x

Ferarri 'Gendong' Timnas U-20 vs Selandia Baru, Netizen: Buat Apa TC Jangka Panjang?

Senin, 20 Februari 2023 13:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Skuat Timnas Indonesia U-20 saat melawan Selandia Baru pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Minggu (19/02/23). Muhammad Ferarri dari Persija Jakarta mencetak gol untuk Garuda Muda.

INDOSPORT.COM - Pemain muda Persija Jakarta, Muhammad Ferarri, 'menggendong' timnas Indonesia U-20 dalam turnamen mini menghadapi Selandia Baru U-20.

Guna memantapkan diri jelang Piala Asia U-20, timnas Indonesia U-20 menggelar turnamen mini di Gelora Bung Karno (GBK).

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong berkesempatan menghadapi Selandia Baru U-20, Minggu (19/2/23). Hasilnya, tim Merah Putih harus kandas di angka 1-2.

Menariknya, satu-satunya gol yang tercipta dari kubu Garuda, datang dari Muhammad Ferarri yang notabene adalah pemain yang baru saja bergabung di TC timnas U-20.

Muhammad Ferarri baru saja bergabung di pemusatan latihan timnas Indonesia U-20 sehari sebelum pertandingan vs Selandia Baru.

Baca Juga

Sebelumnya, pemain berusia 19 tahun itu bermain untuk klub Liga 1, Persija Jakarta di bawah komando pelatih Thomas Doll. Shin Tae-yong mengalah dan menerimanya walau Ferrari terlambat mengikuti TC.

Dalam pertandingan menghadapi Selandia Baru, Ferarri diturunkan Shin Tae-yong di awal babak kedua. Bek Persija Jakarta tersebut menggantikan Robi Darwis.

Baca Juga

Tak hanya bermain bagus, Ferarri juga berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit 90+4. Ia melesakkan gol lewat tandukan, setelah memanfaatkan sepak pojok dari Doni Tri Pamungkas.

Meski pada akhirnya timnas Indonesia U-20 harus mengakui kekalahan dari Selandia baru, Ferarri dianggap berhasil menjalankan tugasnya sebagai bek.

Alhasil, banyak netizen yang menyindir Shin Tae-yong, jika pemain memang lebih baik berkompetisi di Liga 1, ketimbang harus menjalani TC jangka panjang di timnas.

Baca Juga

1. Pro Kontra Netizen soal TC Jangka Panjang Timnas

Muhammad Ferarri, pemain Persija Jakarta yang dipanggil Timnas ke Timnas Indonesia U-20.

Pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, tidak terkejut dengan penampilan apik Muhammad Ferarri dalam laga kontra Selandia Baru, Minggu (19/2/23) semalam.

Sebab, meski baru satu hari gabung timnas Indonesia U-20, kondisi Ferarri sangat baik karena rutin dimainkan oleh pelatih Persija, Thomas Doll, di ajang Liga 1 2022-2023.

"Ferarri memang bermain di kompetisi Liga 1. Jadi kondisi dia baik, walaupun terlambat bergabung," ucap Shin Tae-yong saat sesi konferensi pers usai pertandingan.

"Tapi saya mau melihat apakah Ferarri bisa membawa lini pertahanan timnas Indonesia U-20 menjadi lebih baik atau tidak, jadi saya masukkan dia di babak kedua," imbuhnya.

Melalui kolom komentar media sosial PSSI, banyak netizen yang lantas menyindir Shin Tae-yong, jika pengalaman pemain di klub jauh lebih baik daripada TC jangka panjang.

Baca Juga

"Yang TC sampai berminggu-minggu, digendong sama yang TC baru beberapa hari masuk," komentar dari akun Instagram @masapip_.

"Makanya punya pemain muda di klub ya dimainin, kasih jam terbang, biar di level internasional enggak kaget mainnya," komentar dari Instagram @sisam3430.

"Jam terbang itu penting, bukan TC jangka panjang. Ferrari nih bos, senggol dong," balas pemilik akun IG @dwideryw.

Baca Juga

"Dony x Ferarri. Bukti kalau menit bermain di klub lebih penting daripada TC tiga tahun awowkwkwokw," komentar dari pemilik akun Twitter @MediaPersija.

"Jadi judul tesis, pengaruh menit bermain di klub dan traning camp jangka panjang, serta main iklan TV, terhadap mental dan prestasi Timnas Indonesia," kata @tigiRED.

"TC lama itu buat penyetaraan guys, nggak semua bermain di kompetisi level ampas itu. Kalau enggak TC ya lebih ancur lah level Timnasnya," komentar @Sentinel111085.

Baca Juga
Persija JakartaTimnas IndonesiaBola InternasionalSelandia BaruNetizenBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Muhammad Ferarri

Berita Terkini