca Juga

Sesuai prediksinya, Barito Putera juga tampil penuh determinasi dengan membawa semangat baru setelah kembali dibesut Rahmad Darmawan.

"Babak pertama, Barito bermain bagus dalam compact defend. Dalam beberapa momen, counter attack mereka juga berbahaya," ulas I Putu Gede.

Baca Juga

Namun, evaluasi yang dilakukan pada jeda turun minum membuahkan hasil. Indikasi itu bisa tercermin dari keputusan mengganti beberapa pemain.

Salah satunya Ilham Udin Armayn yang punya kecepatan lari saat menyerang. Masuknya Ilham langsung merubah cara bermain Tim Singo Edan.

"Perubahan taktikal tertuju pada flank (sisi lapangan) agar lebih cepat mengambil keputusan sekaligus menjaga jarak antar lini," urai I Putu Gede.

Baca Juga

1. Problem Finishing

Dedik Setiawan berebut bola dengan Aditya Putra Dewa pada BRI Liga 1 antara Arema FC vs Barito Putera di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (18/02/23). (Foto: MO Persik Kediri)

Sejatinya, Arema FC bisa menang lebih dari satu gol jika shooting keras Muhammad Rafli disahkan sebagai gol oleh Ginanjar Rahman Latief.

Namun, wasit yang memimpin laga itu tidak melihat bola shooting Rafli melewati secara penuh garis gawang, setelah membentur mistar atas.

"Kami tampil dengan banyak peluang gol. Salah satunya adalah peluang emas yang diciptakan Muhammad Rafli," ucap I Putu Gede.

"Tapi saya belum melihat rekaman ulang, apakah bola itu sudah masuk (garis gawang) atau belum," sambung Pelatih Arema FC tersebut.

Kendati demikian, I Putu Gede bukannya tanpa memberi evaluasi terhadap kesuksesan Arema FC untuk bangkit hingga meraih tiga angka lagi.

Baca Juga

Kemenangan 1-0 atas Barito Putera tetap menyisakan sejumlah poin penting. Problem paling terlihat, adalah sektor finishing alias penyelesaian akhir.

"Kami sudah banyak belajar setelah kekalahan dari Persija kemarin. Salah satunya adalah finishing yang terus kami perbaiki," beber Putu.

Baca Juga

"Melawan Barito ada banyak peluang, tapi masalahnya sama. Mudah-mudahan ke depan ada perbaikan soal finishing ini," sambung dia.

Tapi, kemenangan atas Barito Putera setidaknya mengembalikan konfidensi Johan Ahmat Farizi dkk yang naik ke urutan 9 klasemen dengan 32 poin saat ini.

Hasil ini sekaligus menjadi bekal yang bagus jelang Arema FC menantang Persib Bandung pada lanjutan pekan ke-26 Liga 1, Kamis (23/02/23) mendatang.

Baca Juga
Barito PuteraLiga IndonesiaI Putu Gede SwisantosoArema FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini