x

Liga 1: Alasan Klasik, Borneo FC Depak Pelatih Asal Brasil Andre Gaspar

Minggu, 19 Februari 2023 14:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Borneo FC, Andre Gaspar.

INDOSPORT.COM - Borneo FC secara resmi mendepak pelatih Andre Gaspar. Kedua belah pihak menyetujui untuk tak melanjutkan kerja sama di sisa Liga 1 Indonesia 2022-2023.

COO Borneo FC, Ponaryo Astaman mengatakan, kesepakatan antara manajemen dan Andre Gaspar diambil lantaran juru taktik asal Brasil itu memiliki urusan keluarga yang mengharuskan dirinya pulang lebih cepat.

“Kami mengucapkan terima kasih pada Coach Andre, yang telah menangani Borneo FC selama lima bulan terakhir. Banyak suka duka yang kami lalui bersama sejauh ini," kata Ponaryo Astaman, Minggu (19/2/23).

Dengan kesepakatan tersebut, Andre Gaspar tidak lagi memimpin skuat Pesut Etam di laga tandang melawan Persita Tangerang, Senin (20/2/23).

Untuk laga pekan ke-25 Liga 1 2022-2023, manajemen Borneo FC menunjuk asisten pelatih, Miftahuddin Mukson, untuk menggantikan Andre Gaspar sementara waktu.

Baca Juga

“Coach Miftahuddin Mukson akan bertindak sebagai caretaker pada laga Borneo FC kontra Persita besok," jelas Ponaryo Astaman.

“Tim akan tetap fokus mengincar tiga poin pada laga tersebut. Mohon doa dari seluruh Borneo Fans,” imbuh eks kapten timnas Indonesia tersebut.

Baca Juga

Dilepasnya Andre Gaspar sedikit mengejutkan lantaran sang pelatih baru saja membawa tim menang 3-1 atas Persikabo 1973, tiga hari lalu. Pesut Etam juga masih berada di urutan 5 besar klasemen sementara Liga 1 2022-2023.

Hanya saja, suara sumbang terkait pendepakan Andre Gaspar sudah ramai digaungkan pendukung klub di media sosial karena penampilan Borneo FC tidak konsisten di bawah pimpinan juru taktik berusia 50 tahun itu.

Sejak memimpin tim dari November tahun lalu hingga 24 Liga 1, Andre Gaspar memainkan 14 pertandingan. Catatannya adalah lima kali menang, lima kali imbang dan empat kekalahan dan hanya kumpulkan 20 poin.

Baca Juga

1. Bukan yang Pertama

Pelatih Borneo FC, Andre Gaspar.

Andre Gaspar bukan pelatih pertama yang dipecat Borneo FC musim ini. Sebelumnya ada nama Milomir Seslija yang juga secara tiba-tiba didepak manajemen, meski membawa tim ada di papan atas pada awal Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Pemecatan Andre Gaspar dan Milomir Seslija juga tak luput dari kritik penggemar. Manajemen Borneo FC dinilai 'aneh' lantaran terlalu sering gonta ganti pelatih.

Baca Juga

Saat ini, Borneo FC menduduki peringkat ke-5 klasemen sementara Liga 1 2022-2023. Tim milik Nabil Husein itu mengumpulkan 40 poin dari 24 laga atau tertinggal 10 angka dari PSM Makassar yang berada di puncak.

Ponaryo AstamanPersita TangerangBorneo FCLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballAndre Gaspar

Berita Terkini