x

Garuda Select 5 Belum Rampung, Talent Scouting Eropa Sudah 'Blusukan' Cari Pemain Lagi

Minggu, 26 Februari 2023 16:42 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Skuat Garuda Select 5 saat menghadapi Inter Milan U-18 di Italia. (Foto: Garuda Select/Mola TV)

INDOSPORT.COM - Program Garuda Select 5 belum rampung, kini talent scouting asal Eropa sudah 'blusukan' mencari pemain yang akan mengikuti program jilid keenam.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program kerja sama PSSI dan Mola TV untuk mengirimkan sejumlah pemain muda berbakat untuk dilatih di Eropa.

Program pelatihan ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dan kini telah memasuki musim kelima. Setiap pekan, para pemain akan melakoni uji coba melawan tim setempat.

Seperti pekan ini, skuat Garuda Select dijadwalkan menghadapi klub League Two Inggris, Gillingham FC, Selasa (28/02/23).

Partai Garuda Select vs Gillingham FC akan dihelat di Bauvill Stadium, Inggris, dan bisa disaksikan melalui tayangan live streaming di Mola TV, mulai pukul 20.45 WIB.

Baca Juga

Masih banyak jadwal yang belum dilakoni oleh keseblasan Garuda Select 5, termasuk wacana untuk bertandang ke Jerman dan beruji coba dengan akademi setempat.

Namun, talent scouting asal Eropa rupanya sudah buru-buru menyambangi Indonesia, guna melakukan seleksi pemain yang akan berangkat ke skuat Garuda Select jilid 6.

Baca Juga

Adapun talent scouting yang dimaksud adalah Wesley Awad, sosok yang sudah beberapa tahun terakhir menyeleksi para pemain muda Indonesia di berbagai ajang.

Wesley Awad terpantau sudah tiba di Jakarta dan hadir dalam beberapa turnamen sepak bola usia muda.

Talent scouting asal Eropa, Wesley Awad melakukan seleksi pemain Garuda Select 6. (Foto: Instastory@wezawad)
Baca Juga

1. Seleksi Garuda Select 6

Muhammad Ragil, pemain Akademi Bhayangkara FC yang lolos seleksi Garuda Select 5. (Foto: Pers Garuda Select/Mola TV)

Talent scouting asal Eropa, Wesley Awad memantau sejumlah turnamen sepak bola usia muda di Jakarta, untuk mencari calon penerus skuat Garuda Select jilid keenam.

Mengingat saat ini skuat Garuda Select 5 didominasi oleh pemain kelahiran tahun 2005, maka Wesley tentu sedang mencari atlet kelahiran tahun 2006 yang potensial.

"Day 2 @jakartacup," tertulis di unggahan Instagram Story @wezawad_ pada Minggu (26/02/23) pagi.

"Day 2 back to @ligatopskor," unggahan lainnya dari Wesley Awad pada Minggu siang. 

Turnamen Jakarta Cup dan Liga Topskor memang rutin mengirimkan pemainnya ke skuat Garuda Select dalam beberapa tahun terakhir, selain Elite Pro Academy Liga 1.

Baca Juga

Tahun lalu, sebanyak 16 pemain muda yang terpilih dalam skuat Garuda Select 5 yang diberangkatkan ke Eropa. Mereka adalah pemain dari Sumatera hingga Papua.

Beberapa dari mereka juga mengantongi jam terbang bersama Timnas Indonesia U-16, seperti Nabil Asyura, Alexandro Felix Kamuru, Andre Pangestu, dan lain-lain.

Baca Juga

Umumnya, pelatih Garuda Select juga mempertahankan beberapa pemain musim sebelumnya yang memiliki performa bagus.

Jika melihat tren Garuda Select musim kelima, beberapa pemain seperti Givary Lotra Widyanto, Nabil Asyura, dan Rizdjar Nurviat nampaknya layak dipertahankan.

Menarik untuk menantikan siapa saja pemain pilihan Wesley Awad dan talent scouting lainnya, untuk memperkuat skuat Garuda Select jilid 6.

Baca Juga
Bola InternasionalBakat Muda IndonesiaGaruda SelectPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini