x

5 Pembelian Paling Mahal Manchester United dari Klub Liga Spanyol, Gagal Semua?

Selasa, 28 Februari 2023 21:08 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Lionel Messi dan Angel Di Maria terlihat kecewa usai kalah atas Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

INDOSPORT.COM - Manchester United adalah klub papan atas Liga Inggris yang cukup rajin membeli pemain. Berikut 5 pembelian termahal Setan Merah dari Liga Spanyol. 

Sejak ditinggal pensiun oleh pelatih legendaris Sir Alex Ferguson, Manchester United memang terus-terusan berupaya kembali ke masa kejayaan mereka. 

Baca Juga

Pasalnya sejak 2013 silam, klub berjuluk Setan Merah itu tidak kunjung kembali digdaya. Malah bisa dibilang mereka seperti kehilangan arah. 

Sudah satu dekade pula manajemen klub terus menggelontorkan dana fantastis guna menggenapi hasrat para manajer dalam mendatangkan pemain-pemain incarannya. 

Namun sangat amat disayangkan, pembelian demi pembelian bahkan terbilang cukup mahal belum mampu mengangkat performa tim secara signifikan.

Baca Juga

Salah satu tempat untuk Manchester United membeli pemain adalah kompetisi kasta tertinggi sepak bola Spanyol yakni Liga Spanyol. 

Sudah cukup banyak pemain yang datang dari Negeri Matador ke Liga Inggris untuk bergabung ke Manchester United. Siapa sajakah yang termahal dan apakah gagal semua?

5. Angel Di Maria

Sukses bersama Real Madrid, Angel Di Maria langsung menjadi sorotan publik sepak bola Eropa. Salah satu klub raksasa yang ngebet adalah Manchester United. 

Baca Juga

Hingga pada musim panas 2014, klub berhasil merekrutnya dengan harga yang cukup mahal yakni 75 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun dari Los Blancos. 

Namun sangat disayangkan, Di Maria menemui kegagalan selama berkarir di Old Trafford. Dia pun hanya semusim dan setelah itu gabung Paris Saint-Germain. 


1. 4. Casemiro

Casemiro merayakan golnya di laga Manchester United vs Bournemouth (04/01/23). (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Di urutan kedua ternyata pemain yang baru saja direkrut pada musim panas 2022 kemarin. Yakni Casemiro, yang juga didatangkan dari Real Madrid. 

Gelandang bertahan asal Brasil itu mengakhiri karirnya selama 9 tahun di ibu kota Spanyol untuk gabung Man United dengan mahar 71 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. 

Baca Juga

Harga tersebut sejauh ini lumayan terbukti terbayar karena dia menjadi sosok penting untuk lini tengah Manchester United asuhan Erik Ten Hag. 

3. Raphael Varane

Satu musim sebelum Casemiro datang, punggawa Real Madrid lainnya yang juga meneruskan karir bersama Setan Merah adalah Raphael Varane. 

Bek Timnas Prancis itu menuntaskan kepindahannya ke Manchester United dengan mahar sebesar 40 juta euro atau setara Rp643 miliar. 

Baca Juga

Meski sempat beberapa kali cedera, Varane tetap mampu membuktikan kualitasnya di Old Trafford. Sejauh ini, dia sudah tampil 51 kali di semua kompetisi. 

Bahkan dengan kedatangan Lisandro Martinez di musim panas 2022, dirinya langsung mampu menciptakan duet bek yang solid di barisan pertahanan Setan Merah. 

2. Eric Bailly

Rekrutan perdana Jose Mourinho ketika mengasuh Manchester United adalah Eric Bailly pada musim panas 2016. Dia direkrut dengan harga yang tidak murah. 

Baca Juga

Manajemen mengeluarkan dana transfer hingga 38 juta euro atau setara Rp610 miliar untuk mendapatkan tanda tangan Bailly. 

Namun pemain bertahan itu terbilang gagal karena silih berganti cedera menghampirinya. Musim 2022/2023 ini, dirinya bahkan dipinjamkan ke Marseille. 


2. 1. Ander Herrera

Ander Herrera berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Cardiff City.

Musim panas 2014, bukan hanya awal dari era baru Manchester United, tapi juga babak baru dari karir Ander Herrera. 

Dia memutuskan untuk meninggalkan zona nyamannya di Spanyol dengan menerima tawaran transfer dari Manchester United. 

Herrera pun merantau ke Liga Inggris setelah Manchester United menebusnya dengan mahar 36 juta euro atau sekitar Rp578 miliar dari Athletic Bilbao. 

Baca Juga

Gelandang Timnas Spanyol itu menghabiskan karirnya selama lima musim di Old Trafford. Dalam kurun waktu itu, dia mencatat 189 penampilan di semua kompetisi. 

Pada musim panas 2019 ketika kontraknya berakhir, dia kembali merantau ke Prancis untuk gabung PSG. Namun, baru-baru ini, dia sudah kembali pulang ke Bilbao.

Real MadridManchester UnitedAngel di MariaAnder HerreraRaphael VaraneEric BaillyCasemiroLiga InggrisLiga Spanyol

Berita Terkini