x

Berpisah Setelah 20 Tahun Jadi Agen Cristiano Ronaldo, Jorge Mendes Merasa Tersakiti

Jumat, 24 Februari 2023 16:23 WIB
Editor: Juni Adi
Jorge Mendes (kiri) dan Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.COM - Jorge Mendes akhirnya buka suara setelah beberapa waktu bungkam, usai kerja samanya telah berakhir dengan Cristiano Ronaldo sebagai agennya.

Bursa transfer musim dingin Januari 2023 dibuat riuh dengan keputusan Cristiano Ronaldo meninggalkan sepak bola Eropa, untuk bergabung dengan klub asal Arab Saudi, Al-Nassr.

Kepergian Ronaldo menuju Asia tidak lepas dari kehebohan yang ia buat beberapa waktu lalu, jelang Piala Dunia 2022.

Saat itu Ronaldo yang masih berstatus sebagai pemain Manchester United, secara blak-blakan memberikan kritik terhadap klub saat hadir dalam wawancara dengan Pier Morgan di program Pier Morgan Uncensored.

Dalam kesempatan itu Ronaldo mengklaim ada banyak pihak di dalam yang menginginkan dia hengkang dari Manchester United pada musim panas 2022.

Baca Juga

"Saya merasa dikhianati. Saya merasa beberapa orang tidak menginginkan saya di Manchester United, tidak hanya tahun ini tetapi juga musim lalu," ujarnya dalam petikan wawancara di Piers Morgan Uncensored.

Cristiano Ronaldo sendiri didatangkan oleh Manchester United dari Juventus pada Agustus 2021 lalu dengan durasi kontrak dua tahun. 

Baca Juga

Setan Merah menikung Manchester City yang berusaha menggaet megabintang asal Portugal saat itu. Ia juga mengajak para penggemar untuk tidak mempercayai orang-orang manajemen klub.

"Tetapi Anda memiliki beberapa hal di dalam [manajemen] yang tidak membantu kami mencapai level tertinggi seperti Manchester City, Liverpool, dan bahkan sekarang Arsenal," ujar Ronaldo.

"Klub dengan sumber daya seperti ini menurut saya harus menjadi yang terbaik dan sayangnya tidak," tutur pria asal Portugal itu.

Akibat wawancara itu usai Piala Dunia 2022, Manchester United langsung memutus kontraknya tanpa pesangon.

Ronaldo pun sempat jadi pemain tanpa klub dalam beberapa pekan. Sang agen, Jorgen Mendes didesak untuk segera mencarikan klub baru.

Baca Juga

1. Jorge Mendes Terluka

Jorge Mendes.

Upaya Mendes mencari klub bukan hanya ketika Ronaldo sudah berstatus pemain gratisan, tetapi sejak musim panas 2022 kemarin.

Salah satu agen ternama di dunia sepak bola itu berusaha 'menjual' Ronaldo ke beberapa klub papan atas Eropa demi bisa tetap tampil di Liga Champions, Chelsea dan Bayern Munchen jadi dua klub yang diutamakan oleh Mendes atas permintaan Ronaldo.

Apabila gagal memenuhi permintaan tersebut, mantan bintang Juventus itu mengancam bakal mengakhiri kerja sama dengan Mendes, yang sudah terjalin sejak Ronaldo mengawali karier di Sporting Lisbon.

"Entah Anda bisa membuat saya bergabung dengan Chelsea atau Bayern Muenchen, jika tidak, hubungan kerja sama kita selesai," ujar Ronaldo kepada Mendes dalam laporan El Mundo tersebut, Kamis (25/1/2023).

Jorge Mendes pada akhirnya gagal memenuhi permintaan Ronaldo, meski berbagai upaya sudah ia lakukan agar kliennya bisa tetap eksis di sepak bola Eropa

Kegagalan Mendes mencari klub baru buat Ronaldo akhirnya berujung pada pemutusan kerja samanya dengan bintang asal Portugal tersebut. 

Ronaldo akhirnya tetap bertahan di United sebelum akhirnya memutuskan mengakhiri kontraknya bersama Setan Merah pada November silam.

Orang terdekat yang menjadi sumber dari media Prancis, L'Equipe menyebut kalau Mendes terluka akibat perpisahan dengan Ronaldo.

Sebab hubungan keduanya tak cuma sekadar agen dengan pemain, tapi ada persaudaraan juga.

"Untuk memahami hubungan ini, katakanlah ada hubungan yang kuat antara karyawan dan bos. Ada persahabatan dan koneksi," ujar narasumber anonim tersebut. 

"Cristiano membayar Jorge. Terlepas dari segalanya, dia seharusnya tidak menggantikan Jorge." 

Memburuknya hubungan Mendes dengan Ronaldo disebut lebih kepada sentimental, bukan finansial. Itulah mengapa Mendes kini merasa terluka karena perpisahan tersebut.

Bola Internasional

Berita Terkini