x

Rekor Usai Inter Milan Tumbangkan FC Porto: Serie A Bergairah Lagi di Liga Champions!

Kamis, 23 Februari 2023 07:16 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Sebuah catatan dan rekor menarik terjadi pasca Inter Milan raih kemenangan atas FC Porto pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Sebuah catatan dan rekor menarik terjadi pasca Inter Milan raih kemenangan atas FC Porto pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Bertanding di Stadio Giuseppe Meazza pada Kamis (23/02/23) dini hari WIB, sang tuan rumah Inter Milan harus lalui jalan terjal untuk bisa mengalahkan FC Porto.

Meski banyak ciptakan peluang berbahaya sepanjang laga, namun Inter Milan baru bisa mencetak gol saat pertandingan memasuki menit 86’ lewat sontekan Romelu Lukaku.

Berawal dari umpan silang di sisi kanan, pemain yang dipinjam dari Chelsea tersebut menyambar bola dengan sundulan di kotak penalti.

Sempat membentur mistar gawang, namun bola rebound berhasil disambar Lukaku dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang FC Porto.

Baca Juga

Lewat gol tersebut, tercatat Lukaku sudah mengumpulkan empat gol dari total 13 pertandingan bersama Inter Milan sepanjang musim 22/23 ini.

Jelang pertandingan berakhir, baik Inter Milan dan FC Porto sama-sama ciptakan peluang namun skor 1-0 tetap tak berubah dan membuat La Beneamata sukses amankan kemenangan.

Baca Juga

Dengan kemenangan ini, Inter Milan pun selangkah menuju babak perempat final Liga Champions lantaran hanya membutuhkan hasil imbang pada leg kedua 16 besar nanti.

Pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions 22/23 sendiri bakal berlangsung pada tanggal 15 Maret 2023 mendatang, di mana FC Porto akan menjadi tuan rumah dan bertempat di Estadio do Dragao.

Pasca kemenangan tipis Inter Milan atas Porto semalam, rekor menarik pun berhasil ditorehkan terutama untuk para wakil Liga Italia yang tampil di knockout Liga Champions musim ini.

Baca Juga

1. Liga Italia Menangi Leg Pertama 16 Besar Liga Champions

Brahim Diaz (tengah) merayakan golnya di laga AC Milan vs Tottenham Hotspur (15/02/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Melansir dari laman Opta, kemenangan Inter Milan atas Porto sukses memecahkan rekor yakni kemenangan sempurna para wakil Liga Italia di leg pertama 16 besar pertama dalam sejarah.

Sebelum Inter Milan, sudah ada dua wakil Liga Italia lain yang bertanding pada fase knock out yakni AC Milan kontra Tottenham serta Napoli melawan Eintracht Frankfurt.

Serupa dengan Inter Milan, dua tim tersebut juga sukses raih kemenangan. AC Milan misalnya, mereka mampu menang tipis atas Tottenham lewat gol tunggal Brahim Diaz.

Sedangkan Napoli tampil sangat superior saat tandang ke markas Eintracht Frankfurt dan berhasil menang dua gol tanpa balas lewat aksi Victor Osimhen serta Giovanni Di Lorenzo.

Berbekal kemenangan tersebut, para wakil Liga Italia berpotensi besar menapakan kaki di perempat final Liga Champions lantaran hanya butuh hasil imbang pada leg kedua nanti.

Baca Juga

Andai sukses mengirimkan tiga wakilnya ke perempat final, tentu akan jadi sejarah baru buat Serie A Liga Italia dalam kompetisi Liga Champions.

Pasalnya, sangat jarang ada tim Liga Italia yang mampu melangkah ke perempat final sejak terakhir kali terjadi pada musim 2018/19 lalu.

Baca Juga

Bahkan jika tiga yakni Inter Milan, AC Milan serta Napoli sama-sama berhasil lolos ke delapan besar, maka akan jadi sejarah di mana ada lebih dari dua tim Serie A yang lolos dari babak 16 besar.

Sebelumnya, Serie A paling banyak hanya bisa mengirimkan dua wakil ke babak perempat final yakni pada musim 2017/18.

Saat itu, AS Roma dan Juventus jadi dua wakil tersisa dari Liga Italia pada babak delapan besar Liga Champions. Sayangnya, tak satupun dari mereka yang berhasil lolos ke putaran final.

Baca Juga
Liga ChampionsInter MilanFC PortoLiga Italia

Berita Terkini