x

Prediksi Starting Line Up Timnas Indonesia U-20 vs Irak di Piala Asia U-20: Panggung bagi Debutan?

Rabu, 1 Maret 2023 14:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Skuat Timnas Indonesia U-20 saat melawan Selandia Baru pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Minggu (19/02/23).

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia U-20 akan melakoni laga perdananya di fase grup Piala Asia U-20 2023 melawan Irak U-20. Ini prediksi Starting Line Up-nya.

Adapun pertandingan perdana skuad Garuda Nusantara sendiri akan digelar pada Rabu (01/03/23) pukul 19.00 WIB di Lokomotiv Stadium.

Pertandingan perdana ini akan menjadi langkah menentukan bagi Timnas Indonesia U-20 dalam perjalanannya di ajang dua tahunan ini.

Apalagi lawan yang dihadapi adalah Irak. Sebagai informasi, lawannya ini merupakan salah satu kontestan yang kerap menjadi juara Piala Asia U-20.

Hingga edisi ke-41 ini, tim berjuluk Singa Mesopotamia Muda ini telah memenangkan Piala Asia U-20 sebanyak lima kali, dan menjadi tim tersukses ke-4 di ajang ini.

Baca Juga

Catatan apik Irak U-20 berbanding terbalik dengan Timnas Indonesia U-20 yang baru sekali menjadi juara Piala Asia U-20. Itu pun terjadi pada enam dekade silam, atau pada 1961.

Di Piala Asia U-20 2023 ini, Irak datang dengan kekuatan terbaiknya, termasuk membawa dua pemain yang berkiprah di luar negeri.

Baca Juga

Hal berbeda dialami Timnas Indonesia U-20. Tim besutan Shin Tae-yong ini bisa dikatakan pincang karena pemain utamanya, Marselino Ferdinan, absen dan Zanadin Fariz mengalami cedera.

Meski pincang, Shin Tae-yong tak punya alasan untuk menyerang begitu saja dan harus memanfaatkan para pemain yang dibawanya.

Dengan pemain yang dibawa ini, bagaimana prediksi Line Up yang akan diturunkan Shin Tae-yong di laga perdana fase grup Piala Asia U-20 2023 Timnas Indonesia U-20 vs Irak?

Baca Juga

1. Kondisi Skuad Timnas Indonesia U-20

Latihan Timnas Indonesia U-20 jelang laga perdana Piala Asia U-20 2023 melawan Irak di Uzbekistan. (Foto: PSSI)

Seperti yang diketahui, Shin Tae-yong membawa total 23 pemain Timnas Indonesia U-20 untuk melakoni ajang Piala Asia U-20 2023.

Dari 23 nama pemain tersebut, ada beberapa nama debutan yang akan mengikuti kompetisi ‘resmi’ bersama skuad Garuda Nusantara.

Tercatat ada tiga debutan di Timnas Indonesia U-20 saat ini, yakni Hugo Samir (18 tahun), Resa Aditya Nugraha (18 tahun), dan Sulthan Zaky (16 tahun).

Sedangkan 20 nama lainnya adalah nama-nama lama yang telah merasakan atmosfer kompetisi bersama Timnas Indonesia U-20 dan Shin Tae-yong.

Jelang laga perdana Piala Asia U-20 2023 kontra Irak U-20, Shin Tae-yong telah membeberkan kondisi skuadnya saat ini.

Baca Juga

Pelatih berusia 52 tahun itu membeberkan bahwa salah satu pilarnya, Zanadin Fariz, tengah mengalami cedera yang dialami sejak uji coba internasional.

Sehingga, pemain andalan di lini tengah Timnas Indonesia U-20 itu dipastikan absen melawan Irak dan bahkan absen di laga-laga selanjutnya.

Baca Juga

Selain absennya Zanadin Fariz, Shin Tae-yong juga menyoroti kekurangan skuadnya jelang laga kontra Irak U-20, yakni penyelesaian akhir.

Cederanya Zanadin Fariz dan buruknya penyelesaian akhir serta pertahanan Irak U-20 yang rapat dengan pemain luar negerinya, Shin Tae-yong pun harus memutar otak dalam menentukan formasinya.

Bagaimana prediksi Starting Line Up yang akan diturunkan Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia U-20 vs Irak?

Baca Juga

2. Manfaatkan Kecepatan dan Lebar Lapangan

Latihan Timnas Indonesia U-20 jelang laga perdana Piala Asia U-20 2023 melawan Irak di Uzbekistan. (Foto: PSSI)

Menghadapi Irak U-20 yang punya postur tinggi, memainkan bola udara dalam menyerang akan menjadi suatu kesalahan bagi Timnas Indonesia U-20.

Namun bukan berarti Timnas Indonesia U-20 tak bisa memanfaatkan lebar lapangan. Sebab, Garuda Nusantara punya pemain-pemain yang andal dalam memanfaatkan lebar lapangan.

Ketimbang memainkan umpan lambung, Shin Tae-yong bisa menginstruksikan para pemainnya untuk melakukan tusukan dari lebar lapangan.

Kecepatan dan ketepatan dalam melakukan dribel bisa menjadi kunci dalam memanfaatkan lebar lapangan. Kebetulan pemain Timnas Indonesia U-20 punya kemampuan ini.

Sehingga, Shin Tae-yong harus memainkan para pemain yang punya kecepatan dalam melakukan Fast Break dan transisi bertahan.

Formasi 3-4-3 pun bisa menjadi opsi tepat. Karena formasi ini bisa membuat Timnas Indonesia U-20 seimbang dalam menyerang dan bertahan.

Kunci dari permainan ini ada di sisi kiri yang kemungkinan akan ditempati Dony Tri Pamungkas yang punya akurasi operan dan dribel apik dalam menyerang, serta Ronaldo Kwateh yang juga bisa menjadi Inside Forward.

Lalu di sisi kanan, Shin Tae-yong bisa mendapuk Dzaky Asraf untuk fokus bertahan dan dibantu oleh Hugo Samir yang punya Agility dan daya juang apik dalam menyerang dan bertahan.

Kurang lebih begini prediksi Starting Line Up Timnas Indonesia U-20 vs Irak U-20.

Prediksi Line Up Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 melawan Irak. (Foto: Buildlineup.com)
IrakIn Depth SportsUlasan TaktikShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini