x

Kalah Beruntung dan Kebobolan 11 Gol, Pelatih PSS Sleman Angkat Bicara

Kamis, 23 Februari 2023 15:23 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro (kanan) dan pemainnya Nurdiansyah (kiri).

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, meminta timnya mengevaluasi diri sendiri menyusul jebloknya prestasi tim dalam tiga partai terakhir di Liga 1 2022/2023. Tak sekadar kalah tiga gol, PSS juga kebobolan sebelas gol.

Kekalahan atas Persis Solo 1-4 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (21/02/23), benar-benar mengecewakan.

PSS unggul lebih dahulu lewat Jonathan Cantillana pada babak pertama. Namun pada babak kedua, gawang PSS dijebol Alexis Messidoro, Irfan Bachdim, Fernando Rodriguez dan Ryo Matsumura.

Kekalahan pada pekan ke-26 Liga 1 2022/2023 semakin memperlihatkan gawang PSS gampang dibobol.

Dalam dua partai sebelumnya, PSS kalah 2-4 dari Persebaya Surabaya serta 1-3 dari Dewa United. Bila ditotal, dalam tiga partai, PSS mencetak empat gol dan kebobolan sebelas gol.

Baca Juga

"Kita harus banyak belajar, pemain harus banyak belajar, tentang bagaimana mengatasi situasi-situasi, seperti beberapa kejadian gol yang menjadi kelemahan dan itu perlu dievaluasi," kata Seto Nurdiyantoro.

Seto menolak jika jebloknya sistem bertahan dalam tiga partai terakhir dikarenakan PSS Sleman tak memiliki bek asing.

Baca Juga

Seto kemudian mengingatkan bahwa PSS Sleman juga pernah menang tiga kali beruntun tanpa bek asing. Hal itu terjadi ketika PSS menang atas RANS Nusantara FC 2-0, Arema FC 2-0 dan Barito Putera 2-1.

"Ya mungkin itu (tanpa bek asing) salah satu (sebab), tapi tidak bisa menjadi alasan karena kita juga pernah menang tiga kali berturut-turut tanpa pemain asing," tutur Seto.

"Ini keteledoran, kelengahan kami dalam pertandingan akhir-akhir ini. (pemain) Lokal juga bisa asalkan bisa mengevaluasi mandiri, selain apa yang kita berikan. Jadi, sebenarnya pengaruhnya (tanpa bek asing) tidak begitu krusial," lanjut Seto.

Baca Juga

1. Kondisi Skuad PSS dan Persikabo

Pemain PSS Sleman berusaha terus untuk mencebloskan bola ke gawang Persikabo 1973

Setelah ini, PSS Sleman akan menghadapi Persikabo 1973. Bila tak ada perubahan, pertemuan dua tim papan bawah ini akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Minggu (26/2/23).

"Saya apresiasi pemain yang sudah berjuang. Harapannya ini tidak menjadi berlarut-larut. Harapannya pemain punya motivasi untuk tampil lebih lepas," papar Seto.

Namun begitu, ada tantangan tersendiri menuju laga melawan Persikabo 1973. Bek pinjaman dari Borneo FC, Nur Diansyah, mengalami cedera dalam laga melawan Persis Solo.

Padahal, duet Nur Diansyah dan Ifan Nanda Pratama sempat disebut-sebut sebagai solusi dari jeleknya lini belakang pada putaran pertama.

Selain Nur Diansyah, cedera juga sempat dialami bomber asal Ukraina, Yevhen Bokhashvili. Namun kemungkinan Yevhen bisa main melawan Persikabo.

Baca Juga

"Yevhen cedera pada kelingking jari tangan. Kalau Nur Diansyah di engkel. Kita akan lihat perkembangannya, tapi mungkin bisa absen," jelas Seto.

Untung saja, Jihad Ayoub sudah bisa bermain lagi. Gelandang asal Lebanon ini absen melawan Persis Solo karena akumulasi kartu kuning.

Baca Juga

Dalam beberapa momen, Jihad Ayoub ditempatkan sebagai bek tengah ketika PSS Sleman membutuhkan sosok yang bisa build up serangan dari belakang.

PSS Sleman wajib meraih kemenangan andai ingin meninggalkan posisi papan bawah Liga 1 2022/2023. Saat ini PSS ada di peringkat ke-14 dengan 28 poin.

Jika kalah, PSS Sleman berpotensi digeser Persikabo 1973 yang kini ada di peringkat ke-15 dengan 26 poin.

Baca Juga
PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Seto Nurdiyantoro

Berita Terkini